Implementasi Model Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Partisipasi belajar siswa di MI Muhammadiyah Hadimulyo

Authors

  • sukarman MI Muhammadiyah Hadimulyo

Keywords:

Kata Kunci: Model Pembelajaran Interaktif, Partisipasi Siswa

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak implementasi Model Pembelajaran Interaktif dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Hadimulyo. Implementasi Model Pembelajaran Interaktif menjadi relevan dalam menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan yang semakin berubah, terutama dalam konteks pendidikan agama Islam di era globalisasi. Era globalisasi membawa eksposur siswa terhadap berbagai nilai, budaya, dan pandangan dunia dari seluruh dunia melalui media dan internet, yang dapat memengaruhi pemahaman agama Islam dan etika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Interaktif berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran agama Islam di MI Muhammadiyah Hadimulyo. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran interaktif lebih aktif dalam diskusi, bertanya pertanyaan, dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran ini juga membantu siswa dalam pemahaman konsep agama Islam, yang tercermin dalam peningkatan skor tes mereka setelah menerapkan pembelajaran interaktif. Penelitian ini memiliki implikasi praktis yang penting bagi MI Muhammadiyah Hadimulyo dan institusi pendidikan agama Islam serupa. Penggunaan pembelajaran interaktif dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran agama Islam dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi ajar. Oleh karena itu, pelatihan guru dalam implementasi model ini harus menjadi perhatian utama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah agama Islam. Penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk mengidentifikasi pentingnya penggunaan Model Pembelajaran Interaktif dalam konteks pendidikan agama Islam dan mungkin bermanfaat sebagai panduan untuk peningkatan mutu pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah serupa. Dengan demikian, implementasi Model Pembelajaran Interaktif dapat menjadi langkah yang signifikan dalam menjaga integritas nilai-nilai agama Islam dan membentuk karakter siswa yang kuat dalam menghadapi tantangan globalisasi.

References

Angdreani, V., Warsah, I., & Karolina, A. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan: Upaya penanaman nilai-nilai islami siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 1–21.

Fahyuni, E. F., and Istikomah Istikomah. (t.t.). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif).

Fajri, A., Imas Kania Rahman, and Santi Lisnawati. (2019). Seterategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 12(1), 78-93.

Hadisi, L., and Wa Muna. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). 8(1), 8.1 (2015): 117-140.

Hakim, F. Rahmanul. (1-18.). Urgensi Model Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.". 15, 2018.

Ismail, I. (2021). Pengembangan Sistem Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Produktif Bagi Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi. 8(5), 479-489.

MustarI. (2014). Manajemen pendidikan.

Ramdani, D., and Edy Tandililing. (t.t.). Peningkatan Aktifitas Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV Sdn 15 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.". 2.

Sari, E. Nurvita. (t.t.). Implementasi Model Pembelajaran Interaktif Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sdn Rangkah Kidul Sidoarjo.

Septiana, R., and Elvia Ivada. ". (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Wonosari. 2(1).

Shalikhah, Norma Dewi. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. 9–16.

Sumiyati, Elfa. (2017). Penggunaan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas vi pada pelajaran pkn sd negeri 09 kabawetan.". 10(2), 2017.

Ubfan, Maani. (t.t.). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII MTs.

Widiantono, Nugroho. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD.". 7(3), 2017.

Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, and Amat Nyoto. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global.". 1(26).

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles