Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran

Authors

  • Siti Rahmah MAS Ittihadul Khoiriyah Muara Jambi

Keywords:

Teori, Kognitivisme, Aplikasi, Pembelajaran

Abstract

Teori pembelajaran adalah teori yang harus mampu menghubungkan antara hal yang ada sekarang dengan bagaimana menghasilkan hal tersebut. Teori belajar adalah teori yang menjelaskan dengan pasti apa yang terjadi, namun teori pembelajaran ’hanya’ membimbing apa yang harus dilakukan untuk menghasilkan hal tersebut. Defenisi Kognitivisme adalah Teori belajar kognitif adalah teori belajar yang lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajarnya. Tokoh-tokoh Kognitivisme yaitu Jean Piaget, Jarome Bruner, Ausebel dan Robert M. Gagne. Aplikasi Teori Kognitivisme dalam Kegiatan Pembelajaran. Hakekat belajar menurut teori kognitif dijelaskan sebagai suatu aktivitas belajar yang berkaitan dengan penataan informasi, reorganisasi perceptual, dan proses internal. Kebebasan dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar amat diperhitungkan, agar belajar lebih bermakna bagi siswa. Kelebihan dan Kelemahan Teori Kognitivisme. Kelebihannya yaitu: menjadikan siswa lebih kreatif dan mandiri; membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah. Kekurangannya yaitu: teori tidak menyeluruh untuk semua tingkat pendidikan; sulit di praktikkan khususnya di tingkat lanjut; beberapa prinsip seperti intelegensi sulit dipahami dan pemahamannya masih belum tuntas. Implikasi Teori Balajar Psikologi Kognitif dalam Pembelajaran. Dalam perkembangan setidaknya ada tiga teori belajar yang bertitik tolak dari teori kognitivisme ini yaitu: Teori perkembangan piaget, teori kognitif Brunner dan Teori bermakna Ausubel. Ketiga tokoh teori penting ini yang dapat mengembangkan teori belajar kognitif. Dari ketiga macam teori diatas jelas masing-masing mempunya implikasi yang berbeda, namun secara umum teori kognitivisme lebih mengarah pada bagaimana memahami struktur kognitif siswa, dan ini tidaklah mudah, Dengan memahami struktur kognitif siswa, maka dengan tepat pelajaran bahasa disesuaikan sejauh mana kemampuan siswanya.

References

Aeni, Umdatul & Qori’atul Maulidyah. T.th. Teori Kognitivistik Teori Kontruktivistik Danpengaruhnya Pada Psikologi Perkembangan. Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Baharuddin, dkk. 2012. Teori belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Baharuddin. 2015. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. Budiningsih, Asri. 2015. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Burhanuddin, Afid. 2018. Kekurangan Dan Kelebihan Teori Kognitif dan Konstruktivistik. Lihat https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/06/07/kekurangan-dan-kelebihan-teori-kognitif-dan-konstruktivistik- 4/.https://www.scribd.com/doc/243229152/Kelebihan-Dan-Kelemahan- Teori-Kognitivisme.diakses 11 Februari.

Chatib, Munif. 2014. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa. Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Erawati. Muna, dkk. 2014. Teori Teori Belajar, Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Fahyuni, Eni Fariyatul. 2011. Efektifitas Media Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Publikasikan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

George, M. Gazda. Dkk. 2010. Theories of Learning, A Comparative Approach. University of Georgia. F.E. Peacock Publishers, Inc.

Given. K. Barbara. 2014. Brain-Based Teaching. Merancang kegiatan belajar mengajar yang melibatkan Otak, Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestetik, dan Reflektif. Kaifa. Bandung.

Ibda,Fatimah. 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni Jauhar. Mohammad. 2011. Implemetasi Paikem. Jakarta:Prestasi Pustaka.

John, Philips L.. 1969. The origins of intellect Piaget’s theory. United States of America: Library of Congress.

Kharisma, Rifda, Putri. 2018. Kelebihan dan Kelemahan Teori Kognitivisme. Lihat https://www.scribd.com/doc/243229152/Kelebihan-Dan-Kelemahan- Teori-Kognitivisme.diakses 11 Februari.

Muhaimin, Sutia’ah, Nur Ali. 2012. Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muhibbin, Syah. 2005. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyati. 2015. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Andi Ofset.

Nugroho, Puspo. 2015. Pandangan Kognitifisme Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 3 | No. 2 | Juli-Desember.

Nurdyansyah, dan Eni fariyatul fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Pahliwandari, Rovi. 2016. Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 5, No. 2, Desember.

Pengembang, Tim, Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2015. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imtima.

Suparno, Paul. 2016. Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius Sutiah. 2013. Buku ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang. Suyadi & Maulidya Ulfa. 2013. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Suyono, dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Rosda Karya.

Syah, M. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Warsita, Bambang. 2016. Teknologi Pembelajaran ; Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijayanti, Dwi. 2015. Analisis Pengaruh Teori Kognitif Jean Piaget Terhadap Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPS. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 1, Nomor 2, Januari

Winfred F. Hill. 2010. Theories Of Learning, Bandung: Penerbit Nusa Media. (Terjmh : Winfred F. Hill. Learning; A Surey of Psuchological Interpretation, Harper Ccollins Pubvllishers.

Winfred F. Hill. 2011. Theories of Learning (Teori-teori dalam Pembelajaran,Konsepsi, Komparasi, dan Signifikan). Bandung: Nusa Media.

Yamin, Martinus & Jamilah Sabri Sanan, Panduan Paud-Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: REFERENSI: Gaung Persada Press Group.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles