Membaca Al-Qur’an Dengan Hukum Bacaan Mad Peserta Didik Kelas VIII MTs SA Raudlatul Huda Al Islamy

Authors

  • Shohibul Karomah MTs SA Raudlatul Huda Al Islamy, Pesawaran

Keywords:

Pendampingan, Membaca Al-Qur’an, Hukum Bacaan Mad

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan tujuan memberikan pendampingan membaca al-Qur’an dengan hukum Mad yang benar bagi peserta didik kelas VIII MTs SA Raudlatul Huda Al Islamy. Kegiatan pembelajaran ini merupakan tindak lanjut atas mata pelajaran yang terdapat pada modul Al-Qur’an Hadis yang merupakan salah satu Sub Bab pada modul tersebut. Metode pelaksanaan pembelajaran ini dilakukan dengan tutorial penyampaian materi-materi terkait masalah hukum bacaan Mad yang dilanjutkan dengan praktek membaca al-qur’an secara secara langsung oleh para peserta didik. Waktu pelaksanaan pemebelajaran ini yaitu semester ganji 2022/2023 sebanyak dua sampai tiga kali pertemuan. Tempat pelaksanaan pembelajaran di ruang kelas VIII MTs SA Raudlatul Huda Al Islamy. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendampingan membaca al-Qur’an dengan hukum bacaann Mad yang benar bagi peserta didik kelas VIII MTs SA Raudlatul Huda AL Islamy menjadikan para peserta didik memahami bahwasanya pentingnya hukum bacaan Mad dalam membaca al-Qur’an sebagai salah satu syarat agar mampu membaca dengan benar. Para peserta pengabdian memiliki pemahaman hukum bacaan Mad yang semakin baik setelah mengikuti praktek membaca Al-Qur’an yang dan benar yang telah terlaksana

References

Annuri, H. A. (2010). Panduan Tahsin Tilawah Al-qur'an & Ilmu Tajwid. Pustaka Al-Kautsar.

Azizah, N. (2016). Efektivitas metode index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII terhadap hukum bacaan tajwid (qalqalah dan ra’) di MTs Al-Mas’ udiyah Tegalgubug Cirebon (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).

Maryana, M., Fadlisyah, F., & Retno, S. (2017). Pendeteksi Tajwid Idgham Mutajanisain Pada Citra Al-Qur’an Menggunakan Fuzzy Associative Memory (FAM). TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 9(2), 91-102.

Marzuki, M. A., & Ummah, S. C. (2020). Dasar-dasar Ilmu Tajwid. Diva Press.

Mistari, M. (2010). Aplikasi Belajar Membaca dan Mengucapkan Huruf Hijaiyah Dengan Tajwid Berbasis Android.

Nufusiah, Z. (2021). Pembinaan Tajwid dan Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Fatih Kabupaten Tangerang (Doctoral dissertation, UIN SMH Banten).

Rizal, R., Bustami, B., & Azzahra, D. (2019). Pendeteksi Tajwid Idgham Mutajanisain Pada Citra Al-Qur’an Menggunakan Fuzzy Associative Memory (FAM). TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 11(3), 395-407.

Septiawan, A. T. (2012). Pengenalan Dan Pembelajaran Cara Membaca Alquran (Ilmu Tajwid) Berbasis Mobile Android (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Syahuri, S. (2020). Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur'an Bagi Santri (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Syaifullah, A., Rahmah, F. M., Salamah, F., & Srisantyorini, T. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Quran Untuk Mengembangkan Bacaan Al-Quran. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Downloads

Published

2022-12-05

Issue

Section

Articles