Pengggunaan Media Gambar Huruf Hijaiyah Guna Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hijaiyah Pada Siswa Kelas 2 MI Bahrul Ulum At-Taqwa

Authors

  • Siti Laela Sari MI Bahrul Ulum At-Taqwa

Keywords:

Media Pembelajaran; Gambar Huruf Hijaiyah; Menulis Huruf Hijaiyah.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengtahui apakah media pembelajaran gambar huruf hijaiyah dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum At-Taqwa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode kualitatif dengan studi pustaka sebagai tenkik pengumpulan data. Berdasarkan hasil kajian pustaka yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan salah satu alternative yang dapat digunakan untuk memenuhi kompetensi peserta didik pada abad ke 21 khususnya kompetensi berpikir kritis. Dan menemukan bahwa Media pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum At-Taqwa dengan adanya media pembelajaran, keaktifan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum At-Taqwa lebih meningkat. Ini dikarenakan penggunaan media dapat membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam belajar, serta penggunaan media pembelajaran dapat mempermudah proses pemahaman materi yang diberikan oleh guru. Yang dibuktikan dengan siswa yang lebih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran serta hasil belajar yang lebih baik.

References

Al Quran Al Karim.

Atika, Siti. 2016. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Tekhnologi Multimedia dalam Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta didik SMA Negeri seKota Palopo, Tesis Palopo: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Danim, S. (2003). Riset Keperawatan Sejarah dan Metodologi. EDC: Jakarta

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Muazzam, Abu. Aplikasi Interaktif Hijaiyah Plus untuk Pemula, http://pustakaabumuazzam. blogspot.co.id/2014/05/aplikasi-interaktifhijaiyah-plus.html, diakses 7 November 2016.

Musfiqon. 1973. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.

Pringgodigjo, Ensiklopedia Umum, Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles