Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MI Al-Hidayah Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi

Authors

  • Suraya RA Al-Hidayah Jambi Timur

Keywords:

Proses Pembelajaran, Akhlak Siswa.

Abstract

Karya tulis ini membahas tentang Proses Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Siswa di MI Al-Hidayah Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi, Tujuan penelitian ini adalah: Ingin mengetahui proses pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa. Ingin mengetahui usaha yang dilakukan guru untuk membentuk akhlak siswa dan ingin mengetahui hasil yang dicapai dalam pembentukan kualitas akhlak siswa di MI Al-Hidayah Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Metode deskriptif merupakan pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat, dilihat melalui sudut pandang pendidikan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat di amati. Hasil penelitian proses pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di MI Al-Hidayah Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi berdasarkan temuan di lapangan diantaranya: Guru mempersiapkan perangkat pembelajaran diantaranya yang meliputi Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pembukaan pembelajaran, Kegiatan Inti dan Kegiatan penutup. Usaha yang dilakukan guru untuk membentuk akhlak siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Al-Hidayah Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi diantaranya: a. Pendekatan Integrated dalam Pendidikan Akhlak, b. Model Pengajaran Agama ke Pendidikan Akhlak, c. Meningkatkan Kerjasama Antara Kepala Sekolah dan d. Guru, Bekerja sama dengan Orang Tua Siswa. Hasil yang dicapai dalam pembentukan kualitas akhlak siswa diantaranya : a. Siswa yang Berakhlak Terpuji, dan b. Terciptanya Lingkungan Belajar yang Kondusif.

References

Anonim, Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Departemen Agama Repubilik Indonesia. 2007

--------, Pedoman Penulisan Skripsi STAI Ma’arif. Jambi: STAI Ma’arif. 2016

--------, Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka. 2003

Abudin Nata, Akhlak/Tasawuf, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004

-------, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2012

A Wahid Sy, Akidah-Akhlak Madrasah Tsanawiyah untuk kelas VII, Semester 1 dan 2, Bandung: PT. Armico Bandung. 2008

Abdurrahman An Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 2006

Aminuddin Rasyad, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Uhamka Press, 2003

Abdullah Al Darraz dalam Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002

Al-Maghribi bin As-Said al-Maghribi, Begini Seharusnya Mendidik Anak, Terj dari Kaifa Turabbi Waladan Shalihan (Pakistan : Darul Kitab was Sunnah)

Erwati Aziz, Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam. Solo: Tiga Serangkai, 2003

Fadhilah Suralaga, dkk, Psikologi Pendidikan dalam Persepektif Islam, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2004

Lexy J, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Jakarta: Rosada, 2011

Masitoh, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2009

Made Pidarta, Landasan Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007

Mukhtar. Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah Jakarta: Gaung Persada Press, 2010

Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Mahjubah Magazine, Pendidikan Anak Sejak Dini Hingga Masa Depan, Jakarta: Firdaus, 2002

Muhammad ‘Athiyyah Al-Abrasyi, Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2003

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaj Rosdakarya, 2009

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: kalam Mulia, 2008.

Syaikh Muhammad Sa’id Mursi, Seni Mendidik Anak 2, (Kairo : Dar At-Tauzi wa An- Nasyar Al-Islamiyah, 2001)

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2003

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakatra: Rineka Cipta, 2010

Sudarwan Danim, 2011, Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-jabatan, Induksi, ke Profesional Madani, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudirman Tebba, 2005, Manusia malaikat, Yogyakarta: Cangkir Geding

Tatang Syarifudin, Landasan Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2009

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana, 2008

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2006

Yudhi Munadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008

Yusufhadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004

Zakiah Daradjat, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Toko Gunung Agung, 2001

-------, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Zainuddin Ali, Pendidikan Agama Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2007.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles