Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Media Daun Di Kelas A RA Miftahul Falaah Desa Pasanggrahan Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat Tahun 2022

Authors

  • Yuli Mufarohah RA Miftahul Falaah, Majalengka

Keywords:

Motorik Halus, 2. Menggunting, 3. Media Daun, 4. Observasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting media daun di kelas A RA Miftahul Falaah. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan Motorik Halus anak pada indikator menggunting lengkung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), instrumen yang digunakan lembar observasi yang berbentuk ceklis dan dokumentasi, waktu pelaksanaanya dari tanggal 12 April 2022 sampai 21 April 2022, subjek penelitian yakni 12 anak kelas A yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dan di laksanakan dalam 2 siklus yakni siklus 1 dan siklus II. Pada tahap pratindakan persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai 52.08%, Hasil penelitian Siklus I persentase yang dicapai sebesar 60,87%, dan pencapaian peningkatan keterampilan motorik halus anak pada Siklus II sebesar 84,95%. Kesimpulan, penelitian melalui kegiatan mengguntig media daun dapat meningkatkan motorik halus anak di kelas A RA Miftahul Falaah Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka.

References

Annisa, K (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B di TK mutiara Kamoung Godang Bangkinang. Universitas Pahlawan, Bangkinang: Skripsi Tidak Dipublikasikan

Arikunto, dkk (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Departemen Pendidikan Nasional (2007). Menggunting Panduan Praktis Pendidik PAUD. Semarang.

Diutatik, Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Media Playdough Anak Kelompok A Di TK Dwi Kunti Surabaya (online), (http://deim,ac.id)diunduh19 maret 2016), 2016

Fauziddin, (2018) Meningkatkan Kemampuan Motoric Halus Melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota (https://doi org/10.31331/sece.v1i1.581) di unduh 16 Maret 2018)

Gunarti, W, dkk (2010). Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar AUD. Jakarta: Universitas Terbuka

Indriyani Fitria, (2014) Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Berbagai Media Pada Anak Usia Dini Di Kelompok A TK Aba Gendingan,Kecamatan Kalasa Kabupaten Slrman Yogjakarta, Universitas Pendidikan,Yogyakarta: Skripsi tidak dipublikasikan.

Laily.Safitri (2018) Implementasi Menggunting Pola Dalam Mengembnagkan Motoric Halus Anak Di TK Apik Darussalam Langkapura Bandar Lampung, Universitas Pendidikan Islam Negri Raden Intan Lampung: Skripsi tidak dipublikasikan.

Lestari, Yeni Tri. 2015, Meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak Melaui Kegiatan Kolase Dengan Berbagai media. JurnalPendidikan Anak Usia Dini Universitas: Islam Yogyakarta

Nikma (2018) Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Media Kertas Dan Daun Pada AUD Di Kelompok A Di RA Miftahul Ulum II Lumbang”Jurnal Annual International Conference on Islamic Education.The 3rd

Nurhayani (2008). Tujuan Pengembangan Motorik Halus. [online] Tersedia dalam: e-dukasi.net : 2008/tujuan-pengembangan-motorik-halus/ [diakses 2008]

Permendiknas No.58 . (2008). StandarPendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Kemendiknas

Phamadi, dkk (2014). Seni Keterampilan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

R.Sidabutar, H. Siahaan (2019)” Peningkatan Motorik Halus AUD Melalui Pemanfatan Media Daun Dalam Kegiatan Pembelajaran”Jurnal Of IslamicEarly Chaildhood Education.Vol.2 No.1

Septiana 03(2016). Bahan-bahan dalam Kegiatan Menggunting.[online] Tersedia dalam:blogspot.com. id: 2016/bahan-bahan dalam-kegiatan- menggunting/ [diakses 2016]

Sujiono, B, dkk (2010). Metode pengembangan fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryana Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dinidan Aspek Perkembangan. Jakarta: Kencana

Suryani, Alimni. 2012.Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Mengisi Pola Gambar dengan Daun Kering di TK Andessa Pariaman. Jurnal Ilmiah PG- PAUD Volume 1.No. 1.

Suyadi (2010). Psikologi Belajar Pendidikan.Yogyakarta: Pedagogia

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Republik Indonesia No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak

Wandi.Mayar. 2020.Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas padaAnak Usia Dini,Melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi Volume 1-4 No 351-358 www. Scribd. Com/ document/318730272/meningkatkan/kemampuan/motorik/halus/anak/melalui/kegiata/menggunting/bervariasi/PAUD/Terpadu/islam/ Alhara main/Sawah/Dangka/Kecamatan/Tilat

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles