Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Pada MIS Nurul Iman BD Makmur

Authors

  • Dedeh Kurniasih MIS Nurul Iman Bd Makmur

Keywords:

Pembelajaran Al-Qur‟an Hadits, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas pembelajaran al-Qur‟an Hadits di madrasah ibtidaiyah yang fokus pada tiga tahapan pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan multisitus, karena penelitian ini meneliti dua subyek, latar atau tempat penyimpanan data. Subyek penelitian ini lebih dari satu, karenanya sesuai dengan pendapat Bogdan, penelitian berusaha mengkaji beberapa subyek tertentu dan membandingkan dan mempertentangkan beberapa subjek tersebut. Aturannya, subjek yang diperbandingkan harus sejenis dan sebanding. Berdasarkan pada hasil penelitian bahwa pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada MIS Nurul Iman BD Makmur perencanaan pembelajaran belum dilakukan secara baik karena guru-guru belum paham kurikulum 2013. Evaluasi kegiatan pembelajaran sudah dilakukan, namun ada yang sesuai dengan tuntunan K13 dan ada yang sebaliknya karena kurangnya pemahaman tentang kurikulum. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih jauh tentang kegiatan pembelajaran.

References

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Davis, Ivor K. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali.

Departemen Agama RI. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depag

Direktorat Pendidikan Madrasah. Depag. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta Depag

English, Evelyn Williams. 2005. Mengajar dengan Empati. Bandung: Nuansa

Gerlach, Vernon S. Ely, Donald P. 1980. Teaching and Media: A Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Hergenhahn, B.R., & Mattew H. Olson. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar), terj. Triwibowo. Jakarta: Kencana

Matthew B. Miles and A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press.

Robert K. Yin. 2008. Cose Study Research; Design and Methods. Diterjemahkan oleh M. Djauzi Mudzakir, Studi Kasusl Desain dan Metode. Jakarta. Raja Grafindo.

Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholl. 2006. Accelerated Learning, Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, Ahmad. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Bandung: Maestro.

Downloads

Published

2022-12-27

Issue

Section

Articles