Strategi Dengan Inkuiri Pembelajaran Al Qur’an Hadist Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Haq Lampung Tengah

Authors

  • Bakri MTs Nurul Haq Lampung Tengah

Keywords:

Karakter, Al-Qur’an Hadist, Strcitegi Inkuiri.

Abstract

Merupakan salah satu aspek yang penting di era perkembangan zaman sekarang ini adalah pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu karakter peserta didik sejak dini dibentuk. Sehingga dengan adanya karakter yang telah tertanam dalam diri peserta didik diharapkan membentengi dirinya dari bahaya perubahan zaman kelak yang akan terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa dengan strategi inkuiri pembelajaran Alqur’an hadist dapat membentuk karakteristik peserta didik.

References

AB, Said. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri pada Subtcma Gerak den Goya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 16 Banda Aceh. Jumal Pesona Dasar Vol.3, No.4.

Budiyanto, Mangun. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hartono. 2014. Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan I›’lam. Jumal Potensia Vol. 13 Edisi 1.

Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter.‘ Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M, Ramli. 2015. Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah Volume 5, Nomor 1.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif I›’lam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2015. Ilmu Pendidikan Islam.‘ Studi Kasus Terhadap Struktur Ilmu Kurikulum metodologi dan kelembagaan pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep den Praktik Implcmcntasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yaumi, Muhammad, 2014. Pendidikan karakter, Landasan pilar, Implementasi. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2022-12-27

Issue

Section

Articles