Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Microsoft Office Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Mi Bustanut Tholibin Jompong

Authors

  • Astuti Zubaida MI Bustanut Tholibin, Jompong-Blora

Keywords:

Multimedia pembelajaran interaktif, keaktifan, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik Kelas 3MI Bustanut Tholibin JompongTahun Pelajaran 2021/2022 dengan memanfaatkan multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa test hasil belajar, pedoman observasi, catatan lapangan, dan catatan peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan MPI mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dari 76.3 pada siklus pertama, naik menjadi 79.0 pada siklus kedua, dan meningkat menjadi 84.0 pada siklus ketiga. Selain itu, pemanfaatan MPI juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada materi iman kepada hari akhir. Pada siklus pertama, rata-rata nilai peserta didik sebesar 78.4, meningkat menjadi 84.2 pada siklus kedua, dan 87.3 pada siklus ketiga. Sedangkan persentase ketuntasan peningkatan juga terus terjadi. Pada siklus pertama persentase ketuntasan sebesar 64.52%, meningkat menjadi 84.87% pada siklus kedua, dan 96.77% pada siklus ketiga.

References

Dimyati, dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Rineka Cipta, 2006.

Khasanah, Skripsi: Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Media Interaktif Berbasis Komik (PTK di Kelas IV SD Negeri 1 Kuripan Purwodadi, (Universitas Muhammadiyah Surakarta: 2009,

http://etd.eprints.ums.ac.id/3344/) didownload hari Senin, 23 Mei 2011.

Mustofa, Agus, Ternyata Akhirat Tidak Kekal, Cet. X. Surabaya: Padma Press, 2006.

Rohmat, H. Media Pembelajaran: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2010.

Sadiman, Arif, dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persadar, 2003.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana, 2010.

Saputro, Eko Bambang, Tesis: Kontribusi Media Pembelajaran Interaktif Program Macromedia Flash Profesional 8 untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mijen Demak Tahun 2008/2009 (Universitas Negeri Semarang, 2009, http://lib.unnes.ac.id/1321/) didownload hari Senin, 23 Mei 2011.

Sri Sugiyartik, “Melalui Media Pembelajaran CD Interaktif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA tentang Sistem Peredaran Darah Menusia Bagi Siswa Kelas V SD Gembyungan 2 Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora Pada Semester Gasal Tahun2008/2009” (http://www.scribd.com/doc/44452265/PTK) didownload hari Senin, 23 Mei 2011.

Subagyo, Joko.Metode Penelitian, dalam Teori dan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Sudjana, Nana.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

----------. dan Ahmad Rivai. Media Pembelajaran. Bandung: sinar Baru Algesindo, 2001.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif.Cet. III. Bandung: Alfabeta, 2007.

Sulaiman, Amir Hamzah. Media Audio Visual.Jakarta: Gramedia, 1985.

Wiriaatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Cet. VIII, Bandung: Rosdakarya, 2009.

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles