Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Istiqomah Dan Iklas Kelas VII MTs SA Raudlatul Huda Al Islamy

Authors

  • Saeful Indhasah MTs SA Raudlatul Huda Al Islamy

Keywords:

Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi tindak belajar mengajar dan biasanya ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan guru. Hasil belajar yang dimaksud dalam skripsi ini adalah nilai tes yang diperoleh peserta didik setelah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Inquiry Learning. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut diatas, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengolah data setiap siklus berkaitan dengan prosentase kenaikan nilai hasil belajar. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data dari hasil catatan wawancara dan catatan observasi selama penelitian. Mengingat data yang dianalisis berupa tabel, maka penulis menggunakan analisis data secara kuantitatif berdasarkan tabel peningkatan hasil belajar peserta didik melalui metode Inquiry Learning. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Inquiry Learning pada proses pembelajaran Akidah Akhlak, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs SA Raudlatul Huda Al Islamy Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya penurunan pada peserta didik yang hasil belajarnya rendah atau dibawah KKM (Belum Tuntas), dari 16 menjadi 2 peserta didik setelah kegiatan siklus I dan II. Adanya peningkatan pada peserta didik yang hasil belajarnya mencapai KKM (Tuntas), dari 4 menjadi 18 peserta didik setelah kegiatan siklus I dan II.

References

Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Ciputat: Quantum Teaching, 2005.

Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2013.

Asep Jihad dan Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Djunaidi Ghony, Penelitian Tindakan Kelas, Malang: UIN- Malang, 2008.

Edward Purba, Filsafat Pendidikan, Medan: Unimed Press, 2016. Farida Jaya, Perencanaan Pembelajaran, Medan: Gema Ihsani, 2015.

Joni Dimyati, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aflikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Perdana Media Group, 2013.

Masganti Sitorus, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Medan: IAIN Press, 2011. Mode Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara. Muhibbin Syah,

Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2015. https://www.anekamakalah.com/2012/09/makalah-istiqomah-dan-ikhlas-dalam.html Muhammad Mustafa Ath-Thahhan, Pribadi Muslim Tangguh, Pustaka Al-kautsar, Jakarta, 2001

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles