Penerapan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Madrasah

Authors

  • Siti Khomsiyatun MIS Miftahul Iman, Poncowarno

Keywords:

Pembelajaran Daring, Anak Usia Dini, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 saat ini berdampak pada bidang apapun, termasuk bidang pendidikan. Salah satunya di bidang pendidikan Dasar yang mengharuskan guru melakukan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan informasi terkait pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa proses pembelajaran online yang dilaksanakan di SD MIS Miftahul Iman berupa Tugas melalui WhatsApp Grup dan video dengan durasi kurang dari 5 menit yang sesuai dengan tema pembelajaran dan dibuat secara singkat dan jelas. Selain itu, terdapat beberapa kendala dalam kesiapan belajar daring baik bagi guru, orang tua maupun siswa.

References

A, N, Sobron, dkk. 2019. Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA: Jurnal Pendidikan Isam dan Multikulturalisme. Vol. 1 (2): 2.

Aji, Wahyu, Dewi, Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2, No. 1, h. 55-61.

Ayuni, Despa, dkk. 2020. Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5, h. 414-421.

Blegur, A., & Handoyo, E. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Locus Of Control Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(1), 51-61.

Dwi Wicaksono, V., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar. Https://Classroom.Google.Com

Hodgetts, D. J., & Stolte, O. M. E. (2012). Case-based research in community and social pychology: Introduction to the special issue. Journal of Community & Applied Social Psychology, 22, 379-389. doi: 10.1002/casp.2124

https://www.kemlu.go.id/hanoi/en/berita-agenda/beritaperwakilan/Pages/The-State-Visit-to-Vietnam-by-President-of-the-Republicof-Indonesia-Strengthens-the-Strategic-Partnership.aspx

Ika Handarini, O., & Sri Wulandari, S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. In Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) (Vol. 8, Issue 3).Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpap

KBRI Hanoi. (2018). The State Visit to Vietnam by President of the Republic of Indonesia Strengthens the Strategic Partnership. Retrieved April4, 2018, from

Satrianingrun, Afifah, Prima, dkk.2020. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5, h.633-640.

SUNITHA V, G ANBURAJ, M SANDRA CARMEL SOPHIA, GOPICHAND G. (2020). From Epidemic to Pandemic- Covid-19- Psychological, Social and Environmental Impact- A Qualitative Study.International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 4883- 4893. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/23535

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles