Penerapan Media Dakonmatika Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV MIS LKMD Ledug Kabupaten Kuningan

Authors

  • Sri Hernayati MIS LKMD Ledug

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini sesuai dengan wawancara yang dilakukan peneliti bahwa masih rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap pembelajaran matematika pada materi KPK dan FPB. Hal tersebut dilihat dari siswa yang masih kurang mampu menjawab soal pengerjaan KPK dan FPB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan pemahaman konsep siswa serta menegtahui dan mendeskrispsikan peningakatan pemahaman konsep sisiwa sebelum dan sesudah menggunakan media dakonamtika. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas IV sebeleum dan sesudah menggunakan media dakonamtika. (2) terdapat peningkatan (gain) pemahaman konsep siswa pada kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media dakonmatika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media dakonmatika coock untuk diterapkan terhadap pemahaman konsep siswa pada materi KPK dan FPB.

References

Astuti, I. A. D., & Dasmo.2016.Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 3(2)

Aulia, R. N., & Tanzila, N. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. 1(1)

Awwalin, I. . (2019). Pengaruh Penggunaan Media Dakota (Dakon Matematika) terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2019. Jurnal Pendidikan Matematika.

Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida. Vol. 16 (1).

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. 17(2).

Effendy,Ilham. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2A. Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro.Vol.1(02).

Farida, F., Suherman, S., & Zulfikar, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Matematika dengan Media Articulate Studio’13. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.32487/jshp.v3i1.536

Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian. 1(3).

Ii, B. A. B. (2015). Sedangkan menurut Association of Education and Communication Technology. Media Pembelajaran, 4(1).

Jauhari, M.I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Jurnal Piwulang. Vol.1(01)

Kania, N., & Arifin, Z. (2020). Aplikasi Macromedia flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. 4(1)

Kelas, D. I., & Sekolah, I. I. (2018). No Title. 4(2).

Khairiyah, Ummu. 2019. Respon Siswa Terhadap Media Dakonmatika Materi KPK dan FPB. AL-Murabbi : Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman.

Kiki, N. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Pasundan Journal Of Research in Mathematics Learning and Education, 2 (4)

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles