Upaya Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Multimedia Interaktif Power Point Presentation Pada Peserta Didik Kelas VII D MTSN 1 Mesuji Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Suparto Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mesuji

Abstract

Ketidakmampuan siswa membaca Al-Quran dengan baik menjadi permasalahan di kelas VII D MTsN 1 Mesuji, Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji. Meski seharusnya, mereka sudah bisa dan lancar membaca Al-Quran karena pada jenjang sebelumnya pasti sudah dipelajari dasar-dasarnya. Dari kenyataan tersebut teridentifikasi tiga masalah yang muncul, yaitu: (1) rendahnya minat; (2) rendahnya kemampuan menguasai dasar-dasar Al-Quran; dan (3) rendahnya kemampuan menguasai hukum-hukum membaca Al-Quran. Penelitian ini menggunakan pemilihan media pembelajaran sebagai salah satu cara meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Quran. Selain itu, perlu dipastikan bahwa setting kelas VII D MTsN 1 Mesuji menjadi kondusif pada saat pelaksanaan pembelajaran melalui multimedia interaktif Slide Power Point, memastikan bahwa proses pembelajaran dengan Multimedia Interaktif Slide Power Point di kelas VII D MTsN 1 Mesuji berjalan tepat sesuai dengan teori, dan memastikan terdapat peningkatan minat belajar dan kemampuan membaca al- Quran siswa kelas VII D MTsN 1 Mesuji. Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus dengan sampel kasuisitik; yaitu di kelas VII D yang terdapat masalah yang dihadapi untuk dipecahkan. Rombel kelas VII D sebanyak 27 orang siswa, terdiri atas empat belas orang siswa dan tiga belas orang siswi. Hasilnya, setelah megadakan dua kali siklus penelitian, tedapat peningkatan minat dan kemampuan membaca Al-Quran dengan persentase 81,48%.

References

Hadi, Nur. 1978. Membaca Cepat Dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.

Mahmud dan Priatna, Tedi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas; Teori dan Praktik. Bandung: tsabita.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran; Untuk membantu memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: alfabetha.

Shodiq, M. 1991. Kamus Istilah Agama. Jakarta: Bonafida Cipta Pratama.

Sholeh, Qomari. Ilmu Tajwid Penuntun Baca Alquran Fasih dan Benar. Pesantren Darussalam Ngesong Sengon. Jombang.

Singer, Kurt. 1987. Membina Hasrat Belajar di Sekolah (Penerjemah: Bergman Sitorus). Bandung: Remaja Karya.

Slameto, 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Cet. III. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyowati, Sofchah. 2001. Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien. Pekalongan: Cinta Ilmu.

Summa, Muhammad A. 1997. Tafsir Ahkam I. Jakarta: Wacana Ilmu Logos .

Suparjo. 1996. Materi Pendidikan Agama Islam IX. Jakarta: Tiga Serangkai. Jakarta.

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pengajaran dan Pembelajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suryabrata, Sumardi. 1986. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Suryana, Yaya & Priatna, Tedi. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Azkia Pustaka Utama.

Suryana, Yaya. 2012. Prosedur dan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas; Suatu Model Desain Pendekatan Kualitatif. (Makalah) Suplemen Pelatihan Peningkatan Kualitas Guru PAI Kemenag Tasikmalaya. Tasikmalaya.

Sutikno, Sobri M. 2009. Belajar dan Pembelajaran; Upaya Kreatif dalam mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 200. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.

Usman, Hasani Syaikh. Haq at-Tilawah. Daar al Munaarah Linnatsri wa at Tauzi’. Jeddah;

Yunus, Mahmud. 1990. Kamus Bahasa Arab Indonesia. Jakarta: Hardika Agung.

Zarkasi, Dachlan Salim. 1978. Metode Praktis Belajar Alquran Metode Qira’ati. Semarang: Al Alawiyah

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles