Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di MIN 3 Batang Hari

Authors

  • Suyatno MIN 3 Batang Hari

Keywords:

: peningkatan kinerja guru; supervise edukatif

Abstract

Seorang guru harus selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya, pengetahuan, sikap dan keterampilannya secara terus-menerus sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk paradigma baru pendidikan. Untuk mencapai tiga kompetensi tersebut, sekolah harus melaksanakan  pembinaan   terhadap  guru   baik   melalui   workshop,   PKG, diskusi dan supervisi edukatif. Hal itu harus dilakukan secara periodik agar kinerja dan wawasan guru  bertambah sebab berdasarkan diskusi yang  dilakukan guru di   MIN 3 Batang Hari, rendahnya kinerja dan wawasan guru diakibatkan (1) rendahnya  kesadaran guru untuk  belajar, (2) kurangnya kesempatan guru mengikuti pelatihan, baik secara regional maupun nasional, (3)  kurang  efektifnya  PKG, (4) supervisi  pendidikan yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran  cenderung menitikberatkan pada  aspek administrasi. Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (1) Ingin  mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan pembelajaran, (2) Ingin  mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menilai prestasi belajar, (3) Ingin  mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa, (4) Ingin  mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik  dalam menyusun  rencana pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi, dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Guru - guru MIN 3 Batang Hari. Data yang diperoleh berupa hasil supervisi guru. Dari hasil analis didapatkan bahwa kinerja guru di MIN 3 Batang Hari mengalami kenaikan sejak adanya supervise, terlihat dari hasi Supervisi 1 dan Supervisi ke 2. Peningkatan dari Menyusun rencana pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Menilai prestasi belajar dan Tindak lanjut prestasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Supervisi Edukatif secara periodic ini mampu menaikkan kinerja guru di MIN 3 Batang Hari dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut..

References

Daradjat, Zakiyah. 1980. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Dewi, Kurniawati Eni . 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Tematis. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta: Depdiknas.

Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007a tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Depdiknas.

Petunjuk Teknis Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Kepala sekolah. Jakarta.

Imron, Ali. 2000. Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.

Kemendiknas. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta.

Supervisi Akademik. Jakarta.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pidarta, Made . 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta : Binamitra Publishing.

Suharjono. 2003. Menyusun Usulan Penelitian. Jakarta: Makalah Disajikan

pada Kegiatan Pelatihan Tehnis Tenaga Fungsional Pengawas.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kedua

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles