http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/issue/feedSKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah2023-12-01T09:40:31+00:00Deri Wantoderiwanto@iaincurup.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah</strong>, is a peer-reviewed journal on education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Institut Agama Islam Negeri Curup. The editors welcome scholars, researchers and practitioners of education around the world to submit scholarly articles to be published in this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah published periodically every May and November (twice a year).</p> <p>ISSN: <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220522180965317">2829-9086</a></p> <p>Sekretariat: Umea ' Jurnal IAIN Curup, Jl. Dr. Ak. Gani No. 01, Tel. (0732) 21010 Curup, Rejang Lebong, Bengkulu 39119.</p> <p>Email: skula@iaincurup.ac.id or jurnal.skula@gmail.com</p> <p>Website: <a href="http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula">http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula</a></p>http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1209Strategi Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa2023-11-29T03:01:40+00:00sumiryanisumiryani@gmail.com<p>Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) guna menumbuhkan keprihatinan sosial siswa. Penelitian ini melibatkan analisis keterampilan mengajar guru PAI dan dampaknya terhadap tingkat kepedulian sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan mencakup observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait kurikulum PAI. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengajarkan nilai-nilai sosial dalam konteks keislaman. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini mengusulkan sejumlah strategi dan pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru PAI agar dapat lebih efektif menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial pada siswa.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 sumiryanihttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1183Peran Keluarga dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak di Sekolah Dasar2023-11-26T02:25:20+00:00mujiyahmujiyah@gmail.com<p><strong>Abstrak: </strong>Pendidikan agama Islam menjadi salah satu komponen penting dalam pembentukan karakter anak di Sekolah Dasar. Namun, pembelajaran agama Islam di sekolah tidak cukup untuk memastikan pemahaman yang mendalam. Oleh karena itu, peran keluarga menjadi faktor yang sangat penting dalam mendukung pembelajaran agama Islam anak di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami lebih dalam tentang peran keluarga dalam mendukung pembelajaran pendidikan agama Islam anak di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran yang signifikan dalam membantu anak memahami dan menginternalisasi nilai-nilai agama Islam yang diajarkan di sekolah. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan agar keluarga mengambil inisiatif proaktif dalam melibatkan diri dalam pendidikan agama Islam anak mereka, dengan cara seperti melibatkan mereka dalam kegiatan keagamaan, memberikan waktu untuk belajar bersama, dan memberikan teladan yang baik dalam praktek agama sehari-hari.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 mujiyahhttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1207 Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Daring di Sekolah Dasar2023-11-27T04:50:24+00:00tuti ida royaniTuti@gmail.com<p>Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi tantangan pendidikan daring di Sekolah Dasar. Pendidikan daring menjadi fenomena yang semakin berkembang dalam konteks pendidikan, termasuk dalam pengajaran mata pelajaran agama. Kesiapan guru PAI dalam mengadopsi dan mengintegrasikan pendidikan daring menjadi aspek kritis untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis untuk mengumpulkan data dari guru PAI di Sekolah Dasar melalui kuesioner dan wawancara. Analisis dilakukan terhadap aspek-aspek kesiapan, seperti pemahaman teknologi, ketersediaan sumber daya, kemampuan desain pembelajaran daring, dan dukungan institusional. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran tentang sejauh mana kesiapan guru PAI menghadapi pendidikan daring di Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan pelatihan dan program peningkatan keterampilan bagi guru PAI agar dapat efektif mengelola pendidikan daring.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 tuti ida royanihttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1162Implementasi Model Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Partisipasi belajar siswa di MI Muhammadiyah Hadimulyo2023-11-17T01:41:18+00:00sukarmanSukarman123@gmail.com<p><strong>Abstrak:</strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak implementasi Model Pembelajaran Interaktif dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Hadimulyo. Implementasi Model Pembelajaran Interaktif menjadi relevan dalam menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan yang semakin berubah, terutama dalam konteks pendidikan agama Islam di era globalisasi. Era globalisasi membawa eksposur siswa terhadap berbagai nilai, budaya, dan pandangan dunia dari seluruh dunia melalui media dan internet, yang dapat memengaruhi pemahaman agama Islam dan etika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Interaktif berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran agama Islam di MI Muhammadiyah Hadimulyo. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran interaktif lebih aktif dalam diskusi, bertanya pertanyaan, dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran ini juga membantu siswa dalam pemahaman konsep agama Islam, yang tercermin dalam peningkatan skor tes mereka setelah menerapkan pembelajaran interaktif. Penelitian ini memiliki implikasi praktis yang penting bagi MI Muhammadiyah Hadimulyo dan institusi pendidikan agama Islam serupa. Penggunaan pembelajaran interaktif dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran agama Islam dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi ajar. Oleh karena itu, pelatihan guru dalam implementasi model ini harus menjadi perhatian utama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah agama Islam. Penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk mengidentifikasi pentingnya penggunaan Model Pembelajaran Interaktif dalam konteks pendidikan agama Islam dan mungkin bermanfaat sebagai panduan untuk peningkatan mutu pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah serupa. Dengan demikian, implementasi Model Pembelajaran Interaktif dapat menjadi langkah yang signifikan dalam menjaga integritas nilai-nilai agama Islam dan membentuk karakter siswa yang kuat dalam menghadapi tantangan globalisasi.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 sukman sukmanhttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1198Evaluasi Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran Kisah Nabi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD2023-11-26T08:22:41+00:00wiwitwiwit12@gmail.com<p>Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode bermain peran dalam pembelajaran kisah Nabi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (SD). Metode bermain peran diimplementasikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam memahami nilai-nilai moral dan ajaran agama Islam yang terkandung dalam kisah Nabi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen pra-post, melibatkan dua kelompok siswa di kelas yang sama, satu kelompok sebagai kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional, dan kelompok lainnya sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan metode bermain peran. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap kisah Nabi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 wiwithttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1103Analisis Efektivitas Sumber Belajar PAI dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa di MTs Miftahul Ulum Gisting2023-11-16T09:46:08+00:00dian harlinaDianharlina1904@gmail.com<p><strong>Abstrak:</strong> Pendidikan Agama Islam (PAI) memainkan peran sentral dalam membentuk pemahaman keagamaan yang kokoh di kalangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas berbagai jenis sumber belajar PAI dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di MTs. Miftahul Ulum Gisting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta melibatkan siswa MTs. Miftahul Ulum Gisting sebagai responden utama. Hasil penelitian ini mengungkapkan hal-hal berikut: Pertama, penelitian ini mendokumentasikan variasi jenis sumber belajar PAI yang digunakan di MTs. Miftahul Ulum Gisting, mencakup buku teks, materi digital, dan media pembelajaran lainnya. Variasi ini memberikan siswa berbagai cara untuk mengakses informasi agama Islam. Kedua, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran PAI di MTs. Miftahul Ulum Gisting telah meningkat. Bahan ajar berbasis teknologi, seperti video pembelajaran dan aplikasi interaktif, memberikan pendekatan yang lebih menarik bagi siswa. Ketiga, peningkatan dalam pemahaman keagamaan siswa diamati sebagai hasil dari penggunaan berbagai sumber belajar PAI. Siswa-siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang ajaran-ajaran agama Islam, etika, dan praktik keagamaan. Keempat, penelitian mencatat bahwa siswa cenderung lebih termotivasi dalam pembelajaran PAI saat menggunakan sumber belajar yang lebih interaktif. Ini mencerminkan pentingnya pendekatan pembelajaran yang menarik bagi siswa. Kelima, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala, seperti ketersediaan perangkat teknologi dan pelatihan guru dalam menggunakan sumber belajar PAI yang berbasis teknologi. Hal ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan lebih lanjut. Hasil penelitian ini memberikan gambaran positif tentang efektivitas sumber belajar PAI di MTs. Miftahul Ulum Gisting dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa. Meskipun ada kemajuan yang signifikan, penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat potensi untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran agama Islam. Hasil ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi pembelajaran PAI yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa di MTs. Miftahul Ulum Gisting, serta meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan agama Islam. Penelitian lebih lanjut dan tindakan perbaikan dapat diambil untuk terus meningkatkan pemahaman keagamaan siswa dan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah ini.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 dian harlinahttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1196Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Fiqih Anak SD" Anawati2023-11-26T08:13:03+00:00anawatianawati@gmail.com<p>Abstrak :penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman fiqih anak SD. Modul ini dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik perkembangan anak SD dan prinsip-prinsip pembelajaran interaktif. Metode pengembangan modul menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang melibatkan tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD dan guru mata pelajaran fiqih. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman fiqih anak SD. Modul ini memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, memfasilitasi pemahaman konsep-konsep fiqih dengan lebih baik.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 anawatihttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1212 Perbaikan Mutu Pengajaran PAI dengan Menggabungkan Teknologi Digital dan Pendekatan Partisipatif Aktif di Tingkat Sekolah Menengah.2023-11-30T23:18:27+00:00ahmad maulanaahmadmaulana@gmail.com<p><strong>Abstrak :</strong> This study explores the enhancement of the quality of Islamic Religious Education (PAI) through the integration of digital technology and active participatory methods in secondary schools. With the advancement of technology, there is a growing need to leverage its potential to improve the learning experience in various educational domains, including religious education. This research aims to investigate the impact of incorporating digital tools and interactive methods on students' engagement, understanding, and performance in PAI classes. A mixed-method approach will be employed, involving quantitative data through pre- and post-assessments, as well as qualitative data through interviews and observations. The findings of this study will contribute to understanding how the integration of technology and participatory methods can enrich PAI lessons, providing valuable insights for educators and policymakers to optimize the teaching and learning processes in secondary schools.</p> <p> </p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 ahmad maulanahttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1185Pengaruh Penggunaan Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Nilai-Nilai Keislaman di Sekolah Dasar2023-11-26T02:34:35+00:00Liza Kusuma DewiLizaKusumaDewi@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan permainan edukatif dalam pembelajaran nilai-nilai keislaman di Sekolah Dasar. Metode penelitian eksperimen digunakan untuk mengumpulkan data dari siswa yang terlibat dalam pembelajaran dengan dan tanpa penggunaan permainan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan edukatif secara signifikan meningkatkan pemahaman dan penerimaan nilai-nilai keislaman pada siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan metode pembelajaran yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dalam konteks keislaman.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Liza Kusuma Dewihttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1208Penguatan Karakter Islami dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implementasi Nilai-Nilai Etika dan Moral2023-11-29T02:54:56+00:00anziladianaanziladiana@gmai.com<p>Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi nilai-nilai etika dan moral dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai strategi penguatan karakter Islami di kalangan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di beberapa sekolah menengah dengan melibatkan guru-guru Pendidikan Agama Islam dan siswa-siswa mereka. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai etika dan moral dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang karakter Islami, membentuk sikap positif, dan mengembangkan perilaku moral yang baik. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan kurikulum dan pelatihan guru yang berfokus pada penguatan karakter Islami dalam konteks Pendidikan Agama Islam.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 anziladianahttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1181Penerapan Metode Cerita Al-Qur'an dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur'an pada Siswa Sekolah Dasar2023-11-26T02:19:42+00:00muhammadtaufiqmuhammadtaufiq@gmail.com<p><strong>Abstrak: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan metode cerita Al-Qur'an dalam meningkatkan minat baca Al-Qur'an pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cerita Al-Qur'an secara signifikan meningkatkan minat baca Al-Qur'an pada siswa sekolah dasar. Temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan strategi pembelajaran Al-Qur'an di lingkungan pendidikan dasar.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 muhammadtaufiqhttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1206Implementasi Pendekatan Mindfulness dalam Pembelajaran Akhlak Mulia untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa SD2023-11-27T04:40:23+00:00hafiz hush sholihinhafizhushsholihin@gmail.com<p>Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengimplementasikan pendekatan mindfulness dalam konteks pembelajaran akhlak mulia di sekolah dasar (SD). Mindfulness diintegrasikan ke dalam kurikulum untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan. Partisipan penelitian melibatkan siswa SD yang terlibat dalam sesi pembelajaran khusus berbasis mindfulness selama periode tertentu. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan kuesioner kesejahteraan psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan mindfulness berkontribusi positif terhadap peningkatan pemahaman siswa terkait akhlak mulia dan merangsang peningkatan kesejahteraan psikologis mereka.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 hafiz hush sholihinhttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1104Implementasi Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Agama Islam di Mi Al izhar2023-11-16T09:49:38+00:00mukhtari mukhMukhtari11@gmail.com<p><strong>Abstrak:</strong> Pendidikan Agama Islam di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan identitas keagamaan siswa. Dalam menghadapi dinamika zaman, MI Al Izhar mengimplementasikan Teknologi Informasi (TI) dalam proses pembelajaran Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keberhasilan, tantangan, dan dampak positif implementasi TI di MI Al Izhar. Temuan utama menunjukkan bahwa penggunaan TI berhasil meningkatkan keterlibatan siswa melalui aplikasi, presentasi multimedia, dan sumber daya daring. Metode pengajaran Agama Islam diperkaya melalui pendekatan visual dan interaktif, menggunakan simulasi interaktif dan video pembelajaran. Meskipun berhasil, terdapat tantangan teknis seperti ketersediaan perangkat keras dan koneksi internet yang tidak stabil, serta ketidaknyamanan awal guru dalam mengadaptasi TI. Dampak positif mencakup peningkatan motivasi siswa melalui aplikasi dan sumber belajar daring. Pembelajaran berbasis TI juga membantu siswa mengaitkan ajaran Agama Islam dengan kehidupan sehari-hari melalui konten yang relevan dan aplikatif. Rekomendasi mencakup peningkatan infrastruktur, pelatihan intensif bagi guru, dan kerjasama lebih erat dengan orang tua melalui platform daring. Keseluruhan, implementasi TI di MI Al Izhar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam, mengatasi tantangan, dan memanfaatkan dampak positif teknologi untuk persiapan siswa menghadapi tantangan modern.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 mukhtari mukhhttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1197 Peran Literasi Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar: Perspektif Guru dan Orang Tua2023-11-26T08:18:16+00:00odin jamaludinodinjamaludin@gmail.com<p>Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis peran literasi keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan memeriksa pandangan dan pengalaman guru serta orang tua terkait praktik literasi keagamaan di lingkungan sekolah dan rumah. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang dampak literasi keagamaan terhadap karakter religius siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan orang tua, observasi di kelas, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan kegiatan keagamaan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keagamaan memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter religius siswa sekolah dasar. Guru dan orang tua memiliki peran penting dalam mendukung pengembangan literasi keagamaan melalui penyediaan materi bacaan, diskusi, dan kegiatan keagamaan di sekolah dan rumah. Ditemukan bahwa interaksi antara pembelajaran formal di sekolah dan pembelajaran informal di rumah dapat saling melengkapi untuk membentuk karakter religius yang kokoh pada siswa.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 odin jamaludinhttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1189Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar2023-11-26T03:03:49+00:00Rahmatul Hidayatrahmatulhidayat@gmail.com<p>Abstrak: Abstrak ini membahas pentingnya pendidikan karakter dalam konteks kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Pendidikan karakter merupakan aspek integral dalam pembentukan kepribadian dan moral peserta didik. Dalam konteks pendidikan agama Islam, penguatan nilai-nilai etika, moralitas, dan spiritualitas menjadi landasan utama. Artikel ini menguraikan konsep pendidikan karakter, relevansinya dalam konteks pendidikan agama Islam, dan implementasinya dalam kurikulum sekolah dasar. Penekanan pada pengembangan sifat-sifat mulia, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kasih sayang, menjadi fokus utama dalam menciptakan generasi yang berintegritas dan berakhlak baik. Dengan merancang kurikulum yang menekankan pendidikan karakter, diharapkan mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik, mencakup aspek akademis dan moral, guna membentuk insan yang berdaya saing dan berbudi pekerti luhur.</p>2023-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Rahmatul Hidayat