SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula <p><strong>SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah</strong>, is a peer-reviewed journal on education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Institut Agama Islam Negeri Curup. The editors welcome scholars, researchers and practitioners of education around the world to submit scholarly articles to be published in this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah published periodically every May and November (twice a year).</p> <p>ISSN: <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220522180965317">2829-9086</a></p> <p>Sekretariat: Umea ' Jurnal IAIN Curup, Jl. Dr. Ak. Gani No. 01, Tel. (0732) 21010 Curup, Rejang Lebong, Bengkulu 39119.</p> <p>Email: skula@iaincurup.ac.id or jurnal.skula@gmail.com</p> <p>Website: <a href="http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula">http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula</a></p> en-US deriwanto@iaincurup.ac.id (Deri Wanto) hardi.vizon@gmail.com (Hardivizon) Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peningkatan Kemampuan Membaca AL Quran Dengan Metode Thoriqoty Pada Siswa Kelas VII MTs AL-Hidayah Marga Puspita http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/948 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran dengan Metode Thoriqoty pada siswa kelas VII MTs AL-HIDAYAH Marga Puspita. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada semester <em>g</em><em>enap </em>tahun ajaran <em>20</em><em>22-202</em><em>3 . </em>Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII sebanyak 24 orang. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri, dan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al Quran tanpa menggunakan metode yang tepat kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran, sehingga perlu adanya penggunan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran. Setelah melalui langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini, penggunaan Metode Thoriqoty dianggap tepat dan sesuai dengan kondisi dan karakter siswa kelas VII di MTs AL-HIDAYAH Marga Puspita serta mampu meningkatkan kemampuan membaca Al Quran siswa kelas VII MTs AL-HIDAYAH Marga Puspita.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>kemampuan, membaca Al Quran, metode Thoriqoty</em></p> <p> </p> Rahayu Sri Rejeki, Rahayu Sri Rejeki ABSTRAK Rahayu Sri Rejeki. 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran dengan Metode Thoriqoty Pada Siswa Kelas VII MTs AL-HIDAYAH Marga Puspita Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran dengan Metode Thoriqoty pada siswa Copyright (c) 2023 Rahayu Sri Rejeki, Rahayu Sri Rejeki ABSTRAK Rahayu Sri Rejeki. 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran dengan Metode Thoriqoty Pada Siswa Kelas VII MTs AL-HIDAYAH Marga Puspita Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran dengan Metode Thoriqoty pada siswa https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/948 Tue, 22 Aug 2023 00:00:00 +0000 Transmisi Kebudayaan Islam: Interaksi dan Perkembangan Budaya dalam Sejarah Umat Islam http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1036 <p>Kebudayaan Islam memiliki sejarah yang kaya dalam hal transmisi dan perkembangannya. Dalam sejarah umat Islam, interaksi dengan budaya lokal memainkan peran penting dalam membentuk kebudayaan Islam yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana interaksi budaya mempengaruhi dan mengembangkan kebudayaan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis literatur dengan mengumpulkan dan menelaah sumber-sumber primer dan sekunder terkait sejarah kebudayaan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transmisi kebudayaan Islam melibatkan proses saling berpengaruh antara Islam dan budaya lokal, di mana Islam mempengaruhi budaya lokal dan sebaliknya. Budaya lokal memberikan kontribusi dalam bidang seni, musik, tari, dan adat istiadat dalam kebudayaan Islam. Seni ukir kayu di Maroko, seni batik di Indonesia, dan musik sufi di Turki adalah contoh nyata dari pengaruh budaya lokal dalam kebudayaan Islam. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa Islam memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan elemen budaya lokal yang sesuai dengan ajaran agama. Keberagaman budaya dalam kebudayaan Islam diperkaya oleh interaksi dan adaptasi budaya lokal. Kesimpulannya, transmisi kebudayaan Islam melalui interaksi budaya telah memainkan peran penting dalam perkembangan dan pengayaan kebudayaan Islam di seluruh dunia.</p> Munawarah Copyright (c) 2023 Munawarah https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1036 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Evaluasi Implementasi Pembelajaran PAI Inklusif untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Akademik Siswa Berkebutuhan Khusus http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/998 <p>Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) inklusif dengan fokus pada partisipasi dan prestasi akademik siswa berkebutuhan khusus. Kurikulum inklusif telah menjadi fokus perhatian dalam dunia pendidikan, dan PAI sebagai mata pelajaran penting juga perlu diintegrasikan secara inklusif. Dalam penelitian ini, pendekatan evaluatif digunakan untuk menganalisis keberhasilan dan tantangan dalam implementasi pembelajaran PAI inklusif. Metode penelitian meliputi observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis data akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PAI inklusif berdampak positif pada partisipasi siswa berkebutuhan khusus dan meningkatkan prestasi akademik mereka. Namun, masih ditemukan beberapa hambatan, seperti kebutuhan untuk pelatihan lebih lanjut bagi guru dan dukungan yang memadai untuk mendukung kesuksesan pembelajaran inklusif.</p> ommaini Copyright (c) 2023 ommaini https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/998 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0000 Makna Jihad Dizaman Modern: Studi Kasus Penafsiran QS. Al-Taubah: 73 Menurut Sayyid Qutb http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/931 <p><strong><em>Abstract: </em></strong><em>This paper discusses the meaning of jihad in QS. At-Taubah: 73 according to two modern interpreters: Sayyid Qutub and Abul A'la Mawdudi. Their interpretation is very important because their thinking is an important reference in the current discourse of Jihad. With the descriptive-analytic method, the writing answers how the two Muslim thinkers interpreted the term jihad in the verse which supports the spirit of their respective da'wah movements in Egypt and Pakistan. This paper finds that the second author in interpreting the term jihad by the objective circumstances of their respective life contexts, Sayyid Qutb was influenced by the fact that some Muslims dealt with rulers who were considered dholim, and Egypt as a country is in a war conflict with Israel, as well as the resistance of some Muslim scholars including himself who are critical of the West. Meanwhile, Abul A'la Mawdudi was faced with the filling of the newly established Pakistani state, where he and his colleagues was founded political parties that were in the spirit of Islam. More than that, his romanticist attitude towards the early period of the Muslim community was used as a manhaj in understanding the messages of the Qur'an.</em></p> dedek oktaviana Copyright (c) 2023 dedek oktaviana https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/931 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0000 Pengembangan Model Pembelajaran Inklusif dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Pemahaman dan Toleransi Antaragama di Sekolah Menengah http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/944 <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong>: Pendidikan agama Islam merupakan bagian integral dari sistem pendidikan di banyak negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Namun, untuk mencapai lingkungan belajar yang inklusif, penting untuk mengembangkan model pembelajaran yang memperhatikan keberagaman dan mempromosikan toleransi antaragama di sekolah menengah. Artikel ini bertujuan untuk mengusulkan sebuah model pembelajaran inklusif dalam pendidikan agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan toleransi antaragama di kalangan siswa. Dalam penelitian ini, kami melakukan tinjauan literatur yang komprehensif tentang pembelajaran inklusif dan pendidikan agama Islam. Kami mengidentifikasi berbagai aspek dan tantangan yang terkait dengan mengintegrasikan pendekatan inklusif dalam pengajaran agama Islam. Model pembelajaran inklusif kami mencakup strategi yang mendorong partisipasi aktif, pengakuan atas perbedaan individu, dan promosi pemahaman tentang berbagai agama. Kami juga mengadakan penelitian kualitatif dengan mengambil sampel dari beberapa sekolah menengah yang menerapkan model pembelajaran inklusif dalam pendidikan agama Islam. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inklusif ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang agama Islam dan meningkatkan rasa toleransi mereka terhadap agama-agama lain.</p> yeni apriliani hasanah Copyright (c) 2023 yeni apriliani hasanah https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/944 Sat, 19 Aug 2023 00:00:00 +0000 PTK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1032 <p>Peserta didik banyak yang telah lancar membaca namun tidak dapat memahami isi dari teks bacaan yang telah dibacanya sehingga membutuhkan tindakan perbaikan yang dalam hal ini melalui penerapan metode SQ3R. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil akhir penelitian ini adalah penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan peserta didik memahami isi teks bacaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Al Ikhlas Pemetung Basuki setiap siklusnya rata-rata 42,86% yaitu peserta didik mencapai ketuntasan pada prasiklus sebanyak 3 orang atau 14,29%, 9 orang atau 42,86% setelah tindakan siklus 1 dan 21 orang atau 100% mencapai ketuntasan setelah tindakan siklus 2. Melalui penerapan metode SQ3R peserta didik dapat terlibat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran terutama dalam kegiatan berlatih memahami isi teks bacaan sehingga aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan diiringi peningkatan kemampuan memahami isi teks bacaan.</p> Ida Lailiyatin Ida Copyright (c) 2023 Ida Lailiyatin Ida https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1032 Sat, 19 Aug 2023 00:00:00 +0000 Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Darussalam Tulung Singkip Lampung Utara http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/987 <p>Pendidikan adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan pengajaran, dan latihan yang berlangsung di dalam ataupun diluar sekolah. Pendidik menilai atau mengukur tingkat keberhasilan siswa dengan kritreia yang ditentukan. Namun dalam pendidikan tidak akan terlepas dari suatu masalah. Yang menjadi masalah dari objek penelitian ini adalah masih kurang tepatnya seorang guru dalam menggunakan metode untuk menyampaikan pelajaran. Maka dari itu hasil belajar siswa masih sangat rendah.&nbsp;</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran dan sebagai &nbsp;objek penelitiannya adalah &nbsp;siswa kelas V MI Darussalam Tulung Singkip Lampung Utara yang berjumlah 14 siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi menghitung volume kubus dan balok serta jaring-jaring kubus dan balok. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini dibagi menjadi dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode demonstrasi, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Pengumpulan data dalam penelitian&nbsp; ini, data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus.</p> <p><strong>Kata kunci</strong> : <em>Metode demontrasi, Matematika, Hasil belajar</em></p> Ali Mashuri Copyright (c) 2023 Ali Mashuri https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/987 Tue, 22 Aug 2023 00:00:00 +0000 Perintah Jihad dalam Perspektif Quran Surat At-Taubah Ayat 5 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/927 <p><strong>Abstrak: </strong>Surah At-Taubah, juga dikenal sebagai Surah Bara'ah, diturunkan pada periode terakhir kehidupan Nabi Muhammad SAW di Mekah dan Madinah. Latar belakang sejarah ini dapat membantu dalam memahami situasi sosial dan politik saat itu, serta peristiwa-peristiwa khusus yang mempengaruhi penurunan ayat-ayat dalam surah ini, termasuk Ayat 5. Surah At-Tawbah adalah salah satu surah terakhir dalam Al-Qur'an dan memiliki keunikan tersendiri. Surah ini mengandung ayat-ayat yang memberikan petunjuk tentang hubungan dengan orang kafir dan perang melawan musuh-musuh Islam. Ayat 5 Surah At-Taubah secara khusus menyampaikan pesan tentang pengadangan dan penghancuran perjanjian yang dilanggar oleh kaum musyrikin pada waktu itu. Latar belakang ini dapat mencakup peristiwa-peristiwa tertentu di masa Nabi Muhammad SAW yang terkait dengan pelanggaran perjanjian oleh musuh-musuh Islam, yang kemudian direspon dalam ayat ini. Dalam tafsir dan pemahaman ulama terdahulu mengenai ayat 5 Surah At-Tawbah. Penelitian ini melibatkan pemahaman para sahabat Nabi, tabi'in (generasi sesudah sahabat), dan ulama terkemuka dalam tradisi tafsir Islam. Meninjau pemahaman mereka dapat memberikan wawasan penting tentang konteks dan implikasi ayat ini.</p> <p>&nbsp;</p> rio nata mangku nugraha Copyright (c) 2023 rio nata mangku nugraha https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/927 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Perspektif Pengintegrasian Nilai-Nilai Etika dan Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/942 <p><strong>Abstrak:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum pendidikan agama Islam dengan fokus pada pengintegrasian nilai-nilai etika dan kearifan lokal dalam pembentukan karakter peserta didik. Dalam era globalisasi ini, pendidikan agama Islam perlu mencerminkan nilai-nilai universal dan lokal untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki karakter yang kokoh dan berdaya saing. Dalam konteks ini, penelitian ini mengidentifikasi aspek-aspek kurikulum yang memungkinkan integrasi etika dan kearifan lokal, serta menganalisis manfaat dan tantangan implementasi model pembelajaran ini di sekolah menengah.</p> Murni Copyright (c) 2023 Murni https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/942 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Metode Disukusi dan Media Benda-Benda Terdekat http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1021 <p>Rendahnya penguasaan kemampuan keterampilan proses sains IPA kemungkinan besar dikarenakan guru kurang tepat dalam memilih cara atau media dalam pembelajaraan. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif di kelas 4 MIN 2 LAHAT. Hasilnya menunjukkan bahwa meningkatkan aktivitas pembelajaran, mempertinggi interaksi antar siswa dan keja sama kelompok, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPAS terutama materi Panca Indra.</p> Jonsa Ali Muslimin, khoirani Rani Copyright (c) 2023 Jonsa Ali Muslimin, khoirani Rani https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1021 Tue, 22 Aug 2023 00:00:00 +0000 Efektifitas Kegiatan Ekstrakulikuler Membaca Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/953 <p><strong>Efektifitas Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Baca Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Di SMP Negeri 04 Bengkulu</strong>.</p> <p>Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah Efektifitas Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Di SMP Negeri 04 Bengkulu. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan Bagaimanakah Efektifitas Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Di SMP Negeri 04 Bengkulu.</p> <p>Untuk memperoleh data yang diperlukan maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berlatar alamiah dan peneliti yang terjun secara langsung kelapangan untuk memperoleh data dari informan dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun responden atau informan dalam penelitian ini yaitu melibatkan guru yang mengajar dalam kegiatan ekstreakulikuler seni baca Al-Qur’an dan siswa siswi yang mengikuti krgiatan ekstrakulikuler nseni baca AL-Qur’an.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka kegiatan ini belum dapat dikatakan efektif karena masih banyak dari anak-anak yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ini yang belum pandai membaca Al-Qur’an secara fashih, selain itu juga kegiatan ekstrakulikuler ini memiliki waktu yang sangat sempit sehingga anak-anak yang mengikuti kegiatan ini masih banyak yang kesulitan dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ini sehingga tidak jarang anak-anak yang mengikuti kegiatan ini cuma sekali-kali saja, factor utama yang menyebabkan kegiatan ini belum dapat dikatakan efektif yaitu guru yang tidak berkompeten untuk mengajarkan seni baca Al-Qur’an hal ini terbukti ketika peneliti mengadakan observasi awal sampai pada peneliti melakukan wawancara kepada guru yang bersangkutan dimana guru tersebut masih belum pandai membaca Al-Qur’an secara fashih dan masih banyak bacaan Al-Qur’an yang dalam penggunaan tajwid nya masih banyak yang salah ketika guru yang bersangkutan mengajarkan kegiatan ekstrakulikuler ini.</p> Ari Anggola, novi puspitasari Copyright (c) 2023 Ari Anggola, novi puspitasari https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/953 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Pesan Kebaikan Dan Kasih Sayang Studi Surat At- Taubah Ayat 20 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/925 <p><strong><em>Abstrak</em></strong><strong><em> : </em></strong><em>The virtues of jihad are greater in rank, glory, higher position in the dignity of excellence and perfection, greater rewards, enjoying the pleasures of this world, and Allah promises that those who strive will obtain eternal happiness in the hereafter. Those who believe, emigrate and strive in the way of Allah with their wealth and themselves, is of greater rank, has a higher position in the dignity of virtue and perfection, and has a greater reward than those who give drink to those who perform the pilgrimage and prosper the mosque, that some Muslims are of the view that deed is the way to get closer to Allah, the main one. People who get the virtue of migrating and jihad with themselves and their wealth, have higher dignity and glory.&nbsp; A believer who emigrates and strives for jihad is a person who gets the lucky reward from Allah and His glory, not someone who does not have these three characteristics, even though he gives drink to people who perform the pilgrimage and prosper the Grand Mosque. This is because the reward given to the believer is based on these two deeds, not giving a drink, Allah SWT has promised to provide a reward that leads to a life that is in accordance with his sanctity of nature.So that perhaps the search for the meaning of jihad and hijrah in Islam can be an objective perspective to understand the true meaning of jihad and hijrah. This verse shows that those who believe and strive in the cause of Allah in this way will gain higher ranks with Allah. In the message of kindness and compassion contained in this verse, Allah rewards those who are willing to sacrifice for His religion and fight for truth and justice.</em></p> novi heriani Copyright (c) 2023 novi heriani https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/925 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Makna Jihad pada Quran Surat Al-Hajj Ayat 78 dalam Konteks Tafsir dan Pemahaman Kontemporer http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/934 <p><strong>Abstrak:</strong> Surah Al-Hajj Ayat 78 memberikan pemahaman yang komprehensif tentang jihad dalam konteks tafsir dan pemahaman kontemporer. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna dan menganalisis fakta-fakta terkait konsep jihad dalam Islam, dengan fokus pada ayat 78 dari Surah Al Hajj dalam Al-Quran. Dalam konteks tafsir dan pemahaman kontemporer, melalui analisis teks Al-Quran dan studi literatur yang relevan, penelitian ini berusaha untuk memahami konteks ayat tersebut serta implikasi maknanya dalam konteks masa kini. Jihad adalah salah satu istilah yang sering dibicarakan dan diperdebatkan dalam konteks agama Islam. Namun, sering kali pemahaman yang keliru atau salah kaprah muncul tentang makna dan tujuan sebenarnya dari jihad. Penelitian ini menggunakan pendekatan tafsir dan analisis teks Al-Quran untuk memahami konteks ayat-ayat yang terkait dengan jihad dalam Surah Al-Hajj Ayat 78. Selain itu, pemahaman kontemporer dan interpretasi berbagai ulama dan ahli tafsir terkemuka juga dikaji. Penelitian ini juga mencakup tinjauan literatur mengenai konsep jihad dalam konteks sejarah dan saat ini. Dalam menginterpretasikan ayat tersebut, penelitian ini menekankan pada faktor historis, sosial, dan budaya yang dapat mempengaruhi pemahaman kontemporer tentang jihad. Dalam hasil penelitian ini, fakta-fakta penting tentang jihad dalam Islam diungkapkan. Surah Al-Hajj Ayat 78 tidak hanya mengandung makna fisik atau militer dari jihad, tetapi juga menyiratkan dimensi spiritual, moral, dan intelektual. Ayat tersebut menekankan pentingnya berjuang dalam jalan Allah dengan berbagai cara yang mencakup upaya perbaikan diri, berbuat kebajikan, dan berjuang melawan kezaliman dan ketidakadilan. Artikel ini juga membahas tentang penafsiran ayat ini oleh ulama terkemuka dan mencermati pemahaman kontemporer tentang jihad dalam masyarakat Muslim saat ini. Dalam pemahaman kontemporer, berbagai ulama dan ahli tafsir menegaskan bahwa jihad tidak boleh disalahgunakan atau diartikan sebagai pembenaran untuk tindakan kekerasan atau terorisme. Ayat ini menekankan bahwa jihad harus dilakukan dengan cara yang adil dan tidak melanggar prinsip-prinsip kemanusiaan. Pemahaman yang akurat dan seimbang tentang jihad dalam konteks ini diharapkan dapat membantu masyarakat Muslim memahami dan menjalankan jihad dengan cara yang benar, sesuai dengan ajaran Islam yang mendorong perdamaian, toleransi, dan kemajuan umat manusia secara menyeluruh.</p> husni waladi Copyright (c) 2023 husni waladi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/934 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Media Power Point Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas X IPS Madrasah Aliyah At-Tahririyah Modung Bangkalan http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1008 <p><strong>ABSTRAK </strong>Rendahnya nilai Al-Qur’an Hadits kelas X MA AT-TAHRIRIYAH Kecamatan Modung Kabupaten &nbsp;Bangkalan tahun pelajaran 2021/2023 kemungkinan disebabkan oleh minat belajar siswa dan aktivitas belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi serta dilengkapi media pembelajaran yang di setting menggunakan aplikasi Power Point. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan &nbsp;minat dan aktivitas &nbsp;belajar siswa. Adapun hipotesi dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X semester Ganjil MA. AT-TAHRIRIYAHModung Bangkalan</p> imam-qurtubi83 qurtubi Copyright (c) 2023 imam-qurtubi83 qurtubi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1008 Sat, 19 Aug 2023 00:00:00 +0000 Heuristik Sejarah Islam Lokal Bengkulu sebagai Media Belajar Sejarah Kebudayaan Islam http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/951 <p>Konsep mata pelajaran sejarah adalah bercerita, hal ini membuat siswa banyak yang&nbsp; mengantuk dan merasa bosan mengikuti pelajaran SKI.&nbsp; Padahal SKI sangat penting untuk dipelajari oleh siswa karena akan memberikan tuntunan dan kebanggan terhadap agama Islam. Diharapkan dengan mempelajari sejarah Islam lokal daerahnya sendiri maka siswa akan meningkat motivasi belajarnya.</p> <p>Materi sejarah kebudayaan Islam yang sulit di mengerti, materinya sangat luas dan bukti sejarah tidak bisa dilihat secara langsung. Hal ini juga merupakan factor&nbsp; para siswa kurang meminati mata pelajaran&nbsp; SKI.</p> <p>Sejarah Islam lokal di Bengkulu bukti sejarah atau peninggalam-peninggalannya bisa kita kunjungi dan lihat secara langsung. Ini adalah alasan kenapa penulis&nbsp; menggunakan media sejarah Islam lokal Bengkulu seabagai cerita pemancing minat siswa untuk belajar dan menumbuhkan rasa ingin tahu tentang sejarah Islam baik itu lokal dan global.</p> <p>Heuristik adalah metode pendekatan atau teknik yang digunakan dalam penelitian sejarah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang masa lalu. Sejarah dan Kebudayaan Islam merupakan bagian penting yang tidak mungkin dipisahkan dari kehidupan kaum Muslimin dari masa ke masa khususnya bagi pendidikan di madrasah. Betapa tidak, dengan memahami sejarah dengan baik dan benar, baik guru maupun siswa bisa bercermin untuk mengambil banyak pelajaran dan membenahi kekurangan atau kesalahan mereka guna meraih kejayaan dan kemuliaan dunia dan akhirat.</p> <p>Sebuah penelitian dilakukan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai atau mendapatkan jawaban atas pertanyaan atau permasalahan yang muncul yang terkait dengan objek penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak Heuristik Sejarah Islam Lokal Bengkulu sebagai media pembelajaran SKI untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa.</p> <p>Fokus penelitian ini adalah memanfaatkan sejarah budaya lokal Bengkulu untuk meningkatkan minat belajar sejarah kebudayaan islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian heuristik. Penelitian heuristik&nbsp; dalam&nbsp; konteks &nbsp;metode&nbsp; sejarah&nbsp; adalah&nbsp; kegiatan&nbsp; mencari sumber -sumber,&nbsp;&nbsp; mendapatkan&nbsp;&nbsp; data,&nbsp;&nbsp; atau&nbsp;&nbsp; materi&nbsp;&nbsp;&nbsp; sejarah&nbsp;&nbsp; atau&nbsp;&nbsp; evidensi&nbsp;&nbsp;&nbsp; sejarah.</p> <p>Langkah-langkah penelitian untuk menjawab permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini, terdiri dari rangkaian pengumpulan data dan teknik pengolahan data. Strategi pengumpulan data meliputi studi literatur, wawancara mendalam (<em>indept-intervew</em>), strategi ini dioperasionalkan menurut sifat data yang ingin diperoleh.</p> <p>Dengan menggunakan heuristik ini, diharapkan siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang sejarah kebudayaan Islam di Bengkulu dan menghargai warisan budaya yang ada dan meningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam.</p> Novi Puspitasari, Ari Anggola Copyright (c) 2023 Novi Puspitasari, Ari Anggola https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/951 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 PERSPEKTIF PEDAGOGIK DALAM KURIKULUM MERDEKA SERTA PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR ATAU TELAAH METODE PEMBELAJARAN http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1042 <p>Artikel ini untuk meningkatan pemerataan mutu pendidikan telah menjadi tantangan utama bagi pemerintah untuk waktu yang cukup lama dalam membangun dunia pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini diharapkan dapat menjadi jawaban atas permasalahan rendahnya kemampuan literasi dasar peserta didik dan akan diterapkan secara menyeluruh di seluruh tingkatan sekolah pada tahun 2024 mendatang. Perubahan kurikulum ini sangan berdampak positif bagi guru dan siswa. Adapun yang harus disesuaikan oleh guru antara lain adalah kompetensi yang dimilikinya, khususnya kompetensi pedagogic dan guru harus mampu menelaah pembelajaran dalam basis kurikulum merdeka. Melalui metode penelitian kajian literatur yang dilakukan pada tahun 2022 dan, peneliti mengidentifikasi kemampuan pedagogik apa saja yang perlu ditingkatkan oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka secara optimal dan bagaimana guru mampu menelaah metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pedagogik yang perlu ditingkatkan oleh guru antara lain adalah pemahaman terhadap teori belajar konstruktivisme, kemampuan menyusun dan menentukan pendekatan untuk projek profil pelajar Pancasila dan penggunaan asesmen formatif secara luas dalam penilaian pembelajaran. Adapun Menelaah metode pembelajaran dalam pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar. Pendidikan Merdeka Belajar merupakan respon terhadap kebutuhan sistem pendidikan pada era Revolusi Industri 4.0. Di era Revolusi Industri 4.0 kebutuhan utama yang ingin dicapai dalam sistem pendidikan atau lebih khusus dalam metode pembelajaran yaitu siswa atau peserta didik memiliki penguasaan terhadap literasi baru. Literasi baru tersebut yaitu : <em>Pertama, </em>literasi data. <em>Kedua, </em>literasi teknologi. <em>Ketiga</em>, literasi manusia. Selain itu, dalam sistem Pendidikan Merdeka Belajar tetap mengutamakan juga pendidikan karakter. Maka dalam penelitian ini, metode pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 dapat menentukan kesuksesan pembelajaran. Dan metode yang digunakan beragam, namun dalam sistem pendidikan merdeka belajar metode <em>Blended Learning </em>sangat ideal sebagai metode pembelajaran. Metode <em>Blended Learning </em>yaitu menggabungkan keunggulan pembelajaran yang dilakukan baik&nbsp; secara tatap-muka maupun secara virtual. Dalam penelitian ini menguatkan teori dari Peter Fisk tentang tren kecenderungan pendidikan pada era industry 4.0. Artikel ini menggunakan penelitian pustaka (<em>library research</em>). Dengan sumber laporan hasil penelitian, majalah ilmiah, surat kabar, buku yang relevan, hasil-hasil dari narasumber, surat-surat kepustakaan dan lain sebagainya.</p> MARIAM Copyright (c) 2023 MARIAM https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1042 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran PAI terhadap Penerimaan Nilai-Nilai Keagamaan dan Etika Siswa di Era Digital http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/999 <p><strong>Abstrak:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan media sosial dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap penerimaan nilai-nilai keagamaan dan etika siswa di era digital. Dalam konteks pendidikan inklusif, penelitian ini menganalisis bagaimana penggunaan media sosial dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap nilai-nilai keagamaan dan etika dalam pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif dengan melibatkan siswa dari berbagai tingkat sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan penyelenggara pendidikan dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat pendukung pembelajaran PAI yang inklusif di era digital.</p> hermi Copyright (c) 2023 hermi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/999 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0000 Upaya Masyarakat dalam Memerangi Pemimpin Yang Tidak Menepati Janji di Era Globalisasi http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/932 <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong><strong>:&nbsp; </strong>Pemimpin merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab penuh dalam pelaksanaan tugas kepemimpinan di suatu wilayah. Seorang pemimpin, tentulah harus memiliki sikap yang membuat rakyat atau masyarakat memiliki kepercayaan terhadap apa yang dilakukan oleh pemimpin. Seorang pemimpin tentara memiliki sebuah ketetapan ataupun janji yang ia canangkan dalam kepemimpinannya. Janji ini bukan sekedar yang diucap oleh mulut saja, namun dalam menerapkan perjanjian seorang pemimpin haruslah dapat memegang penuh janji itu dengan rasa tanggung jawab yang besar karena dengan janji yang dapat ditepati maka seorang pemimpin dapat melaksanakan amanatnya sebagai seorang kepala di suatu wilayah.&nbsp; Pada akhirnya prinsip leadership dan loyalitas dari pemimpin dapat terlaksana dan kepercayaan rakyat dapat diperoleh oleh seorang pemimpin jika ia berhasil melaksanakan visi-misinya atau janji-janjinya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data (data analysis) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa di era globalisasi ini terutama di negara kita sendiri masih ada pemimpin yang tidak dapat menepati janji dalam melaksanakan program kepemimpinan nya dan ada berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh rakyat dalam rangka memerangi pemimpin yang tidak menepati janji di era globalisasi ini.</p> maisarah Copyright (c) 2023 maisarah https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/932 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Peran Pendidik dalam Memfasilitasi Pengembangan Spiritualitas pada Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Agama Islam http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/945 <p><strong>Abstrak:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidik dalam memfasilitasi pengembangan spiritualitas pada anak usia dini dalam pembelajaran agama Islam. Anak usia dini merupakan masa sensitif dalam perkembangan spiritual mereka, dan pendidik memiliki peran krusial dalam membantu anak-anak memahami nilai-nilai agama, moralitas, dan ketakwaan. Dalam konteks pendidikan agama Islam, peran pendidik dalam menyediakan lingkungan pembelajaran yang mendukung dan mendorong pertumbuhan spiritual anak menjadi sangat penting. Penelitian ini akan mengidentifikasi strategi dan praktik terbaik yang dilakukan oleh pendidik dalam memfasilitasi pengembangan spiritualitas anak usia dini, serta mengevaluasi dampaknya pada pembelajaran agama Islam.</p> nofitawati Copyright (c) 2023 nofitawati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/945 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Peran Ilmuwan Muslim dalam Pemeliharaan dan Penyebaran Warisan Kebudayaan Islam http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1035 <p>Artikel ini membahas tentang peran ilmuwan Muslim dalam pemeliharaan dan penyebaran warisan kebudayaan Islam. Dalam konteks globalisasi dan modernisasi, warisan kebudayaan Islam menghadapi tantangan dalam pemeliharaan dan penyebarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami peran ilmuwan Muslim dalam menjaga dan mempertahankan warisan kebudayaan Islam serta menyebarkannya kepada masyarakat luas. Metode yang digunakan adalah penelitian literatur dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilmuwan Muslim memainkan peran penting dalam pengumpulan, dokumentasi, dan restorasi artefak dan situs bersejarah kebudayaan Islam. Mereka juga aktif dalam penelitian, pengembangan seni dan arsitektur, serta menyebarkan pengetahuan tentang kebudayaan Islam melalui pendidikan dan penyuluhan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran ilmuwan Muslim sangat vital dalam pemeliharaan dan penyebaran warisan kebudayaan Islam. Kolaborasi antara ilmuwan Muslim, lembaga pendidikan, dan pemerintah sangat penting untuk memperkuat peran mereka dan menjaga keberlanjutan warisan kebudayaan Islam.</p> Netty Kusuma Apridawati Copyright (c) 2023 Netty Kusuma Apridawati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1035 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Pentingnya Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Anak http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/990 <p>YUNIARWETI. Pentingnya pendidikan aqidah akhlak dalam pembentukan karakter anak</p> <p>Pendidikan aqidah akhlak memiliki peranan yang penting dalam pembentukan karakter anak. Aqidah sebagai keyakinan dan akhlak sebagai tindakan moral merupakan dua aspek yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam pengembangan individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali pentingnya pendidikan aqidah akhlak dalam membentuk karakter anak yang berkualitas.</p> <p>Pendidikan aqidah akhlak membantu anak memperoleh pandangan hidup yang positif, membangun hubungan yang baik dengan sesama, dan mengembangkan sifat-sifat mulia seperti kesabaran, toleransi, dan kasih sayang. Pendidikan ini juga memberikan anak landasan moral yang kuat, sehingga mereka mampu menghadapi tantangan dan godaan negatif yang ada dalam lingkungan sekitar.</p> <p>Dalam konteks pendidikan formal, pendidikan aqidah akhlak dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan agama atau pendidikan karakter. Selain itu, pendidikan ini juga dapat dilakukan melalui pendekatan yang holistik, yang melibatkan keluarga, masyarakat, dan lembaga pendidikan sebagai mitra dalam membentuk karakter anak.</p> <p>Dalam kesimpulan, pendidikan aqidah akhlak memiliki peranan yang penting dalam pembentukan karakter anak. Dengan memperkuat aqidah dan mengajarkan akhlak yang baik, anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang memiliki nilai-nilai moral yang kuat, mampu berperilaku positif, dan berkontribusi dalam masyarakat.</p> Yuniarweti Yusedi Copyright (c) 2023 Yuniarweti Yusedi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/990 Sat, 19 Aug 2023 00:00:00 +0000 Kontroversi Makna dan Konsep Jihad dalam Al-Quran http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/928 <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Abstract</em><em>: </em><em>The word jihad is interpreted in various meaning. Some interprets it in a negative and destructive connotations, others interpret it as noble actions. The debate on the meaning of jihad are endless as long as there is no clear definition and restrictions which actions are considered as jihad and which ones are not. In order to find the true meaning of jihad, this paper examines the word jihad, both from the Qur’anic perspective and academia discourses.</em></p> <p><em>Keywords: </em>Jihad, Perdamaian</p> heri kurniawan Copyright (c) 2023 heri kurniawan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/928 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Kontribusi Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Implementasi Aplikasi Mobile dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/943 <p><strong>Abstrak:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kontribusi penggunaan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini, khususnya melalui studi kasus implementasi aplikasi mobile. Metode kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang pengalaman siswa dan pendidik terkait penggunaan aplikasi mobile dalam pembelajaran agama. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi mobile dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman mereka terhadap ajaran agama dengan lebih efektif. Rekomendasi dan panduan diberikan bagi pendidik dan pengembang aplikasi dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini.</p> agus manto Copyright (c) 2023 agus manto https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/943 Sat, 19 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENTINGNYA PEMBELAJARAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1030 <p><strong>Abstrak:</strong> Pembelajaran akhlak pada anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan perilaku anak sejak dini. Artikel ini membahas mengapa pendidikan akhlak pada usia dini sangat relevan, dengan fokus pada dampaknya terhadap perkembangan moral, sosial, dan emosional anak. Dalam konteks pendidikan modern, nilai-nilai etika sering kali terpinggirkan, sehingga penanaman nilai-nilai akhlak sejak dini menjadi semakin penting. Pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan usia dan metode yang menarik akan membantu menciptakan generasi yang memiliki integritas dan empati. Melalui pendekatan yang holistik, anak-anak dapat belajar mengenai kejujuran, kasih sayang, kerjasama, dan nilai-nilai positif lainnya yang akan membimbing mereka menuju kedewasaan yang seimbang.</p> Euis Sabariyah Copyright (c) 2023 Euis Sabariyah Solehuddin https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1030 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0000 Integrasi Pendidikan Akhlak dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/955 <p><strong>Abstract</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Islamic Cultural History Learning, although experiencing changes in the context of improving the quality of education so that it can improve optimal learning outcomes. The purpose of this study was to find out how the integration of moral education in learning the history of Islamic culture in fourth grade students of Madrasah Ibtidaiyah Negeri Salamah Jambi City. This research is a qualitative descriptive intended to describe the integration model of Islamic cultural history with moral education in learning Islamic Cultural History. The data collection methods were carried out by interview and literature review. The results of the study indicate that there are several things that are underlined in implementing moral education in learning Islamic Cultural History. The findings related to this phenomenon, namely: 1) The fourth grade homeroom teacher at MIN 2 Bengkulu Citty which was studied had implemented the integration of moral education by imitating the noble character of the Prophet in SKI learning; (2) Teachers who apply the integration of SKI with Moral Education adjust to the material being studied; (3) The advantages of integrating moral education in the SKI learning system can instill honesty, form good habits, and have noble character. Based on this statement, it is very important to integrate the concepts of Islamic Cultural History with Moral Education as a way of forming noble character for the nation’sgeneration.</p> <p>Keywords: Integration, Moral Education, History of Islamic Culture</p> NURHASANAH NUR Copyright (c) 2023 NURHASANAH NUR https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/955 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Analisis Surat Al-Baqarah 191 dalam Konteks Etika dan Toleransi Agama http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/926 <p><strong>Abstrak :</strong>Surat Al-Baqarah adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki kekayaan pesan yang mendalam. Ayat 191 dari Surat Al-Baqarah membahas masalah kekerasan dan konflik dalam konteks kehidupan sosial. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis ayat tersebut dari perspektif etika dan toleransi agama. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis Surah Al-Baqarah Ayat 191 dari perspektif etika dan toleransi agama. Surah Al-Baqarah Ayat 191 adalah salah satu ayat dalam Al-Quran yang mengajarkan tentang bagaimana seorang Muslim seharusnya bersikap terhadap orang-orang yang berbeda keyakinan atau agama.&nbsp; Analisis dalam artikel ini akan melibatkan penafsiran teks Surah Al-Baqarah Ayat 191 serta konteks sejarah dan lingkungan di mana ayat tersebut diungkapkan. Selain itu, artikel ini juga akan mempertimbangkan nilai-nilai etika yang mendasari ajaran Islam dan relevansinya dalam mempromosikan toleransi agama.&nbsp; Dalam analisis ini, penulis akan mengidentifikasi konsep-konsep kunci seperti jihad, keadilan, dan perdamaian yang terkait dengan Surah Al-Baqarah Ayat 191. Selanjutnya, penulis akan menjelaskan bagaimana ayat tersebut menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai etika seperti penghormatan terhadap hak asasi manusia, penghindaran kekerasan yang tidak proporsional, serta pengembangan sikap toleransi dan pengertian terhadap keyakinan agama orang lain.Selain itu, artikel ini juga akan membahas relevansi Surah Al-Baqarah Ayat 191 dalam konteks global yang semakin multikultural dan multireligius saat ini. Toleransi agama menjadi semakin penting dalam mengatasi konflik dan mendorong kerjasama antarumat beragama. Dengan menganalisis Surah Al-Baqarah Ayat 191 dalam konteks etika dan toleransi agama, artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pesan-pesan yang terkandung dalam ayat tersebut serta untuk mendorong dialog dan pemahaman antara umat beragama yang berbeda. Melalui upaya ini, diharapkan dapat tercipta masyarakat yang lebih inklusif dan harmonis di mana kebebasan beragama dan perspektif yang beragam dihormati dan dihargai.</p> sumadi Copyright (c) 2023 sumadi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/926 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi kalimat Thayyibah Tarji' melalui model pembelajaran Numbered Head Together http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/939 <h1>ABSTRAK</h1> <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan <em>Numbered Head Together </em>pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Al Hidayah kecamatan Sukawening Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini dalam siswa kelas V MI Al Hidayah Kekait yang berjumlah 15 siswa, laki-laki sebanyak 5 siswa dan perempuan sebanyak 10 siswa. peneliti ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk membentuk ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal.</p> <p>Penggunaan model <em>Numbered Head Together </em>untuk meningkatkan hasil belajar pada mata Akidah Akhlak kelas V MI Al Hidayah kecamatan Sukawening Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2022/2023. dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil belajar mengalami peningkatan disetiap siklus. Dari kedua perolehan siklus I dengan siklus II, dengan demikian penggunaan model <em>Numbered Head Together </em>dapat &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi kalimat Thayyibah tarji’. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar peserta didik pada Siklus I dan II mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dengan jumlah ketuntasan belajar peserta didik serta presentase ketuntasan yang telah tercapai. Pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 8 orang dengan presentase 56% dan pada siklus II jumlah peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 14 orang dengan presentase 94%.</p> tia sutiasih, ija jalaludin Copyright (c) 2023 tia sutiasih, ija jalaludin https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/939 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Upaya Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak melalui Metode Make A Match Untuk Siswa Kelas IV MI Ma’arif NU Padangjaya http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1017 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar Aqidah Akhlak melalui model pembelajaran <em>Make a match </em>untuk siswa kelas IV MI Ma’arif NU Padangjaya semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus yakni siklus I siklus II &nbsp;dan siklus III. Subjek penelitian adalah 24 orang siswa kelas IV MI Ma’arif NU Padangjaya tahun &nbsp;pelajaran 2023/2024. Setelah dilakukan penelitian di kelas IV MI Ma’arif NU Padangjaya, hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran <em>Make a match </em>mengalami peningkatan, yaitu pra siklus rata-rata 65,6 dengan ketuntasan 37,5%, siklus I rata-rata 80 dengan ketuntasan 75%, siklus II rata-rata 87,5 dengan ketuntasan 91,6%, dan siklus III rata-rata 94,2 dengan ketuntasan 100%. Dengan demikian, model pembelajaran <em>Make a match </em>dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas IV MI Ma’arif NU Padangjaya semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024.</p> Nur Lalea Masfiyah, Destriani Destriani Copyright (c) 2023 Nur Lalea Masfiyah, Destriani Destriani https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1017 Tue, 22 Aug 2023 00:00:00 +0000 Pengembangan Bahan Ajar sebagai Kajian Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) pada MIS Darul Hikmah Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/952 <p>Keberhasilan proses pembelajaran belum cukup jika hanya diukur dari berapa banyak siswa yang lulus dan mendapatkan nilai yang baik , terutama dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang merupakan bagian dari mata pelajaran pendidikan agama islam pada madrasah.Salah satu tujuan pembelajaran SKI pada madrasah adalah membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. Untuk itu tulisan ini mencoba menelaah problematika yang dihadapi oleh guru mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Hikmah Desa Sido Mukti Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara dengan fokus kajian nya adalah bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan bahan ajar di MI darul Hikmah dan Upaya pengembangan bahan ajar.Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi Pustaka.Berdasarkan penelaahan yang dilakukan, buku menjadi bahan ajar yang dominan digunakan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).</p> <p>Kata kunci : Bahan ajar, buku, problematika pembelajaran SKI</p> Zakiyah Hesti Susilawati zakiyah Copyright (c) 2023 Zakiyah Hesti Susilawati zakiyah https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/952 Fri, 11 Aug 2023 00:00:00 +0000 Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Menarik dan Efektif untuk Siswa Sekolah Dasar http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1051 <p><strong>Abstrak:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran pendidikan Agama Islam yang menarik dan efektif untuk siswa sekolah dasar. Model ini dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik perkembangan dan kebutuhan belajar siswa pada usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengembangan kurikulum yang melibatkan tahap perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan angket siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam di sekolah dasar serta memberikan alternatif model pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.</p> kullana Copyright (c) 2023 kullana https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1051 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Keterampilan Bercerita melalui Pendekatan Savi (Somatic, Audiotory, Visualization, Intelectual) Berbantuan Boneka Tangan ( Studi Pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 14 Talang Ulu) http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/859 <p>Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Pengamatan observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Pada siklus I observasi aktivitas guru dan siswa dengan kriteria “Cukup” dengan skor rata-rata aktivitas guru 27,5 dan aktivitas siswa 24,5, pada siklus II observasi aktivitas guru dan siswa dikatakan “Baik” dengan skor rata-rata aktivitas guru 36,5 dan skor rata-rata aktivitas siswa 32, dan meningkat pada siklus III yaitu observasi aktivitas guru dan siswa dikatakan “Sangat Baik” dengan skor rata-rata observasi aktivitas guru 46,5 dan aktivitas siswa dengan skor 45,5. Melalui pendekatan<em> SAVI </em>berbantuan boneka tangan pada pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan bercerita siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut berupa pemahaman-pemahaman konsep tentang bahasa dan aspek-aspek yang menjadi kriteria dalam penilaian keterampilan bercerita. Secara klasikal keterampilan bercerita siswa mengalami peningkatan yaitu jumlah rata-rata skor pada siklus I adalah 10,86, dan jumlah rata-rata skor pada siklus II adalah 12,77 dan walaupun kriterianya masih sama yaitu “Cukup”. Namun pada siklus III meningkat menjadi 14 dengan kriteria “Baik”. Jadi penerapan pendekatan <em>SAVI </em>berbantuan boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas II MI M 14 Talang Ulu.</p> Ahmad Sandi Anggara Copyright (c) 2023 Ahmad Sandi Anggara https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/859 Sat, 19 Aug 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar: Studi Evaluasi terhadap Efektivitas dan Respons Siswa http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1000 <p><strong>Abstrak:</strong> &nbsp;Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan respons siswa terhadap implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Pendekatan pembelajaran kontekstual menjadi fokus utama dalam menghadirkan materi agama Islam dengan menghubungkannya secara relevan dengan konteks kehidupan siswa. Metode evaluasi digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan implementasi dan sejauh mana siswa merespons positif terhadap pendekatan pembelajaran ini. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi kelas dan wawancara dengan guru dan siswa. Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket dan tes penilaian yang relevan dengan materi yang diajarkan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang sejauh mana pendekatan pembelajaran kontekstual telah diimplementasikan secara efektif dan bagaimana tanggapan siswa terhadap pendekatan ini. Temuan penelitian ini memberikan panduan berharga bagi pendidik dan pengambil kebijakan di bidang pendidikan agama Islam. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran agama Islam di sekolah dasar dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan akademik dan moral siswa.</p> linda hartaty Copyright (c) 2023 linda hartaty https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1000 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0000 Menelaah Tafsir Surah At-Taubah Ayat 73 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/933 <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK: </strong>Surah At-Taubah ("Pengampunan") adalah <a href="https://id.wikipedia.org/wiki/Surah">surah</a> yang ke-9 dalam <a href="https://id.wikipedia.org/wiki/Al-Qur%27an">al-Qur'an.</a> Surah ini adalah termasuk surah <a href="https://id.wikipedia.org/wiki/Madaniyah">Madaniyah</a> tetapi ada sebagian ayat yang termasuk Makkiyah. Surah ini terdiri dari 129 ayat. Surah ini mempunyai beberapa nama, diantaranya ada yang menamai dengan At-Taubah yang berarti "Pengampunan" karena kata At-Taubah disebut berulang kali dalam surah ini, dan ada juga yang menamai dengan Bara'ah yang berarti berlepas diri, disebabkan sebagian besar pokok pembicaraan di dadalamnya adalah tentang pernyataan pemutusan perjanjian damai dengan kaum musyrikin. Surah ini tidak diawali dengan <em>basmalah</em>, berbeda dengan surah-surah yang lain yang semuanya diawali dengan basmalah, karena dalam surah ini adalah banyak mengandung pernyataan perang, dalam arti bahwa segenap kaum muslimin disuruh untuk memerangi kaum musyrikin, sedangkan basmalah adalah mengandung makna perdamaian dan cinta kasih Allah. Surah ini diturunkan sesudah <a href="https://id.wikipedia.org/wiki/Nabi">Nabi</a> <a href="https://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad">Muhammad</a> saw. kembali dari peperangan Tabuk yang terjadi pada tahun 9 H. Pembacaan surah ini disampaikan oleh <a href="https://id.wikipedia.org/wiki/Ali_bin_Abi_Thalib">Ali bin Abi Thalib</a> pada musim haji tahun itu juga. Surah <em>at-Taubah </em>diturunkan pada masa-masa akhir dari pelaksanaan tugas kerasulan nabi Muhammad saw. Oleh karena itu kandungan surah <em>at-Taubah </em>ini lebih menekankan pada upaya bagaimana menata kehidupan umat &nbsp;Islam yang solid agar tidak mudah diganggu oleh pihak-pihak yang sewaktu-waktu dapat merusak kehidupan umat Islam. Surat At-Taubah Ayat 73 dalam Surat At-Taubah memberikan pengajaran yang relevan mengenai pemilihan teman dan pelindung dengan bijaksana. Ayat ini mengingatkan umat Muslim untuk berhati-hati dalam memilih teman dan sekutu, karena mereka yang melampaui batas dapat memiliki pengaruh negatif yang merugikan. Pesan ini juga berlaku secara universal, tidak terbatas pada konteks sejarah atau agama tertentu. Ayat ini mendorong individu untuk menjaga batas-batas moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari, serta menjauhi tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Memilih lingkungan yang positif dan menegakkan nilai-nilai yang benar merupakan prinsip yang berlaku untuk semua individu, terlepas dari latar belakang agama atau kepercayaan. Dengan menelaah ayat ini, kita diingatkan akan pentingnya menjalin hubungan yang sehat dan menjaga integritas pribadi dalam membangun kehidupan yang bermakna.</p> muryanto Copyright (c) 2023 muryanto https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/933 Tue, 01 Aug 2023 00:00:00 +0000