Pembentukan Karakter Siswa Dalam Pendekatan Ilmu Sosial di Mas Miftahul 'Ulum
Keywords:
Kata Kunci: ilmu sosial, karakter siswaAbstract
Abstrak: Pembentukan karakter siswa sangat penting karena keadaan dalam kehidupan bermasyarakat saat ini sangat memprihatinkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskritif. Subjek penelitian yaitu tenaga pendidik di Mas Miftahul 'Ulum. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi pendekatan ilmu-ilmu sosial dilembaga madrasah dengan menerapkan karakteristik dilakukan dengan pembiasaan dan arahan serta adanya reward dan punishment dalam menerapkan kebiasaan pada peserta didik. Kemudian metode yang dilakukan dalam pendekatan ilmu sosial siswa dalam menanamkan karakteristik siswa yaitu dengan metode pendekatan, pengarajaran, mengarahkan.
References
Achmad, M. (2014). Telaah pemikiran Azyumardi Azra tentang modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Ali, M. (2016). Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam. 7(2), 229–246.
Lilis, R. (n.d.). Peran pendidikan berbasis karakter dalam pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah. 8.
Miftahul, J. (2018). Metode Pendidikan Kejujuran yang Ditanamkan Guru dan Orang Tua (Studi Kasus di MIS Darul Ulum Papuyuan Lampihong).
Moch Hasyim Faniri, S., Edy. (2022). Analisi Pendidikan Karakter Buku Teks Aqidah Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2020. 5(2), 715–728.
Nata, A. (2014). Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Ririn Ayu, W. (2015). Sastra dalam pembentukan karakter siswa. 2(2), 63–73.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.Pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R&D ((Bandung Alfabeta)).
Tatag Satria, P. (n.d.). Pendidikan Islam Berbasis Ilmu Sosial Profetik Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Kurikulum 2013 Di Madrasah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 turijan turijan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.