Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Fiqih Anak SD" Anawati

Authors

  • anawati MI Hidayatul Islamiyah

Keywords:

Modul Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Fiqih,, Anak SD

Abstract

Abstrak :penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman fiqih anak SD. Modul ini dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik perkembangan anak SD dan prinsip-prinsip pembelajaran interaktif. Metode pengembangan modul menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang melibatkan tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD dan guru mata pelajaran fiqih. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman fiqih anak SD. Modul ini memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, memfasilitasi pemahaman konsep-konsep fiqih dengan lebih baik.

References

,Daheri, Mirzon, and Idi Warsah. “Pendidikan Akhlak: Relasi Antara Sekolah Dengan Keluarga.” At-Turats 13, no. 1 (2019): 3. https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1285.

Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Ghifary, D H A. PENGARUH MEDIA KOMIK INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERSEBARAN SUMBER DAYA …. repository.unipasby.ac.id, 2020. https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1698/2/2.Abstrak.pdf.

Halimah, I N, and F Indriani. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Abad 21 Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik …, 2021. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/24581.

Lestari, S. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2018. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459.

Maharani, S. “Computational Thinking Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Abad 21.” … PEMBELAJARAN MATEMATIKA ABAD 21, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=CWRaEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA79&dq=pembelajaran+abad+21&ots=ia4fV0FDNW&sig=UMqfcOeNMO4A6Wd7xPB2FZ-QiDU.

Oka, A M, S Sit, I MT, M C Risdianto, S P Masito, and ... APLIKASI UNTUK PEMBELAJARAN ABAD 21. repository.poltekbangplg.ac.id, 2021. http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/44/.

Santa Kusuma Chrisantina, Vita. “Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 5, no. 2 (2021): 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV., 2019.

Wahyuningsih, A. “Pembelajaran Inovatif Abad 21.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2021. http://eprints.umsida.ac.id/8238/.

Yuliana, Y, and I R W Atmojo. “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Interaktif Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Abad 21.” Jurnal Basicedu, 2021. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1733.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles