Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Daring di Sekolah Dasar
Keywords:
Guru Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Daring, Kesiapan GuruAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi tantangan pendidikan daring di Sekolah Dasar. Pendidikan daring menjadi fenomena yang semakin berkembang dalam konteks pendidikan, termasuk dalam pengajaran mata pelajaran agama. Kesiapan guru PAI dalam mengadopsi dan mengintegrasikan pendidikan daring menjadi aspek kritis untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis untuk mengumpulkan data dari guru PAI di Sekolah Dasar melalui kuesioner dan wawancara. Analisis dilakukan terhadap aspek-aspek kesiapan, seperti pemahaman teknologi, ketersediaan sumber daya, kemampuan desain pembelajaran daring, dan dukungan institusional. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran tentang sejauh mana kesiapan guru PAI menghadapi pendidikan daring di Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan pelatihan dan program peningkatan keterampilan bagi guru PAI agar dapat efektif mengelola pendidikan daring.
References
Almah, Uun, Muhammad Ilyas Thohari, and Yorita Febri Lismanda. “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Tengah Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Social Distancing Di SMKN 5 Malang.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2020): 134–43.
Amanudin, Nurmalia. “Penerapan Hidden Curriculum Dalam Menjadikan Generasi Qurani Di SDIT Al Istiqomah Puri Kosambi Karawang.” Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta, 2021.
Chrismawati, Mirna, Ika Septiana, and Elis Dwi Purbiyanti. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar Mirna.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 1928–2934. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/695.
Fatmawati, L, V Y Erviana, and ... “Peningkatan Kompetensi Guru Abad 21 Melalui Pelatihan Pengembangan Media Dan Evaluasi Pembelajaran Berbantuan Free Platform.” … Seminar Nasional Hasil …, 2021. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/7533.
Guswita, Z, and M Mawardi. “Validitas Dan Praktikalitas Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Asam Basa.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 2021. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1331.
Nasution, Mulyadi Hermanto. “Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Vol 5, no. 1 (2020): hal.60.
Priyantoko, and Cahyo Hasanudin. “Digitalisasi Bahan Ajar Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan 5C Siswa Di Era Society 5.0.” Prosiding : Seminar Nasional Daring Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2, no. 1 (2022): 356–65.
Sari, A P. STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH DI ABAD 21. osf.io, 2022. https://osf.io/preprints/quv63/.
Selvida, Desilia, and malinda sari sembiring. “Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi E-Learning Dalam Pembelajaran Daring Pada IAKN Tarutung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 3, no. 2 (2022): 74–78.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV., 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 tuti ida royani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.