Penguatan Karakter Islami dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implementasi Nilai-Nilai Etika dan Moral

Authors

  • anziladiana mts al muhajirin

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Penguatan Karakter Islami, Nilai-Nilai Etika dan Moral

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi nilai-nilai etika dan moral dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai strategi penguatan karakter Islami di kalangan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di beberapa sekolah menengah dengan melibatkan guru-guru Pendidikan Agama Islam dan siswa-siswa mereka. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai etika dan moral dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang karakter Islami, membentuk sikap positif, dan mengembangkan perilaku moral yang baik. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan kurikulum dan pelatihan guru yang berfokus pada penguatan karakter Islami dalam konteks Pendidikan Agama Islam.

References

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018): 79–96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17.

Irawan, Dodi, Karolina Asri, Destriani, Ade Surya, and Ridwan Saleh. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 2 (2022): 219–28. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i4.3225.

Jannah, R. “MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS TEKNOLOGI DIGITAL.” Jurnal Cahaya Mandalika, 2023. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/view/1174.

Kerukunan, Membangun, Antarumat Beragama, Budaya Lokal, Menyama Braya, Denpasar Bali, and Kunawi Basyir. “Membangun Kerukunan Antarumat Beragama Berbasis Budaya Lokal Menyama Braya Di Denpasar Bali.” Religió Jurnal Studi Agama-Agama 6, no. 2 (September 2016): 186–206. https://doi.org/10.15642/RELIGIO.V6I2.603.

Puspitasari, Novi, Linda Relistian. R, and Reonaldi Yusuf. “Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2022): 57–68. https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Umam, Muhamad Khoirul. “Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.” Inarxiv, 2018. https://osf.io/preprints/inarxiv/vxd9g/.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles