Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Darul Hidayah Uman Agung Bandar Mataram Lampung Tengah
Keywords:
Akidah Akhlak, Pembentukan Karakter, ImplementasiAbstract
Penelitian ini mendiskripsikan mengenai implementasi pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap problematika mengimplementasikan pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa yang dihadapi oleh guru, serta diskripsi-diskripsi dari perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi permasalahan yang dihadapi oleh guru akidah akhlak. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, interview, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan tehnik kualitatif. Tehnik ini digunakan unyuk mengolah data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa1) implementasi pendidikan karakter pada perencanaan mata pelajaran akidah akhlak masih bersifat mengkarakterkan perencanaan pembelajaran dan belum menunjukkan perencanaan pembelajaran yang berkarakter. 2) Implementasidalam pelaksanaan Masih bersifat konvensional. Pembelajaran pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran masih menunjuk pola yang sama antara pembelajaran pertama dan berikutnya bahkan pelaksanaan penanaman karakter justru tidak relevan dengan materi yang diajarkan oleh guru akidah akhlak tersebut. Implementasi pendidikan karakter pada tahap evaluasi sudah dilakukan, namun demikian hanya menggunakan satu tehnik yaitu pengamatan.
References
Ali, Muhammad. 2007. Guru Dalam Proses Relajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido
Aly, Hany Noer dan Munzier S. 2003. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Djatmika, Rahmat. 1996. Sistem Etika Islam. Surabaya: Pustaka Panjimas Gunawan,
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Hidayatullah, M.Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yama Pustaka
Ilyas, Yunahar. 2005. Kuliah Akhlak. Yogyakararta: Pustaka Pelajar OffsetKamisa.1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika
Kesuma, Dharma dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik diSekolah. Bandung: Remaja Rosda karya
Koesoema A, Doni.2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grafindo
Mahfudz, Sahal. 1994. Nuansa Fiqih Sosial. Yogyakarta: LKS bekerjasama dengan Pustaka Pelajar
Mahmud, Ali Abdul Halim. Ma’aal-‘Aqidahwaal-Harakahwaal-Manhajfi Khairi Ummatin Ukhrijatlian-Nas,ter. As’adYasin. Jakarta: Gema Insani Press
Majid, Abduldan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda karya
Majid, Abdul. 2004. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Masy’ari, Anwar. 1990. Akhlak Al-Qur’an. Surabaya: Bina Ilmu
Mulyana,E. 2007. Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Nata, Abuddin. 2001. Pemikiran Para Tokoh Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Samin, Sudarman. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung: ALVA BETA.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Relajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Vebrianto,St.,et.al. 1993. Kamus Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Wahyudin. 2009. Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak. Semarang: PT Karya Toha Putra
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.