MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI QURBAN DAN AQIQAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT
Keywords:
Pembelajaran, Kooperatif, Model, TGTAbstract
Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan penguasaan materi pelajaran Agama Islam siswa kelas X MAS Nurul Ulum Muara Burnai II. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah MAS Nurul Ulum Muara Burnai II yang berjumlah 40 Orang. Terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 70,63 dan siklus II 83,88. Jadi dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan pembelajaran kooperatif model TGT berdampak positif dan memiliki keunggulan dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X Sekolah MAS Nurul Ulum Muara Burnai II.
References
Arif, A, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud
Hartoyo, 2000, Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Lie, A, 2008. Cooperative Learning. Jakarta : PT. Gramedia
Marimba, 2004. Pengukuran Keberhasilan Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta
Muhaimin, 2012. Studi Hukum Islam dalam Ragam Dimensi dan Pendekatan. Jakarta: Kencana
Nawawi, 2001. Hasil Belajar dan Keberhasilan Siswa. Jakarta : Sinar Cemerlang Abadi
Ramayulis, 2005, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Rofiq, A, 2002, Hukum-Hukum Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadly, 2007. Hasil Belajar sebagai Ukuran Keberhasilan Pembelajaran. Bandung: Tinta Emas
Solihatin, E, 2007. Analisis Model PembelajaranCooperative. Jakarta : Bumi Aksara
Suprijono, A, 2005, Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syarifuddin, 2003, Garis-Garis Besar Fiqh, Bogor: Kencana
Wahyuni, 2001, Pembelajaran Kooperatif.Jakarta: Pusat Penerbitan UT
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 nurrohim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.