Pengaruh Sikap Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Guru dan Bimbingan Pelajaran Quran Hadis Dalam Keluarga kepada Hasil Belajar
Keywords:
Sikap Peserta didik, Pembelajaran, Bimbingan, Keluarga, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan a) mengetauhui bagaimana sikap peserta didik mengenai hasil belajar guru pembelajaran kepada mata pelajaran quran hadis. b) mengetahui bagaimana mata pelajran Qur’an Hadis dalam bimbinngan keluarga kepada hasil belajar mata pelajaran qur’an hadis. c) mengetahui bagaimana sikap peserta didik mengenai hasil pembelajaran Qur’an Hadits dalam lingkungan keluarga. Populasi penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII MTs Darul Muslim yang berjumlah 53 peserta didik. Sampel diambil dengan cara Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan formulir pertanyaan. Hasil penelitian 1) adanya pengaruh signifikan yang bersifat positif mengenai sikap peserta didik terhadap hasil pembelajaran Qur’an Hadits.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------------------, 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
-----------------------, 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, Sutrisno. 1987. Metodologi Research I, II, III. Yogyakarta: Andi Offset
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
---------------------. (2009). Meted Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
---------------------. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seh Maulana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.