Cerita Siswa Kelas IV MIS Bustanul Ulum Melalui Pendekatan Area Isi
Keywords:
Apresiasi Sastra, Bacaan Cerita, Pendekatan Area IsiAbstract
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dalam mengapresiasi bacaan cerita di MIS Bustanul Ulum melalui pendekatan isi. Tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan unsur-unsur yang membentuk cerita, nilai-nilai yang terkandng dalam cerita dan memberikan tanggapan tertulis tentang isi cerita. Setelah tindakan dilakukan dengan menerapkan pendekatan area isi dalam pembelajaran apresiasi sastra, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) 80% dari siswa bisa menemukan unsur-unsur yang membentuk cerita dengan benar, (2) 75% dari siswa dapat menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita dengan benar, dan (3) 80% dari siswa bisa memberikan tanggapan tertulis tentang isi cerita dengan bahasa kronologis yang mudah dipahami
References
Aminuddin. 1995. Pemahaman dan Penikmatan Bacaan Sastra bagi Anak SD . Malang: PPS IKIP Malang
Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar: GBPP SD. Jakarta: Depdikbud Effendi, S. 1993. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakarta: Tangga Pustaka Alam
Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.
Goleman, D. 1995. Emotional Intelegence (Kecerdasan Emosional). Terjemahan
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65
Hermaya, T. 1996. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Holdaway, D. 1986. Independece in Reading. Sydney: Ashton Scolastic
Huck, C., dkk. 1987. Children Literature in the Elementary School. Chicago: Rand McNallyColledge Publishing Company
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dedek Kuswara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.