Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilai- Nilai Akhlak Siswa Di MAN Insan Cendekia Bangka Tengah
Keywords:
Pembelajaran, Pengembangan, Nilai-nilai dan AkhlakAbstract
Penelitian ini mengemukakan tentang peran pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan nilai-nilai akhlak siswa kelas X di MAN Insan Cendekia Bangka Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam terkait proses pembelajaran akidah akhlak di MAN Insan Cendekia Bangka Tengah, meliputi pelaksanaan atau proses pembelajaran akidah akhlak dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan nilai- nilai akhlak siswa.Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran akidah akhlak atau pendidik, siswa atau peserta didik kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengamatan atau observasi, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Proses analisis data yakni dengan menelaah seluruh data dari hasil observasi, hasil wawancara, dan dokumenter yang berhubungan dengan pembelajaran akidah akhlak dalam, pengecekan keabsahan temuandilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti. Penelitian yang lakukan dapat disimpulkan bahwasanyaproses pembelajaran akidah akhlak guru menjalankan tugasnya sesuai dengan kurikulumyang berlaku,dimana terlihat ketika siswa mampu membiasakan mengucakan salam dan menjawab salam, serta mampu melafalkan asma’ al husna. Dalam pengembangan nilai-nilai akhlak siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor keluarga, lingkungan sekolah dan masyarakat.
References
Arifin, Muzayyin. Kapita Selekta Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara. 2003. Aini, Marhamah. Pengaruh-Teknologi-Zaman-Now-terhadap-Moral-dan-Akhlak-Peserta Didik. https://lintasgayo. com.
Arifin M. Ilmu Pendidikan Islam .Jakarta: Bumi Aksara. 2011
Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Balai Pustaka. 2003
D. Fajar Ahwa, “Implikasi Pendidikan Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswi Madrasah Aliyah Ashri Di Pondok Pesantren As Shiddiqi Puteri, Jember: Institut Agama Islam Negeri,” vol. 14, no. 1 .2015
Hajaru, Fajar, dan H Hardivizon. “Individual Experience dan Persepsi Pedagang: Relasi Pengalaman Individual Dan Persepsi Pedagang Terhadap Bank Syariah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 1 (2016): 89–104. doi:10.29240/jie.v1i1.63.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, cet. 4. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2005
Mahmud, Ali Abdul Halim, Akhlak Mulia, cet. 1. Jakarta: Gema Insani. 2004 Rofiah, Nurul Hidayati, “Desain Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak Di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: UnXersitas Ahmad Dahlan,” vol. 8, no. 1. 2016.
PGMI 1e 2014 IAIN Tulung agung. Artikel-Pendidikan-Moral-bagi-Anak-Didik-di-Era Globalisasi. http://pgmi1e2014iainta.wordpress.com.
Syahid, Akhmad Mawardi. Kurikulum Plin-Plan (Implementasi Kurikulum di Era Galau). Amuntai: Hemat Publishing. 2014.
Uniarti,“Kepribadian Penerapan Pendidikan Akhlak dan Fungsinya terhadap Peningkatan Siswa RA Az-zahrah”, Skripsi. Makassar: Fak. Terbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. 2011
Yusuf, Muhammad Hasan. Etika Tidur Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, terj. Saiful Aziz. Solo: Media Zikir. 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abd.Rahman Sidik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.