Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an
Keywords:
Metode, Pendidikan, Al-Qur’anAbstract
Metode adalah seperangkat jalan atau cara yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran agar peserta didik bisa mencapai tujuan pembelajaran dan kompetensi tertentu. Banyak ayat Al-Qur’an yang menggambarkan penggunaan metode dalam pendidikan. Dintaranya dapat kita temukan dalam Surat Ali Imran ayat 159, Al-Maidah ayat 67, An Nahl Ayat125, Al-A’raf Ayat 176-177 dan surat ibrahim ayat 24-25. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan kajian literatur kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode pembelajaran atau pendidikan dalam al-Qur’an. Berdasarkan pembahasan ditemukan metode pendidikan dalam al-Qur’an di antaranya metode Hiwar, tabligh, Amtsal, Qudwah, Hikmah, Ibrah dan Mau’idzah
References
Abdullah, 2002, Tafsir Ibnu Katsir Jilid 3, Jakarta: Penebar Sunnah
Ahmadi, Abu, 2005, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia
Al-Mahalli, Imam Jalaluddin dan Imam As-Sayuthi, Jalaluddin, 1995, Terjemahan Tafsir Aljalalain jilid 2, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Al-Maroghi, Ahmad Mustofa, 1987, Tafsir Al-Maroghi, (terjemah), Semarang: Toha Putra
Al-Qurthubi, Tafsir Al-Qurthubi, 2008, penerjemah Dusi Rosyadi, Nashirul Haq, Fathurrahman, editor, Ahmad Zubairin, Jakarta: Pustaka Azzam
Arief, Armai, Dr. M.A. 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers
Ash-Shiddieqy, Hasbi, 1969, Tafsir Al- Qur’anul Madjid”Annur” juz xv, Jakarta: Bulan Bintang
Ath-Thobarii, Ja’far Muhmaad ibn Jarir, 1996, Tafsir Ath-Thobari ; Jami’ul BAyan Ta’wilul Qur’an, Bairut-Libanon: Darul kutubul Ilmiuah.
Ismail, Faisal, 1992, Dakwah Pembangunan; Metodologi Dakwah, Yogyakarta: Penerbit Prop. DIY
Mohammad, Omar, 1979, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang.
Ramayulis dan Nizar, Samsul, 2009, Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta: Kalam mulia.
Tafsir, Ahmad, 1994, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Ridwan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.