Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI MI Darussalam Kota Bengkulu

Authors

  • Helma Juwita MIS Darussalam Kota Bengkulu

Keywords:

Hasil Belajar IPA,Pendekatan Saintifik

Abstract

Untuk mengetahui  peningkatan hasil belajar IPA materi perkembang - biakan tumbuhan siswa kelas VI.B semester I MI Darussalam Kota Bengkulu tahun pelajaran 2019/2020,melalui pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (Mujiman, 2007: 34) dengan tiga tahapan yaitu Perencanaan Tindakan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Action)  dan Pengamatan  (Observation) serta Revleksi (Revlection). Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas VI.B semester I MI Darussalam Kota Bengkulu tahun pelajaran 2019/2020. Setelah diadakan  penelitian  dengan menggunakan pendekatan Saintifik pada siklus-I ketuntasan hasil belajar siswa 71,43% (20 anak dari28 anak), yang belum tuntas 28,57% (8 anak dari 28 anak). Sedang penelitian pada siklus-II ketuntasan belajarsiswa mencapai 100%. Penggunaan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar anak, indicator keberhasilan itu meningkatnya hasil belajar anak menjadi 100% setelah dilaksanakan dengan pendekatan Saintifik. Hal ini disebabkan dengan pendekatan Saintifik anak lebih aktif dan lebih mandiri sehingga daya serap anak meningkat. Bagi guru Sekolah Dasar hendaknya dalam melakukan proses Pembelajaran menggunakan pendekatan Saintifik agar hasil yang  diperoleh anak optimal, karena dengan pendekatan Saintifik anak langsung mendapat pengalaman dari alam atau lingkungan

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Azhar, Ahmad 2012. Peranan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di SD/MI. Jakarta: Rineka Cipta

Darmojo, Hendro dan Jenny R.E. Kaligis. 2014. Pendidikan IPA 2 Jakarta : Depdiknas

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hadiat. 2013. Alam Sekitar Kita 3 : Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Sekolah Dasar Kelas 6. Jakarta Depdiknas.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Haryanto, 2014. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nur, M. & Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya University Press.

Samatowa, Usman 2018. Model Inovasi Pembelajaran Herbarium. Tanggerang : Tira Smart

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Siddiq, M.Djauhar. 2008. Pengembangan Pembelajaran SD. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas

Sutrisno, Leo dan Heri Kresnadi, Kartono. 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas

Universitas Negeri Malang. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang:UNIVERSITAS NEGERI MALANG.

Yasa, Doantara. 2008. Contekstual Teaching And Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2022-09-16

Issue

Section

Articles