Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Powerpoint Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V MIN 1 Bengkulu Selatan

Authors

  • Buby Syaputra MIN 1 Bengkulu Selatan

Keywords:

Aktivitas, Model Discovery Learning, Power Point

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VI MIN 1 Bengkulu Selatan dengan menerapkan model Discovery Learning berbantuan aplikasi powerpoint. Didasari dengan kurangnya aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung sehingga prestasi belajar peserta didik kurang memuaskan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan system siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Penilaian hasil observasi pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan model Discovery Learning berbantuan aplikasi powerpoint pada siklus I memiliki persentase 66,67% (kategori aktif) dan siklus II memiliki hasil 77,78% (kategori aktif). Hasil tes evaluasi peserta didik pada siklus I yang tuntas memiliki persentase sebesar 61,11% sedangkan yang tidak tuntas 38,89%, sedangkan hasil tes evaluasi peserta didik pada siklus II yang tuntas memiliki persentase 77,78% dan yang tidak tuntas 22,22%, hal ini berarti aktivitas siswa terjadi peningkatan sebesar 11,11% sedangkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,67%. Dengan demikian penggunaan model Discovery Learning berbantuan aplikasi powerpoint pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VI 1 MIN Bengkulu Selatan

References

Arikunto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik K-13. Jakarta: Gava Media.

Hadi, M. Syamsul. 2008. Mahir Power Point 2007 dalam 240 Menit. Surabaya: Tiara Aksa.

Lina, Herlina. 2022. Menerapkan model discovery learning untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada materi transformasi dalam PTM terbatas. 22(1), 42-58.

Maskun & Valensi. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyasa. 2005. Hasil Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Gramedia.

Ruseffendi, E.T (1988). Pengantar kepada Membantu Guru untuk mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2022-10-03

Issue

Section

Articles