Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa

Authors

  • Ahmad Sebli MIN 1 Bungo Jambi

Keywords:

Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak, Pendidikan Karakter siswa

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pembelajaran Aqidah akhlak di masa sekarang ini adalah urgen di dalam pendidikan, sebab tidak dapat dipungkiri oleh manusia pada saat ini setiap ucapan dan perbuatan harus berlandaskan dengan pembelajaran Aqidah Akhlak. Pembelajaran Aqidah Akhlak tidak hanya menekankan pada aspek intelektual semata tetapi juga sangat ditekankan pada asfek karakter. Pendidikan karakter amat diperlukan apalagi di sekolah, walaupun hakikatnya dasar dari penerapan pendidikan karakter yang paling utama harus ditanamkan melalui pendidikan di dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di Min satu Bungo, Peran pembelajaran Aqidah Akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan Karakter siswa di MIN satu Bungo

References

A.Tabrani dkk. Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru Sekolah Dasar (t.tp. Inti Media Cipta Nusantara, 2001

Akhmad muhaimin azzet. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011

Anis MattaMuhammad, Membentuk Karakter Cara Islami,Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat, 2003 Arismantoro.Tinjauan Berbagai aspek Character Building Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008

Dharma Kesuma, dkk., Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at- tibyan.v6i2.3316.

Hurlock Elizabeth B. Perkembangan Anak, diterjemahkan oleh Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Penerbit Erlangga, t. th.

Mansyur. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Diyjen Binbaga Islam, 2009

Muhammad Anis MAtta, Membentuk Karakter Cara Islami,Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat, 2003 Nazir. Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009

Nizar, Samsul dan Zainal Efendi Hasibuan, Hadits Tarbawi: Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasulullah, Jakarta: Kalam Mulia, 2011

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2002 Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011

Syahidin. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Bandung: Alfabeta, 2009 Tabrani. A. dkk. Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru Sekolah Dasar (t.tp. Inti Media Cipta Nusantara, 2001

Yaljan Migdad, Kecerdasan Moral Aspek Yang Terlupakan. Yogyakarta: Fahima, 2004.

Zakiyah drajat dkk, Ilmu Pengetahuan Islam, Jakarta, Bumi Aksara dan Direktorat Jenderal Pebinaan Kelembagaan Agama Islam Depertemen Agama, 1996

Downloads

Published

2022-10-04

Issue

Section

Articles