Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits

Authors

  • Agus Purnama MI Miftahul Ulum Kota Baru Padang Ratu

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Al-Qur’an, Hadits

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar untuk mengajarkan ketaatan kepada Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa dan Nabi Muhammad sebagai Rasul-Nya melalui proses pembelajaran, agar peserta didik dapat mengembangkan kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, akhlak, kecerdasan, Aktif mengembangkan potensi akhlak, nilai-nilai luhur. Keterampilan yang dibutuhkan oleh diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey kepustakaan. Materi pembelajaran pendidikan agama Islam sekurang-kurangnya meliputi tiga aspek utama: (1) Keilmuan, (2) Iman, Islam, ihsan, dan (3) Akhlak. Al-Qur'an dan Hadits memiliki nilai-nilai pendidikan yang menjadi dasar manusia dan merupakan sumber terpenting pendidikan manusia. Pendidikan adalah dan merupakan upaya menjadikan manusia manusia yang bermoral. Semakin banyak orang yang taat, semakin taqwa, dan semakin dekat dengan Allah SWT

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Arifin, S. 2021. Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist Tentang Materi Pendidikan Agama Islam. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan. 22 (1). 78 (88).

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Jalaludin. 2001. Teologi Pendidikan Islam. Jakarta

Kartiningsih, Eka Diah. 2015. Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan. Mojokerto Majapahit.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Maslani dan Ratu Suntiah, 2019. Materi Pelajaran Perspektif Hadits, Bandung: Jurnal Perspektif. 3 (1). 25-46

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Sahrodin. 2021. Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman. 7 (1). 133-152.

Septiani, I., Muhammad, D.H & Susandi, A. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Dan Hadist. 12 (2). 23-32.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Downloads

Published

2022-10-05

Issue

Section

Articles