Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI MI Sinar Galuh

Authors

  • Dede Suryaman MI Sinar Galuh

Keywords:

Metode STAD, Hasil pembelajaran, Bilangan bulat

Abstract

Pembelajaran Matematika yang dilaksanakan di kelas VI MI Sinar Galuh belum menghasilkan ketuntasan sesuai dengna nilai yang diharapkan dan masih ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (70). Dari 16 siswa kelas VI, hanya 5 siswa yang mencapai KKM (31,25%), dan yang belum mencapai KKM sebanyak 11 students (68,75%)Idengna rata-rata nilai pembelajaran matematika adalah 56,25. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki nilai pembelajaran matematika pada kelas VI MI Sinar Galuh dengan mengimlementasikan model pembelajaran STAD. Dengan menggunakan metode STAD ini diharapakan akan meningkatkan hasil pembelajaran yan lebih baik.. berdasarkan analisis dari data dan diskusi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran matematika tipe STAD yang dilaksanakan di MI Sinar Galuh mampu meningkatkan hasil pembelajaran Matematika di kelas VI terkhusus pada materi operasi hitung campuran bilangna bulat. Sehinnga diharapankan para guru MI Sinar Galuh dapat mengimplementasikan pembelajaran kooperatif model STAD pada pelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan nilai dan hasil pembelajaran Matematika.

References

Daud Damanhuri, Mahmud. 2011. Pendidikan IPA Sekolah Dasar. Pekanbaru: UR

Depdiknas. 2003. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas

Dimyati, dan Mujiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif: Mencerdaskan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Prihandoko, 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika secara benar dan menarik. Jakarta: Dediknas

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pres

Downloads

Published

2022-10-05

Issue

Section

Articles