Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI MI Sinar Galuh
Keywords:
Metode STAD, Hasil pembelajaran, Bilangan bulatAbstract
Pembelajaran Matematika yang dilaksanakan di kelas VI MI Sinar Galuh belum menghasilkan ketuntasan sesuai dengna nilai yang diharapkan dan masih ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (70). Dari 16 siswa kelas VI, hanya 5 siswa yang mencapai KKM (31,25%), dan yang belum mencapai KKM sebanyak 11 students (68,75%)Idengna rata-rata nilai pembelajaran matematika adalah 56,25. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki nilai pembelajaran matematika pada kelas VI MI Sinar Galuh dengan mengimlementasikan model pembelajaran STAD. Dengan menggunakan metode STAD ini diharapakan akan meningkatkan hasil pembelajaran yan lebih baik.. berdasarkan analisis dari data dan diskusi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran matematika tipe STAD yang dilaksanakan di MI Sinar Galuh mampu meningkatkan hasil pembelajaran Matematika di kelas VI terkhusus pada materi operasi hitung campuran bilangna bulat. Sehinnga diharapankan para guru MI Sinar Galuh dapat mengimplementasikan pembelajaran kooperatif model STAD pada pelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan nilai dan hasil pembelajaran Matematika.
References
Daud Damanhuri, Mahmud. 2011. Pendidikan IPA Sekolah Dasar. Pekanbaru: UR
Depdiknas. 2003. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas
Dimyati, dan Mujiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamzah. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif: Mencerdaskan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Prihandoko, 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika secara benar dan menarik. Jakarta: Dediknas
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pres
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dede Suryaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.