Efektivitas Pendekatan Metode Diskusi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kelas V
Keywords:
Efektifitas Metode Diskusi, Prestasi Belajar, Soal Cerita MatematikaAbstract
Hasil belajar siswa pada pelajaran matematika dalam menyelesaikan soal cerita sangat rendah, guru tidak bisa menciptakan proses pembelajaran yang efektif, metode yang digunakan kurang cocok, siswa kesulitan dalam memecahkan masalah pada soal cerita, prestasi belajar yang dihasilkan siswa sangat rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PTK, (Penelitian tindakan kelas) tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan replanning, tes dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak kelas V MIS GUPPI No.13 Tasikmalaya, data yang dianalisis adalah data peningkatan prestasi belajar siswa terhadap soal-soal cerita matematika yang diukur dari aspek kognitif yang berupa soal pre-test dan post-tes , aktivitas anak dalam proses pembelajaran siklus I,II,dan III. Hasil penelitian pada siklus 1 dari 24 siswa,ketuntasan belajar adalah mencapai 10 orang (55,66%) dan siklus ke II ketuntasan belajar adalah 15 orang (62,5%), dan siklus ke III ketuntasan belajar mencapai 24 orang (100%). Dari hasil observasi sklus I terdapat 1 kelompok (25%) yang mempunyai nilai minimal baik, pada siklus ke II mengalami peningkatan yaitu menjadi 3 kelompok (75%) dan pada siklus ketiga keseluruhan kelompok memiliki nilai minimal baik yaitu 4 kelompok (100%). Adanya peningkatan aktivitas anak dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar dan aktivitas siswa pada setiap siklus (dari siklus I,II dan III), dan sudah memenuhi target yang di inginkan, yaitu ketuntasan minimal > 75% dari seluruh peserta didik
References
Anissatul, Mufarrokah, 2009 Strategi Belajar Mengajar. Ygyakarta, Teras
Arikunto Suharsimi1997. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka cipta
azyumadi Azra, 1998. Esai – Esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Logis wacana ilmu. Jakarta: Boeree George, 2006, Metode pembelajaran dan pengajaran. Jogjakarta, Ar–ruzz
DEPDIKBUD, 1995. Himpunan Peraturan Tentang Sekolah Dasar. Dirrjen dikdaskmen: Jakarta
DEPDIKBUD,1996 Himpunan Peraturan Tentang Sekolah Dasar. Depdikbud dikdasmen. Jakarta
Djamarah, 1996. Strategi belajar mengajar Rineka cipta, Jakarta
Hasan Shadily, 1983. EnsiklopediaIndonesia, Ikhtisar Baru, Jakarta:
http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/ Estina Ekawati, S.Si, M.Pd.Si,
http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2063170-soal-cerita matematika/#ixzz2WXbF0JAS,
Hudoyo, Suherman. 2003 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. UNM: Malang
Husaini Usman, Metodologi Penelitian Sosial, 2003. Jakarta: Bumi Aksara,
Martinis yamin, 2008. Desain pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan, Gaung persada: Jakarta
Mathew.B.Miles, Alih bahasa tjeejep rohendi rohidi, Analisis data kualitatif, UI Press. Jakarta
MENPAN, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI. Menpan Jakarta
Miftahul huda, 2011. Cooperative learning, Putaka pelajar, Jakarta
Moejiono dan dimyati, 1992. Strategi belajar mengajar, Depdikbud dirjen proyek pembinaan tenaga kependidikan. Jakarta.
Poerwadarminta, 1993. Kamus besar bahasa Indonesia, Balai pustaka, Jakarta
Purwanto, Ngalim. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Rineka Cipta Jakarta
Rostiyah, 1991. Strategi belajar mengajar. Rine ka cipta. Jakarta
Rostiyah, 2008. Strategi belajar mengajar. Rineka cipta.Jakarta
Roy Holland, 1993 Kamus matematika, erlangga. Jakarta
Ruseffendi, 2000. Pengajaran Matematika Modern. Tarsito Bandung
Staf PPPPTK Matematika./#ixzz
Sudarsono, 1997. Pedoman pelaksana Penelitian Tindakan Kelas Dikti. Jakarta Undang–Undang RI No.20 tahun 2003
Sudjono anas. 1993, Pengantar statistic Jakarta Rajawali press:
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Desi Weliyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.