Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Kelas XII MIPA Di MA Nurul Ihsan Pangkalniur Bangka
Keywords:
Metode Diskusi dan Motivasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian dilakukan dengan latar belakang adanya sikap siswa yang kurang positif terhadap pelajaran akibat kurangnya motivasi belajar siswa dan metode pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Nurul Ihsan Pangkalniur Bangka melalui penggunaan metode diskusi dengan jumlah siswa 25 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Variabel yang di ukur adalah motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui lembaran observasi, kemudian aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi dan data di analisis secara deskriptif. Metode penelitian dilakukan dengan cara mengobservasi aktivitas siswa guru dan motivasi belajar selama 4 kali pertemuan yang dibagi menjadi 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dengan rata-rata siklus I Sebesar 50% sekitar 12 siswa presentase kenaikan motivasi belajar siswa pada tahap satu setelah adanya tahap pra tindakan, pada tindakan I sebesar 70% sekitar 17 siswa menunjukkan keberhasilan metode diskusi dalam meningkat motivasi belajar para siswa. Dilanjutkan dengan kenaikan sebesar 85% sekitar 21 siswa pada tahap tindakan II.
References
Ajah, Nyai. (2012). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Pangkalan Kota Sukabumi. Jakarta: Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah.
Amanatu Rizkiya, Chalimatus Sa’dijah, Fita Mustafida, Pendidikan Agama Islam , Universitas Islam Malang, Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Pokok Akhlak Terpuji Kelas X MIPA 1 MAN 1Kota Malang
Ardiansyah, Arief. (2018). Empat Aturan Manajemen Kelas untuk Perilaku Guru Efektif di Madrasah. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 89-96. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/articel/view/1712/1950
Chairunnisa E.Pulungan, Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Bidang Akidah Akhlak Kelas XA Madrasah Aliyah Subulasalam Sayurmancat. Kota Tanopan Kab. Mandailing Natal
Daud, Firdaus. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Amanatu Rizkiya, Chalimatus Sa’dijah, Fita Mustafida
Djamaroh, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Mustafida, Fita. (2019). Pembelajaran Nilai Multikultural di dalam Budaya Madrasah di MIN 1 Kota Malang. Pendidikan Multikultural: Jurnal Pendidikan Multikultural. http://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/articel/view/2550/2401
Pendidikan dan Pembelajaran, 243-254. http://journal.um.ac.id/index.php./pendidikan-dan-pembelajaran/article//view/3475/626
Suprihatin, Siti. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI : Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Syarif, Izuddin. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. http://journal.uny.ac.id/index.php./jpv/article/view/1034
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Karmila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.