Pembelajaran Abad 21: Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter Akhlak Melalui Pembelajaran Stad Dan Pbl Dalam Kurikulum 2013
Keywords:
Student Team Acvievement Division, Probem Based Learning, Karakter AkhlakAbstract
Karakter akhlak dalam abad 21 dapat dibentuk dengan meningkatkan aspek pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Student Team Achievement Division (STAD) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap pembentukan karakter akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimen dengan desain posttest only control design. Penelitian ini menggunakan dua subjek kelompok dengan dua kelas eksperimen sebanyak 63 siswa. Data pengujian hipotesis uji-t 2 sampel tak berkolerasi diperoleh dengan soal essay berdasarkan indikator. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model pembelajaran STAD memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap pembentukan karakter akhlak siswa dibandingkan dengan model pembelajaran PBL. Sehingga model STAD dapat dijadikan solusi pembelajaran abad 21.
References
A. E. (2019). Understanding of mathematical concepts in the linear equation with two variables: Impact of e-learning and blended learning using google classroom. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270.
Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Refika Aditama.
Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 17–23.
Alim, A., Sarwi, S., & Subali, B. (2019). Implementation of ethnoscience-based guided inquiry learning on the scientific literacy and the character of elementary school students. Journal of Primary Education, 8(5), 139–147.
Andari, T., Lusiana, R., & Suherman, S. (2020). Teaching material topology: development in metacognitive ability. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 012021.
Anggoro, B. S., Efendi, H., & Suherman, S. (2019). The impact of ethnomathematics- based probing-prompting learning method on class ix smp negeri 2 way tenong students’mathematical communication skills year 2016/2017. Asian Journal of Current Research, 1–8.
Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231–246.
Bovill, C., & Woolmer, C. (2019). How conceptualisations of curriculum in higher education influence student-staff co-creation in and of the curriculum. Higher Education, 78(3), 407–422.
Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh penggunaan model problem-based learning terhadap karakter kreatif dan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 1.
Calvo-Ferrer, J. R. (2017). Educational games as stand-alone learning tools and their motivational effect on l 2 vocabulary acquisition and perceived learning gains. British Journal of Educational Technology, 48(2), 264–278.
Chen, C.-H., & Law, V. (2016). Scaffolding individual and collaborative game-based learning in learning performance and intrinsic motivation. Computers in Human Behavior, 55, 1201–1212.
Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2).
Eren, A., & Çetin, G. (2019). Pre-service teachers’ beliefs about the teaching profession, curriculum orientations, and personal responsibility. Curriculum Perspectives, 39(1), 19–32.
Gumanti, A. A. M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2018). Pengaruh pembelajaran dengan musik klasik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 393–399.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Han, H., & Jeong, C. (2014). Improving epistemological beliefs and moral judgment through an sts-based science ethics education program. Science and Engineering Ethics, 20(1), 197–220.
Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan pbl ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis, serta self-esteem siswa smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48–57.
Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: the effect on mathematical communication skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814.
Hasanah, U. N., Thahir, A., Komarudin, K., & Rahmahwaty, R. (2019). Murder learning and self efficacy models: Impact on mathematical reflective thingking ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123–1135.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25–29.
Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran penerapan model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213–218.
Huda, S., Komarudin, K., Suherman, S., Syazali, M., & Umam, R. (2020). The effectiveness of al-qurun teaching model (atm) viewed from gender differences: The impact on mathematical problem-solving ability. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 012001.
Huda, S., Rinaldi, A., Suherman, S., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetiyo,
I. (2019). The application of differential equation of verhulst population model on estimation of bandar lampung population. Journal of Physics: Conference Series, 1155, 012017. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012017
Kavanagh, C. M., Jong, J., McKay, R., & Whitehouse, H. (2019). Positive experiences of high arousal martial arts rituals are linked to identity fusion and costly pro‐group actions. European Journal of Social Psychology, 49(3), 461–481.
Khalistyawati, M., & Muhyadi, M. (2018). Pengaruh model STAD dan jigsaw terhadap karakter kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2).
Khery, Y., & Supriani, D. (2014). Pengaruh strategi pengembangan keahlian berpikir divergen dengan stad terhadap karakter berpikir divergen konvergen dan kemampuan berpikir siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2(1), 153–160.
Kim, D. (2018). A study on the influence of korean middle school students’ relationship through science class applying stad cooperative learning. Journal of Technology and Science Education, 8(4), 291–309.
Malihah, E., & Kumalasari, K. (2019). Wayang kulit as a medium learning character. International Conference Primary Education Research Pivotal Literature and Research UNNES 2018 (IC PEOPLE UNNES 2018).
Maulana, I., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis kebijakan pendidikan anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 657–665.
Meerbaum-Salant, O., Armoni, M., & Ben-Ari, M. (2013). Learning computer science concepts with scratch. Computer Science Education, 23(3), 239–264.
Mujib, Mardiyah, Suherman, M, R. R., Andriani, S., Suyitno, H., Sukestiyarno, & Junaidi,
Muthoharoh, A. I. (2015). Pendidikan nasionalisme melalui pembiasaan di sd negeri kuningan 02 semarang utara. Unnes Civic Education Journal, 1(2).
Mylopoulos, M., Steenhof, N., Kaushal, A., & Woods, N. N. (2018). Twelve tips for designing curricula that support the development of adaptive expertise. Medical Teacher, 40(8), 850–854.
Nabilah, I., Khoiriah, I., & Suyadi, S. (2019). Analisis perkembangan nilai agama-moral siswa usia dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 192– 203.
Nadifah, U. (2019). Upaya meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak dengan menerapkan model pembelajaran kolaborasi pada siswa kelas vb min 3 madiun. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 2(3), 52–56.
Nasution, M. (2017). Upaya meningkatkan moral pada anak melalui pembiasaan berbagi di ra nurul huda karang rejo kecamatan stabat. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 84–100.
Nendi, F. (2017). Implementasi pembelajaran memperkuat pendidikan karakter bangsa. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 221–230.
Nikmah, E. H., Fatchan, A., & Wirahayu, Y. A. (2016). Model pembelajaran student teams achievement divisions (stad), keaktifan dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(3), 1–17.
Olfah, H. (2017). Membentuk karakter pada anak usia dini. An-Nahdhah, 10(2), 175– 190.
Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). The effect of cooperative learning models of stad type on class v science learning learning sd. International Journal Of Educational Dynamics, 1(2), 47–53.
Prayogo, E., & Suyadi, S. (2019). Pembelajaran pendidikan agama islam di era revolusi 4.0. Dengan pendekatan humanistik di smp muhammadiyah al mujahidin gunung kidul. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 186–199.
Pulungan, F. R. (2012). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis pendidikan karakter terhadap perubahan karakter dan kemampuan menyelesaikan masalah fisika. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 4, 38–43.
Purnami, A. S., Widodo, S. A., & Prahmana, R. C. I. (2018). The effect of team accelerated instruction on students’ mathematics achievement and learning motivation. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012020.
Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan bahan ajar dan instrumen penilaian ipa tema indahnya negeriku penyempurnaan buku guru dan siswa kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–78.
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238.
Rakhmawati, S., & Azmi, N. (2016). Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 ditinjau dari standar proses dalam pembelajaran biologi kelas x di sma negeri 1 krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 156–164.
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.
Rany, W., Suherman, S., Anggoro, B. S., Negara, H. S., Yuliani, M. D., & Utami, T. N. (2020). Understanding mathematical concept: the effect of savi learning model with probing-prompting techniques viewed from self-concept. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 012060.
Retnawati, H., Hadi, S., & Nugraha, A. C. (2016). Vocational high school teachers’ difficulties in implementing the assessment in curriculum 2013 in yogyakarta province of indonesia. International Journal of Instruction, 9(1), 33–48.
Rokhman, F., Hum, M., & Syaifudin, A. (2014). Character education for golden generation 2045 (national character building for indonesian golden years). Procedia- Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.
Santoso, M. H., & Setyawati, E. (2019). Pengembangan aplikasi asmaul husna untuk smartphone dengan sistem operasi android. Media Aplikom, 11(1).
Shawmi, A. N. (2016). Analisis pembelajaran sains madrasah ibtidaiyah (MI) dalam kurikulum 2013. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 121– 144.
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14.
Sugiharta, I. P. S. O., & Sudarsana, I. K. (2017). Hypnotic learning characteristics on sisya brahmakunta community in denpasar. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 1(2), 132–145.
Suherman, S., Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., Laksono, P., & Amiruddin, A. (2020). Improving higher order thinking skills (hots) with project based learning (pjbl) model assisted by geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 012027.
Suyadi, S., Destiyanti, A. Z., & Sulaikha, N. A. (2019). Perkembangan nilai agama-moral tidak tercapai pada anak usia dasar: Studi kasus di Kelas VB SD Muhammadiyah Karang Bendo Yogyakarta. Jurnal Psikologi Islam, 6(1), 1–12.
Tansliova, L. (2018). Nilai–nilai karakter bangsa pada novel “ranah 3 warna” dan “rantau 1 muara” karya ahmad fuadi serta kontribusinya terhadap pendidikan karakter. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).
Tarim, K., & Akdeniz, F. (2008). The effects of cooperative learning on Turkish elementary students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics using TAI and STAD methods. Educational Studies in Mathematics, 67(1), 77–91.
Tohir, M., & Abidin, Z. (2018). Students creative thinking skills in solving two dimensional arithmetic series through research-based learning. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1), 012072.
Ugwu, E. O. (2019). Effect of student teams achievement division and think-pair-share on students’ achievement in reading comprehension. African Journal of Teacher Education, 8, 218–237.
Ulfah, U., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2017). Students’ mathematical creative thinking through problem posing learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 012097.
Wahyuni, D., Sudarisman, S., & Sugiyarto, S. (2015). Efektivitas implementasi pembelajaran model problem based learning (pbl) diintegrasikan dengan predict– observe–explain (poe) terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kreativitas dan kemampuan inferensi siswa. Inkuiri, 4(1), 47–62.
Wahyuni, P. (2020). The effect of cooperative learning type student teams achievement division (stad) on understanding mathematical concepts in class viii students of mts n pekanbaru. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 168–172.
Wahyuningsih, S. (2018). Promoting children’s spiritual intelligence and personality development. Jurnal Penelitian, 189–201.
Wansheng*, Z., & Wujie, N. (2004). The moral education curriculum for junior high schools in 21st century China. Journal of Moral Education, 33(4), 511–532.
Yasin, M., Huda, S., Komarudin, S., Suherman, S., Septiana, R., & Palupi, E. K. (2020). Mathematical critical thinking ability: The effect of scramble learning model assisted by prezi in islamic school. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 012007.
Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019). Flip builder: Pengembangannya pada media pembelajaran matematika. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–127.
Zaini, H. (2015). Karakteristik kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 15–31.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad, 21(10).
Zuhri, K. (2017). Korelasi prestasi belajar akidah akhlak dengan perilaku keagamaan siswa di madrasah aliyah sunan gunung jati gurah kediri. Spiritualita, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mahmudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.