Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Card Sort Pada Tematik Subtema I Kelas I
Keywords:
Sortir Kartu PenelitianAbstract
Hasil belajar adalah sesuatu yang dicapai atau diperoleh setelah proses belajar mengajar. Keberhasilan belajar siswa dapat dilihat dari prestasi belajarnya, dimana prestasi belajar merupakan gambaran hasil belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar pada jenjang yang diikutinya. Dugaan penelitian bahwa pemilihan jenis card sort dalam pembelajaran tematik memudahkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Latar belakang permasalahan tersebut adalah siswa cenderung berperan tidak aktif dalam proses pembelajaran karena penggunaan model yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan tipe card sort terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik siswa kelas 1. Apakah penerapan jenis kartu sortir dalam pembelajaran tematik mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dan siklusnya, setiap siklusnya dilakukan melalui proses kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas 1. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan angket. Kemudian data ini dianalisis menggunakan rumus persentase. sebuah). Guru sudah siap dengan proses perencanaan tipe kartu sortir pada siklus I dengan persentase 72,2% dan siklus II dengan persentase 83,3%.b). Hasil ketuntasan belajar siswa pada kegiatan pagi hari siswa kelas 1 juga meningkat, dengan persentase 54% pada siklus I dan 88% pada siklus c). Hasil belajar siswa juga meningkat dengan persentase 68,9% pada siklus I dan 84,5% pada siklus II.
References
A.Bakar, Rosdiana. 2009. Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung: Citapustaka Media Perintis
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Huda, Miftahul.2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husni, Tantya. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 4, Jakarta: Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik, Jakarta: PT Raja Grafindo.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Salim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas, Medan: Perdana Publishing.
Salminawati. 2011. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media.
Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Slameto, 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2016. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pres.
Triyanto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana.
Umar, Bukhari. 2012. Hadis Tarbawi, Jakarta: Impi Bumi Aksara.
Usiono. 2015. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Cipta Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rini Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.