Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di SMAS Paramarta I Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah
Keywords:
Guru PAI, Pembelajaran, Nilai-Nilai MultikulturalAbstract
Indonesia memiliki motto “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Dengan semboyan tersebut, terdapat nilai-nilai multikultural yang terdapat di Negara Indonesia, yang tidak hanya terkait dengan suku, agama, ras, budaya yang terdapat dalam masyarakat, tetapi juga dalam dunia pendidikan. Pendidikan diberikan tanggung jawab untuk menciptakan rasa kemanusiaan, moral, kepribadian yang mendukung terjadinya perdamaian di masyarakat melalui penyebaran pengetahuan, wawasan, dan semangat bagi generasi anak, remaja, pemuda pada khususnya dan masyarakat umum. Untuk mencapai hal tersebut, salah satu bidang studi yang wajib dipelajari oleh siswa baik di madrasah maupun sekolah umum adalah Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi rangkaian peristiwa yang dirancang, diatur sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. Dalam proses pembelajaran terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Semuanya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Berdasarkan observasi awal terhadap realitas yang terjadi di SMA Swasta Paramarta 1 Seputih Terjadi interaksi yang baik dari seluruh warga sekolah sehingga menunjukkan penerapan nilai-nilai multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis multikultural, bagaimana pembelajaran berbasis multikultural dilaksanakan dan bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis multikultural ditemukan di SMA Swasta Paramarta 1 Seputih. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran PAI multikultural berbasis di SMA Swasta Paramarta 1 Seputih Lampung Tengah, mengedepankan nilai-nilai multikultural toleransi, tolong menolong, gotong royong, demokrasi, persatuan dan kesatuan yang tertuang dalam rencana program pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis multikultural di SMA Swasta Paramarta 1 Seputih Lampung Tengah adalah dengan pembelajaran pendidikan agama Islam yang diberikan melalui pendekatan sosiologis. penggunaan metode dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan metode sosiodrama dan studi kasus, selain pembelajaran di dalam kelas guru juga memberikan pembelajaran di luar kelas dengan memberikan kegiatan seperti infaq, al-Qur'an, an, sholat dhuha, quran'ban, dan zakat. Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural di Paramarta 1 Seputih banyak di SMA Swasta Lampung Tengah adalah melaksanakan evaluasi yang memperhatikan nilai-nilai multikultural yang terintegrasi dalam ranah kognitif, psikomotor, dan afektif.
References
Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004)
Ali Abdullah, Pendidikan Islam Multikultural dipesantren, (Yogyakarta: Pusaka Pelajar, 2011)
Calarry Sada, “Multicultural Education in Kalimantan Barat; an Overview,” Jurnal Multicultural Education in Indonesia and South East Asia, edisi I (Mei 2004)
Choirul Mahfud, Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006)
Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2004
Departemen Agama RI, Pedoman Pensisikan Agama Islam Sekolah Umum dan Luar Biasa, tt.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dan P.N. Balai Pustaka, 1990)
Depdiknas. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasih Kompetensi Sekolah Menengah Pertama. (Jakarta: Depdiknas, 2004.
E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004
Hamid Darmadi, Kemampuan Dasar Mengajar (Bandung, Alfabeta, cet.1, 2009)
Husniyatus Salamah, Pendidikan Multikultural Upaya Membangun Keberagamaan Inklusif di Sekolah.Jurnal Islamica, Vol. 1, No. 2, Maret 2007
Iqbal Hasan, Analisis Penelitian dengan Statistik, (Jakarta; Bumi Aksara, 2004
James A. Bank, Handbook of Research on Multikultural Education (New York: MacMillan, 1996
Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian (Jakarta: Prenadamedia Grub, 2011
Kamanto Sunarto, “Multicultural Education in Schools, Challenges in its Implementation,” JurnalMulticultural Education in Indonesia and South East Asia, edisi I, (Maret 2004),
Lexy J Moelong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosdakarya, 2007
Muh. Khorul Rifa’i,” Internalisasi Nilai-nilai Religius Berbasis Multikultural dalam Membentuk Insan Kamil” Jurnal Pendidikan Agama Islam, volume 4 no 1 Mei 2016
Mukhlisah, Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Keislaman; Qualita Ahsana, (Surabaya, Lembaga Penelitian IAIN Sunan Ampel, 2005), Vol. VII, No.3
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008
Ngainun Naim dan Achmad Sauqi, Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008
Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem,(Jakarta:Bumi Aksara, 2008
Permen No. 22 Tahun 2006, Tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SMA-MA-SMK-MAK, (Jakarta: Sinar Grafika, 2006
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2005)
Siti Kusrini, dkk. Ketrampilan Dasar Mengajar (PPL 1), Berorientasi pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Malang, 2008
Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2003)
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yaya Suryana dan Rusdiana, Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa (Bandung: Pustaka Setia, 2015
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2008, Cet.7
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ririn Mardiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.