Studi Tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik Terhadap Tata Tertib MTs Ma’arif Bumirestu Kecamatan Palas Lampung Selatan

Authors

  • Sudarmanto MTs Ma'arif Bumirestu Kec. Palas Lampung Selatan Provinsi Lampung

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru merupakan pelaksana dan pengembang program kegiatan belajar dan mengajar, karena itu dalam pelaksanaannya tugas guru tidak dapat dipisahkan dari peserta didik, sebab keduanya merupakan faktor yang sangat penting. Dalam proses belajar mengajar tidak akan berhasil apabila salah satu faktor diabaikan, jadi dalam proses belajar mengajar harus sama-sama aktif. Keberhasilan guru dalam meningkatkan disiplin peserta didik terhadap tata tertib sekolah tidak dapat dilaksanakan tanpa kerja sama semua pihak. Artinya semua guru dan pegawai sekolah juga ikut bertanggung jawab atas peningkatan kedisiplinan peserta didik. Terwujudnya akhlakul karimah serta peningkatan kedisiplinan di sekolah ini diperlukan adanya bimbingan dan nasihat serta contoh nyata dari guru dan seluruh warga sekolah. Adapun yang menjadi permasalahan dari penelitian ini adalah masih terdapatnya peserta didik yang melakukan pelanggaran terhadap tata tertib sekolah di MTs Ma'arif Bumirestu. Dari permasalahan tersebut penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut: "Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan disiplin peserta didik terhadap tata tertib MTs Ma'arif Bumirestu Kecamatan Palas Lampung Selatan?" Dari rumusan masalah tersebut upaya yang telah dilakukan adalah bimbingan dari sekolah, memberikan contoh teladan, memberikan pengharagaan peserta didik yang berakhlak baik, dan diberi sangsi atau hukuman bagi yang melanggar tata tertib tersebut. Untuk lebih jelasnya penulis mengadakan penelitian ini dengan menggunakan metode observasi dan wawancara sebagai alat pengumpul data utama, yang bersifat deskriptif atau menggambarkan keadaan dengan gamblang. Dan metode dokumentasi sebagai alat pengumpul data pendukung yang membantu penulis untuk menganalisis dan membuat kesimpulan. Dari hasil analisis data bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan disiplin peserta didik terhadap tata tertib MTs Ma'arif Bumirestu Kecamatan Palas Lampung Selatan adalah dengan cara memberikan contoh teladan yang baik, memberikan penghargaan kepada anak yang berakhlak baik, memberikan nasihat dengan berkata lemah lembut, menanamkan sifat malu dan memberikan hukuman atau sanksi yang berefek jera bagi peserta didik yang sering melanggar peraturan

References

Abu Ahmadi, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Armico, Bandung, 1985.

B.Suryo Subroto, Dimensi-dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah,B ina Aksara, Jakarta, 1988.

Basri, Metodologi Penelitian Sejarah, Restu Agung, Jakarta, 2006.

Departemen Agama RI, Al-Qur'an Dan Terjemahnya, CV Penerbit Diponegoro, Bandung, 2006.

Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Indonesia, Undang-undang Guru dan Dosen, Jakarta, 2008.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1990.

I.Djumur dan Moh.Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Ilmu, Bandung, 1975.

Imam Suprayogo dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial Agama, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2003.

Kartini Kartono, Bimbingan dan Dasar-dasar Pelaksanaannya, Rajawali, Jakarta, 1995.

Koentjoroningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Gramedia, Jakarta, 1985.

Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah, Departemen Agama Islam RI, Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, Jakarta, 2004.

M.Athiyah Al-Abrasy, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, diterjemahkan oleh Bustami A.Gani dan Djohar Bahry, Bulan Bintang, Jakarta, 1974.

M.Nasir Ali, Dasar-Dasar IImu Pendidikan, Kalam Mulia, Jakarta, 1992.

Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam, PT Hidakarya Agung, Jakarta, 1979.

Moersaleh dan Musanef, Pedoman membuat Skripsi atau Tesis, Gunung Agung, Jakarta, 1987.

Moh.Amin, Pengantar Ilmu Akhlak, Express, Surabaya, 1989.

Mudzakir dan Wardan Amir, Pendidikan Agama Islam untuk SMP, Kota Kembang, Bandung, 1990.

Muhammad Ali Qutb, Sang Anak Dalam Naungan Pendidikan Islam, CV Diponegoro, Jakarta, 1985.

Romlah, Problematika Pendidikan Islam, Gunung Persagi, Bandar Lampung, 2005.

Salim Bahreisy, Terjemah Riadhus sholihin jilid I,Al-Ma'arif, Bandung, 1976.

Sardiman, A.M,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003.

Slamet Imam Santoso, Pendidikan di Indonesia Dari Masa Kemasa, Haji Masa Agung, Jakarta, 1987.

Soewarno, Pengantar Umum Pendidikdn, Aksara Baru,Jakarta, 1985.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Rineka Cipta, Jakarta, 2006.

Downloads

Published

2022-10-11

Issue

Section

Articles