Penerapan Media Leaflet Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Biografi Khulafaur Rasyidin
Keywords:
Hasil belajar Kognitif, Minat, Leaflet, video pembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar kognitif siswa pada materi SKI biografi Khulafaur Rasyidin dengan media leaflet berbantuan video pembelajaran pada kelas eksperimen media handout pada kelas kontrol di MTs Persis 68 Warudoyong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-equivalent control group design. Hasil penelitian bahwa hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan, selisih rata-rata 18,54 poin, dengan kenaikan n kelas eksperimen 0,56 (rendah) dan kelompok kontrol 0,22 ( Rendah). Peneliti merekomendasikan agar kepala sekolah, siswa dan orang tua mendukung penerapan media ini untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa
References
Amsar, S., Sylvia, I., & Putra, A. S. (2020). Pengembangan Video Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS SMAN 1 Payakumbuh Sriyani. 2(1), 35–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.55
Anderson, L.W. Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk: Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan oleh Agung Prihantoro. Pustaka Pelajar.
Fitriah, M. (2018). Komunikas Pemasaran melalui Desain Visual (1st ed.). Sleman: Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=-uZjDwAAQBAJ&pg=PA72&dq=leaflet+adalah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjErLW4mLnwAhXHc30KHbr1DvgQ6AEwAnoECAQQAw#v=onepage&q=leaflet adalah&f=true
Hidriyatno, F., Rahman, M. K., & Sumarsih, E. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Educatif : Journal of Education Research, 4(4).
Hikam, F. F. (2020). E-LEARNING PADA MASA WABAH COVID-19. 2, 194–203.
Jalilah, S. R. (2021). Merangsang Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Media Video Sosiodrama untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1657
Jamaluddin, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online, 8(3).
K, L. P. S. I., Yudana, I. M., & A.A.I.N.Marhaeni. (2013). KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN, KEMAMPUAN VERBAL, DAN EKSPEKTASI KARIR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI IPA PADA SMA NEGERI DI KECAMATAN TABANAN. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(4).
Nurdiana, A. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN KEDALEMAN IV. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8395
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351
Riswinarni, & Sulisworo, D. (2016). Pengembangan Leaflet Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy 2016.
Sari, E. P., Basri, S., & Kasmawati, K. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Binomial, 4(1). https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.835
Scott, L. (2019). What is the purpose of e leaflet? Retrieved August 1, 2021, from Nationwide Leaflet Distribution website: https://www.directletterboxmarketing.co.uk/what-is-the-purpose-of-a-leaflet/
Sudiana, N. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017 / 2018 Melalui Gerakan Literasi Sekolah dengan Pocari dan Puding. 4(1), 10–16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ady Fauzi Rahmani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.