Implementasi Pendidikan Vokasi di MAN 1 Bungo Plus Keterampilan
Abstract
Penelitian mengenai Pendidikan vokasi di Madrasah Aliyah bertujuan untuk mengetahui minat dan penerapan pendidikan vokasi atau yang lebih sering dikenal dengan keterampilan/skil di MAN 1 Bungo. Dalam penelitian ini, populasi yang terlibat adalah peserta didik teknik pengelasan yakni kelas XII Ilmu Sosial 2. Jumlah sampel penelitian yang dimanfaatkan berjumlah 15 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket. Analisa data kuesioner menggunakan statistika deskriptif yakni statistik yang digunakan menganalisis data dengan cara mendeskrIlmu Sosialikan data yang sudah terkumpul, sebagaimana adanya tanpa bermaksud untuk membuat kesimpulan yang berlaku dalam umum atau generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sebanyak 100 % Peserta didik mengetahui tentang sekolah vokasi dan keinginan mereka untuk melanjutkan pendidikan di MAN 1 Bungo.; (2) sebanyak 87 % -93 % Peserta didik mengatakan bahwa pendidikan vokasi dapat membuat mereka membuka lapangan pekerjaan sendiri dan membantu perekonomian keluarga.(3) kurang dari 80 % mengatakan bahwa masuk MAN 1 Bungo lebih dibutuhkan dalam dunia pekerjaan dimasa depan.
References
Burhan, I., Afifah, N., & Sari, S. N. (2022). Metode penelitian kuantitatif. Insan Cendekia Mandiri.
Ditjen PEN/MJL/003/10/2012 Edisi Oktober. Warta Ekspor Asean Community 2015
Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Stategy & Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press
Indrayanto. 2010. Pengertian Proses Pembelajaran,[online]. Tersedia: http://id.shvoong.com/social- sciences/education/2043097- pengertianproses-pembelajaran
Izadi, A., Mohammadi, M., Nasekhian, S., & Memar, S. (2020). Structural functionalism, social sustainability and the historic environment: a role for theory in urban regeneration. The Historic Environment: Policy & Practice, 11(2-3), 158-180.
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56-65.
Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap pembelajaran online mata pelajaran matematika di MAN 1 lampung selatan. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 250-260.
Suharsimi Arikunto.2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2010 . Statistik untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sumadi Suryabrata. 1987. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali
Suprihatiningsih, Suprihatiningsih. "Implementasi Kurikulum Pendidikan Keterampilan Vokasi di Madrasah Aliyah (Studi pada Madrasah Aliyah di Provinsi DKI Jakarta)." Indo-Islamika, vol. 5, no. 2, 2015, pp. 183-211,
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional: 2003
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vitia Marza Puri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.