Implementasi Model Pembelajaran Game-Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi
Keywords:
Model Pembelajaran Game-Based Learning, Minat BelajarAbstract
Salah satu masalah penting dalam pembelajaran adalah memperhatikan penggunaan model pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis permainan. Sehingga dirasa siswa belajar seperti tidak belajar. Model pembelajaran game-based learning adalah model pembelajaran berbasis permainan yang memikat dan melibatkan pengguna, dengan tujuan akhir tertentu, seperti mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Model pembelajaran berbasis permainan adalah unit mandiri dengan awal yang pasti, permainan, dan berakhir. Siswa tahu bahwa mereka terlibat dalam aktivitas permainan, dan pada akhirnya ada “keadaan menang”. Permainan dapat memberikan berbagai jenis konten pembelajaran dalam pengaturan yang berbeda. Pembelajaran berbasis permainan sering digunakan sebagai acara pengajaran satu kali untuk memberikan pembelajaran formal baik secara online maupun di dalam kelas. Model Pembelajaran game-based Learning bisa menumbuhkan minat belajar dan semangat belajar kepada anak-anak-anak sekolah dasar di masa pandemic ini karena akan mewujudkan suasana yang menarik dan tidak bosan serta pembelajaran lebih bermakna. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian kualitatif dengan mengamati situasi social yang ada di lapangan. Populasi dalam penelitian kualitatif dinamakan “social situation” yang terdiri atas tiga elemen yaitu, tempat, pelaku, dan aktivitas yang berinteraksi secara sinergis. ketiga elemen tersebut dijadikan sebagai objek penelitian untuk mengetahui peristiwa apa yang terjadi di dalamnya untuk mencapai tujuan penelitian. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar (SD) di masa pandemic ini.
References
Azan Dan Wong. (2018). Model Pembelajaran Game-Based Learning.
Carlos Kambuaya. (2014). , Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pndidikan Menengah Asal Papua Barat Di Kota Bandung. Social Work Journal, 3(Issn: 2339-0042.), 106–208.
Maiga. (2009). Learning By Playing.
Pivec. (2006). Aspects Of Game- Based Learning. Journal Of Education, 1, 1–10.
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Http://Pedomanskripsi.Blogspot.Com/ 2011/07 Indikator-Minat-Belajar.Html
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinnya.
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
The Liang Gie. (1995). Cara Belajar Yang Efesien Jilid II Edisi Keempat Diperbaharui.
Tirtarahardja. (2005). Pengantar Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.