Metode Pembelajaran Akidah Ahlak Dalam Meningkatkan Etika Berbusana Peserta Didik

Authors

  • Mujiono MTs SA Miftahul Ulum Rukti Sedyo Raman Utara Lampung Timur

Keywords:

Metode Pembelajaran, Akidah Akhlak, Etika Berbusana

Abstract

Islam memerintahkan kepada wanita muslimah agar menutupi seluruh auratnya kecuali muka dan telapak tangan dengan berbusana muslimah sesuai dengan tuntunan syari’at. Hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT dalam QS. Al-Ahzab:59. Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh (termasuk kepala) kecuali wajah dan telapak tangan. Maka dari itu busana yang dipakai haruslah memenuhi kriteria yang sesuai dengan syari’at Islam. Pendidikan agama Islam memainkan peran penting dalam membina dan membentuk karakter seseorang. Salah satu tujuan dari pendidikan agama Islam adalah untuk membentuk individu yang memiliki karakter mulia sehingga mereka dapat meningkatkan iman dan pengabdian mereka kepada Allah SWT. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam mengajar para pendidik harus menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik sehingga siswa mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

References

Armai Arif, Pengantar Ilmu Dan Metodelogi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2001

Akmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2014.

Dedy Juliandri Panjaitan, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung (Vol 1, No. 1, September 2016)

H. Darmadi, Pengembangan Model, Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. (Yogyakarta: Deepublish, 2017).

Ida Suryani Wijaya, Etika Berbusana Mahasiswa STAIN Samarinda‖ IV, no. 1 (2012):80

Khoirul Azhar Dan Izzah Sa’idah, 2017. Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik Di Mi Kabupaten Demak. Jurnal Ta’dib, Vol.10 No. 2

Lefudin, Belajar Dan Pembelajaran Dilengkapi Dengan Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Dan Metode Pembelajaran, Yogyakarta : Deepublish, 2014

Mirza Diana Istivadah, Pengaruh Hasil Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Berbusana Di Luar Sekolah Siswa-Siswi Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan‖, Surabaya : Uin Sunan Ampel 2018.

Ruseno Arjanggi dan Titin Suprihatin, Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasarkan Regulas-Diri, 2010, Vol.14, No.2

Siti Maesaroh, Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1, 2013

Subahri Subahri, 2015. Aktualisasi Dalam Pendidikan , ISLAMUNA; Jurnal Studi Islam 2, No 2 hlm, 169 dalam Dedi Wahyudi, Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya, Cet. 1. (Panggungharjo: Lintang Rasi Aksara Books, 2017)

Yessi Wulandari, Agus Wahyuni Dkk, Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika. 2017, Vol. 2 No.2

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles