Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Menggunakan Metode Peer Tutoring Pada Siswa Kelas VII MTs At-Taqwa Sukarame
Keywords:
Hasil Belajar, Al-Quran Hadist, Peer TutoringAbstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VII MTs At-Taqwa Sukarame masih rendah. Memang, sistem pembelajaran yang direkomendasikan guru di kelas masih kurang, artinya siswa kurang bersemangat untuk mengikuti mata pelajaran yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs At-Taqwa Sukarame pada mata pelajaran Al-Quran Hadist dengan penggunaan Peer Tutoring. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan observasi hasil belajar siswa dalam penggunaan peer tutoring pada siklus I diperoleh 43,57%, dan pada siklus II 83,59%. Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada meta pelajaran Al-Quran Hads dengan menggunakan metode Peer Tutoring. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode peer tutoring dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari topik-topik yang diberikan guru kepada siswa sekolah.
References
Muhaimin DKK.2005.Kawasan Dan Wawasan Study Islam. Jakarta: Kencana.
Muhibbin Syah.1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana.2002. Penilaian Hasil Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Syaiful Bahri Jamaroh. 2000. Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Subyantoro.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Widya Karya.
Sugiyono.2011. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.cet ke 13.
Suharsimi Arikunto.2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Syaiful Bahri Jamaroh. 2000. Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhtar Suharso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.