Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Melalui Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Dan Hadist Di MI Darul Ulum Sumberrejo Waway Karya
Keywords:
Al-qur’an dan Hadis, Hasil Belajar, Metode Drill.Abstract
Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik dan akhlakul karimah mustahil suatu bangsa akan maju. Peneliti memfokuskan pada hasil belajar Al-Qur’an dan Hadis siswa kelas 3 dengan menggunakan metode drill. Penerapan metode drill sangatlah cocok guna mendukung daya ingat dan nalar siswa, karena sifat drill yang diulang-ulang membantu siswa untuk menghafal dan memahami materi ajar. Peneliti menggunakan metode drill karena sesuai dengan pra-penelitian yang dilakukan peneliti metode ini tidak pernah diterapkan pada siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dalam mencari dan meneliti data yang diperoleh dilapangan. Penelitian Tindakan Kelas atau biasa dikenal dengan istilah PTK. PTK bukanlah sekedar mengajar seperti biasanya, tetapi harus mengandung satu pengertian, bahwa tindakan yang dilakukan didasarkan atas upaya meningkatkan hasil, yaitu lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan tujuan dari Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Al-Qur’an dan Hadis siswa kelas 3 di Madrasah Ibtiadaiyah Darul Ulum Sumberrejo Waway Karya dengan menggunakan metode pembelajaran drill. Dengan menggunakan metode pembelajaran drill. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadis di MI Darul Ulum Sumberrejo Waway Karya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada bulan September 2022 sampai dengan Oktober 2022. Temuan yang diperoleh peneliti saat melakukan penelitian Peneliti menemukan metode drill tidak pernah diterapkan pada siswa, siswa merasa bosan dengan metode yang sama seperti, membaca, menulis, didikte dan mengerjakan tugas. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa banyak siswa yang belum mampu membaca, melafalkan dan menulis arab dengan benar. Peneliti yakin banwa penelitian yang berhasil. Temuan yang peneliti peroleh adalah berikut. Diketahui bahwa penerapan metode drill pada materi al-Qur’an dan hadis ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 di MI Darul Ulum Sumberrejo Waway Karya, dan hasil belajar al-Qur’an dan hadis ini mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode drill. Hal tersebut sesuai dengan hasil belajar dan data yang diperoleh peneliti pada siklus I. Rata-rata yang diperoleh siswa pada pre test adalah 42,60 naik menjadi 68,85 pada siklus I dan naik lagi menjadi 80,38 pada siklus II.
References
Abd. Rahman A.Ghani. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Abdul Basyid, Pengantar Filsafat Penddidikan, (tt.p.: Unipersitas Muhammadiyah Tangerang Provinsi Banten.,t.p)
Alisuf Sabni. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan. UIN Jakarta Press
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Renika Cipta
https://akhmadsudarjat. Woordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan model pembelajaran
Malvin L. Selbermen. 2013. Active Learning; Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media dan Nuansa Cendikia
Muhaimin. 2006. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di sekolah, madrasa, dan perguruan tinggi. Jakarat : PT. Raja Grafindo Persada
Mukti Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung : PT Remaja Rasdakarya
Nana Syaodih Sukmadinata. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Permendikbud. 2013. No. 54, 65 dan 66. Tentang SKL, Standar Proses, dan Standar Penilaian Peraturan Menteri Agama Repubelik Indonesia. 2013. No. 000912
Ramayulis. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Sahid Raharjo, 2016. Strategi Pembelajaran Informasi (http://Layanan-guru.blogspot.co.id)
Samsu Somandayo. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: PT. Graha Ilmu
Selameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Renika Cipta
Sudaryono. 2014. Clasroom Action Researeh. Jakarata : PT. Lentera Ilmu Cendikia
Suharsimi Arikunto. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dept Dalam Negeri. PT. Kloang Klede Putra Timur bekerja sama dengan Kopperasi Primer Peraja
Wijaya Kusuma dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ulik Sa’diyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.