Efektifitas Kegiatan Ekstrakulikuler Membaca Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Keywords:
efektifitas, ekstrakurikuler, kemampuan membaca al quranAbstract
Efektifitas Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Baca Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Di SMP Negeri 04 Bengkulu.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah Efektifitas Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Di SMP Negeri 04 Bengkulu. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan Bagaimanakah Efektifitas Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Di SMP Negeri 04 Bengkulu.
Untuk memperoleh data yang diperlukan maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berlatar alamiah dan peneliti yang terjun secara langsung kelapangan untuk memperoleh data dari informan dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun responden atau informan dalam penelitian ini yaitu melibatkan guru yang mengajar dalam kegiatan ekstreakulikuler seni baca Al-Qur’an dan siswa siswi yang mengikuti krgiatan ekstrakulikuler nseni baca AL-Qur’an.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka kegiatan ini belum dapat dikatakan efektif karena masih banyak dari anak-anak yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ini yang belum pandai membaca Al-Qur’an secara fashih, selain itu juga kegiatan ekstrakulikuler ini memiliki waktu yang sangat sempit sehingga anak-anak yang mengikuti kegiatan ini masih banyak yang kesulitan dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ini sehingga tidak jarang anak-anak yang mengikuti kegiatan ini cuma sekali-kali saja, factor utama yang menyebabkan kegiatan ini belum dapat dikatakan efektif yaitu guru yang tidak berkompeten untuk mengajarkan seni baca Al-Qur’an hal ini terbukti ketika peneliti mengadakan observasi awal sampai pada peneliti melakukan wawancara kepada guru yang bersangkutan dimana guru tersebut masih belum pandai membaca Al-Qur’an secara fashih dan masih banyak bacaan Al-Qur’an yang dalam penggunaan tajwid nya masih banyak yang salah ketika guru yang bersangkutan mengajarkan kegiatan ekstrakulikuler ini.
References
Abu Yahya, As-Syilasyabi. Cara Mudah Membaca Al-Qur’an Sesuai Kaidah Tajwid. Yogyakarta: Daar Ibnu Hamz, 2007.
Rohani, Ahmad, Pengelolaan Pengajaran, Bandung:Rineka Cipta 2011
Al-Qordhowie, Yusuf.Berinteraksi dengan al-Qur’an. Jakarta: gema insane. 1999,
Amirullah syarbini. 5 langkah membaca al-Qur’an. Jakarta: ruang kata. 2010.
Ar-rumi, Fahd. Ulumul Qur’an. Study kompleksitas al-Qur’an. Jogjakarta: titian ilahi press, 1996
Asmuni, yusran. Dirosah islamiyah: Pengantar Studi Al-Qur’an. Jakarta: Raja Gravindo, 1999.
Bastori. Efektifitas pembelajaran jurnal fak. Ilmu Pendidikan Dan Keguruan UNIB. Bengkulu vol.3 No. 14 januari 2012
Depag RI. Al- Mukhlich shabir. Terjemah Riyadush Shalihin. Semarang: Toha Putra. 2004.
Depag RI. Al-Qur’an dan terjemahnya. Bandung : Diponegoro. 2008
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kurikulum 1984 Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas. Jakarta : Rineka Cipta. 1984.
Depdikbud. Informasi Tentang Kegiatan Ekstrakulikuler Sebagai Salah Satu Jalur Pembinaan Siswa. Jakarta : Ditjen Dikdasmen, Direktorat Pembinaan Kesiswaan. 1994.
Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Dinas Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2007.
Edi, Wuryanto. Ketuntasan Belajar Siswa. Yogyakarta:Pedogagia. 2011
Fairuz, Muhammad. Kamus Al-Munawwir Versi Indonesia-Arab Surabaya: Pustaka Progressif, 2007.
Gibson. Organisasi Dan Manajemen. Jakarta: PT. Agung. 1984.
Hadori Nawawi . Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta : PT. Gunung Agung. 1982.
Hartini, Nara. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. 2010
(http. www . REPUBLIKA. CO.ID: februari 2014):10.45
Ica purnama sari. efektifitas Kegiatan Belajar Mengajar. Skripsi fakultas tarbiyah UMB. 2009.
Daheri, Mirzon, and Cica Dwi Julianti. "Islamic Educational Values in the Implementation of the Cambuk Lidi Ceremony (Study of Derati Village Kota Padang District)." Journal of Contemporary Islamic Education 3, no. 1 (2023): 1-19.
Daheri, Mirzon, Idi Warsah, Ruly Morganna, Oktia Anisa Putri, and Putri Adelia. "Strengthening Religious Moderation: Learning from the Harmony of Multireligious People in Indonesia." Journal of Population and Social Studies [JPSS] 31 (2023): 571-586.
Muhammad Izzuddin. Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an Metode Tartil 12 Jam . Solo: As-Salam, 2009
Otong Surasman. Metode Insani Kunci Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan Benar . Jakarta: Gema Insani. 2002.
Ramadhan, Sahrul. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya:Khazanah Media Ilmu. 2010.
Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabheta. 2012
Sri Esti Wuryani Djiwandono. Psikologi Pendidikan. Jakarta :Grasindo. 2007.
Djamarah Syaiful Bahri, Azwan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: rineka cipta. 2010.
Rijalul hamid, Syamsul. Buku Pintar Agama Islam. Bogor:LPKAI Cahaya Islam. 2010.
Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: graha ilmu. 2006.
Syaikh Fuhaim Musthafa, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, terj.Wafi Marzuki Ammar . Surabaya: Pustaka Elba. 2009.
Subroto B. Suryo. Proses Belajar Mengejar Disekolah, Jakarta : Rineka Cipta, 1997
Subroto, B. Suryo. Tatalaksana Kurikulum. Jakarta : Rineka Cipta. 1991.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:alfabeta. 2012.
Suharsimi arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta:rineka cipta. 1997.
S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: rineka cipta. 2005.
Trianto. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta:kencana. 2011.
Usman M. Uzer & Setyawati, Lilis. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : PT. Rosdakarya. 1993
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ari Anggola, novi puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.