SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula <p><strong>SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah</strong>, is a peer-reviewed journal on education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Institut Agama Islam Negeri Curup. The editors welcome scholars, researchers and practitioners of education around the world to submit scholarly articles to be published in this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah published periodically every May and November (twice a year).</p> <p>ISSN: <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220522180965317">2829-9086</a></p> <p>Sekretariat: Umea ' Jurnal IAIN Curup, Jl. Dr. Ak. Gani No. 01, Tel. (0732) 21010 Curup, Rejang Lebong, Bengkulu 39119.</p> <p>Email: skula@iaincurup.ac.id or jurnal.skula@gmail.com</p> <p>Website: <a href="http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula">http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula</a></p> en-US deriwanto@iaincurup.ac.id (Deri Wanto) hardi.vizon@gmail.com (Hardivizon) Wed, 22 Jan 2025 02:01:37 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Integrasi Nilai-Nilai Al-Qur'an dan Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1338 <p style="text-align: justify;"><span style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Palatino Linotype',serif;">Integrasi nilai-nilai Al-Qur'an dan sains dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan upaya strategis untuk menciptakan pembelajaran yang holistik dan relevan dengan kebutuhan era modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, implementasi, serta tantangan dalam integrasi nilai-nilai Al-Qur'an dan sains di kurikulum Pendidikan Agama Islam pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode studi kasus di beberapa SMA yang menerapkan integrasi tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, observasi proses pembelajaran, dan analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Al-Qur'an dan sains dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang hubungan antara agama dan ilmu pengetahuan. Pendekatan ini tidak hanya memperkuat aspek spiritual, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan kompetensi guru, ketersediaan bahan ajar yang memadai, dan resistensi dari sebagian pihak terhadap konsep integrasi ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai Al-Qur'an dan sains memiliki potensi besar untuk memperkaya kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA. Dukungan berupa pelatihan guru, pengembangan materi ajar, dan kolaborasi antara pendidik dan ahli sains diperlukan untuk mengoptimalkan implementasi integrasi ini. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan agama untuk mencetak generasi yang beriman, berilmu, dan berintegritas.</span></p> siti Copyright (c) 2025 siti https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1338 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Model Pembelajaran PAI Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1355 <p>Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, terutama di tingkat sekolah dasar. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), pendekatan yang menarik dan menyenangkan diperlukan untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran PAI berbasis edutainment sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Model ini mengintegrasikan unsur pendidikan dan hiburan, seperti permainan edukatif, video interaktif, dan kegiatan kreatif, yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan pengamatan empiris, penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis edutainment mampu meningkatkan partisipasi aktif, pemahaman materi, dan motivasi belajar siswa. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong siswa untuk lebih terlibat secara emosional dan kognitif dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pendidik dalam mengimplementasikan metode edutainment secara efektif untuk menciptakan proses pembelajaran yang inspiratif dan relevan dengan kebutuhan siswa sekolah dasar.</p> zakiya Copyright (c) 2025 zakiya https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1355 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Green Islam untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1345 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Green Islam dalam meningkatkan kesadaran lingkungan siswa. Green Islam adalah konsep yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan prinsip keberlanjutan dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Pendekatan ini diharapkan mampu menanamkan pemahaman mendalam mengenai pentingnya menjaga lingkungan sebagai bagian dari ibadah dan implementasi nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran berbasis Green Islam dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI berbasis Green Islam secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang isu lingkungan, sikap peduli terhadap lingkungan, dan perilaku berkelanjutan. Kesimpulannya, pendekatan ini efektif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan siswa serta relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan modern yang menekankan keberlanjutan.</p> nuzul Copyright (c) 2025 nuzul https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1345 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Penerapan Gerakan Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Resensi) Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas 02 Rejang Lebong Literasi https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1366 <p><em>The study focuses on analysis of the application of the school literacy movement to improve literacy writing (reviewer) skill of grade XI students of SMA N 02 Rejang Lebong. Literacy moves are carried out with reading practice for 15 minutes before the start of lessons using various types of books that have been prepared. This study aims to determine the extent of the influence of the school literacy movement on writing (reviewer) skill of 30 grade XI students of SMA N 02 Rejang Lebong. The type of research used is qualitative descriptive research to systematically describe the facts found based on observation, interview and other document.The objects of this research were teachers and students of SMA N 02 Rejang Lebong and the data collection procedures used were structured existing data, then carrying out data reduction, presenting data, drawing conclusions and the final stage of data analysis. Data validity using persistent triangulation observations. From the research carried out, the following results were obtained: school literacy movement program had a significant effect on the writing (reviewer) skills of grade XI students of SMA N 02 Rejang Lebong. Therefore, it can be concluded that the literacy movement is one way that can be used to improve students writing and reading literacy skills.</em></p> khairullahhhh Copyright (c) 2025 khairullahhhh https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1366 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Digital dalam Mengembangkan Kompetensi Keagamaan Siswa Sekolah Dasar https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1336 <p>Penggunaan teknologi digital dalam pendidikan semakin berkembang, termasuk dalam pembelajaran keagamaan di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran digital dalam mengembangkan kompetensi keagamaan siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Data dikumpulkan melalui tes kompetensi keagamaan sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi digital, serta observasi dan wawancara dengan guru dan siswa untuk melengkapi analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran digital memiliki dampak positif terhadap pengembangan kompetensi keagamaan siswa, terutama dalam aspek pemahaman ajaran agama, keterampilan ibadah, dan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Fitur interaktif pada aplikasi, seperti kuis, video animasi, dan aktivitas praktis, terbukti meningkatkan minat belajar siswa dan membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Namun, tantangan dalam penggunaan aplikasi ini meliputi keterbatasan perangkat dan kebutuhan pelatihan guru untuk mengoptimalkan penggunaannya.penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran digital efektif dalam mendukung pengembangan kompetensi keagamaan siswa sekolah dasar jika didukung oleh infrastruktur yang memadai dan pendampingan yang optimal. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengintegrasian teknologi dalam pendidikan agama untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa di era digital.</p> rendi Copyright (c) 2025 RENDI https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1336 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Mindfulness Islami dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1353 <p>Stres akademik merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran, termasuk dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini membahas penerapan mindfulness Islami sebagai pendekatan untuk mengatasi stres akademik siswa. Mindfulness Islami, yang berakar pada nilai-nilai spiritual Islam, menawarkan teknik introspeksi dan penguatan koneksi spiritual untuk meningkatkan ketenangan pikiran dan pengelolaan emosi. Melalui analisis teoritis dan kajian literatur, penelitian ini mengidentifikasi prinsip-prinsip mindfulness Islami yang relevan dalam mendukung pembelajaran PAI, seperti kesadaran penuh terhadap Allah (<em>taqwa</em>), refleksi diri (<em>muhasabah</em>), dan keikhlasan dalam menghadapi tantangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mindfulness Islami dalam PAI tidak hanya membantu siswa mengurangi tingkat stres akademik tetapi juga memperkuat nilai-nilai spiritual yang mendukung pembentukan karakter. Pendekatan ini efektif jika didukung oleh integrasi metode dalam kurikulum, pelatihan bagi pendidik, serta lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi pendidik, siswa, dan pemangku kepentingan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung kesejahteraan mental dan spiritual siswa.</p> dian Copyright (c) 2025 dian https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1353 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Pembelajaran Berbasis AI dalam Pendidikan Agama Islam untuk Generasi Z dan Alpha https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1343 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dirancang khusus untuk generasi Z dan Alpha. Generasi ini dikenal dengan karakteristiknya yang sangat akrab dengan teknologi, sehingga metode pembelajaran konvensional sering kali kurang menarik dan relevan bagi mereka. Pembelajaran berbasis AI menawarkan solusi inovatif untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal, interaktif, dan adaptif sesuai dengan kebutuhan dan preferensi individu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan observasi pada implementasi pembelajaran berbasis AI di bidang PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi AI, seperti chatbot, virtual tutors, dan analitik pembelajaran, dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama, motivasi belajar, dan keterlibatan siswa. Namun, tantangan seperti kesiapan infrastruktur, kompetensi guru, dan etika penggunaan teknologi harus diatasi untuk memastikan keberhasilan implementasi. Dengan strategi yang terencana, pembelajaran berbasis AI berpotensi menjadi solusi transformasi pendidikan agama yang relevan dengan karakteristik generasi Z dan Alpha.</p> agustina Copyright (c) 2025 agustina https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1343 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Media Digital Interaktif terhadap Pemahaman Siswa Sekolah Dasar dalam Materi Pendidikan Agama Islam https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1360 <p><strong>: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media digital interaktif terhadap pemahaman siswa sekolah dasar dalam materi Pendidikan Agama Islam (PAI). Media digital interaktif dianggap mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan visual, audio, dan interaksi langsung yang lebih menarik dibandingkan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas V di salah satu sekolah dasar, yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media digital interaktif memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap materi PAI dibandingkan siswa yang belajar dengan metode tradisional. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan skor rata-rata hasil tes pemahaman pada kelompok eksperimen. Faktor-faktor seperti kemudahan akses, keterlibatan aktif siswa, dan daya tarik media digital menjadi elemen penting dalam mendukung efektivitas pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan integrasi media digital interaktif dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di tingkat sekolah dasar.</p> gusti Copyright (c) 2025 gusti https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1360 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Pendekatan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam untuk Membangun Toleransi Beragama https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1334 <p>Penelitian ini membahas penerapan pendekatan multikultural dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai strategi untuk membangun toleransi beragama di kalangan siswa. Di era keberagaman budaya dan agama yang semakin nyata, pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan. Pendekatan multikultural dalam PAI bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai inklusivitas, empati, dan kerja sama antarumat beragama melalui pembelajaran yang berbasis dialog, kolaborasi, dan pengenalan keberagaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan multikultural dalam PAI mampu mendorong siswa untuk memahami nilai-nilai agama dengan lebih kontekstual, menghormati perbedaan keyakinan, dan mempraktikkan toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Peran guru sebagai fasilitator dalam mengarahkan diskusi multikultural, serta integrasi teknologi dan media pembelajaran interaktif, menjadi kunci keberhasilan metode ini. Dengan demikian, pendekatan multikultural dalam PAI dapat menjadi solusi efektif untuk membangun sikap toleransi beragama di tengah masyarakat yang plural.</p> santii Copyright (c) 2025 santii https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1334 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Revitalisasi Nilai-Nilai Tasawuf dalam Kurikulum PAI untuk Membentuk Generasi Berkarakter di Era 5.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1351 <p>Penelitian ini mengkaji pentingnya revitalisasi nilai-nilai tasawuf dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai upaya membentuk generasi berkarakter di era 5.0, yang ditandai oleh integrasi teknologi canggih dengan nilai-nilai kemanusiaan. Tasawuf, sebagai dimensi spiritual dalam Islam, menawarkan pendekatan yang holistik untuk pengembangan moral, etika, dan kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis untuk mengeksplorasi integrasi nilai-nilai tasawuf dalam kurikulum PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai tasawuf, seperti kesederhanaan, kejujuran, kesabaran, dan cinta kasih, dapat menjadi fondasi dalam membentuk karakter siswa yang tidak hanya berkompeten secara intelektual, tetapi juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual. Implementasi nilai-nilai tasawuf dalam PAI membutuhkan penyesuaian kurikulum, pelatihan bagi pendidik, serta metode pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan generasi era 5.0. Penelitian ini merekomendasikan pengintegrasian tasawuf dalam pembelajaran berbasis teknologi, sehingga pembentukan karakter siswa dapat selaras dengan kemajuan digital sekaligus menjawab tantangan moral di era modern.</p> heru Copyright (c) 2025 heru https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1351 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Integrasi Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran : Inovasi Pengalaman Interaktif di Era Digital https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1341 <p>Pengintegrasian teknologi Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menawarkan pendekatan inovatif untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, imersif, dan menarik di era digital. Teknologi VR memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi konten PAI melalui simulasi lingkungan virtual yang realistis, seperti perjalanan ke tempat-tempat bersejarah Islam, pengenalan ibadah, dan pembelajaran nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat, tantangan, dan potensi penerapan VR dalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan observasi terhadap implementasi VR di beberapa institusi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi VR dapat meningkatkan pemahaman konsep, motivasi belajar, serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, tantangan utama meliputi biaya implementasi, ketersediaan perangkat, serta kebutuhan pelatihan guru. Integrasi VR dalam PAI dapat menjadi solusi transformasi pendidikan menuju digitalisasi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan generasi digital.</p> nanda Copyright (c) 2025 nanda https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1341 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pendidikan Agama Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Desain Kurikulum yang Inklusif dan Adaptif https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1358 <p>Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk anak berkebutuhan khusus menghadirkan tantangan unik yang memerlukan pendekatan yang inklusif dan adaptif. Artikel ini membahas pentingnya desain kurikulum PAI yang mampu memenuhi kebutuhan individu anak berkebutuhan khusus, sehingga mereka dapat mengakses pendidikan agama secara setara dan bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang inklusif serta strategi implementasinya dalam berbagai konteks pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum PAI untuk anak berkebutuhan khusus harus mengintegrasikan fleksibilitas dalam metode pengajaran, materi yang kontekstual, serta evaluasi yang sesuai dengan kemampuan individu. Selain itu, dukungan guru yang kompeten, penggunaan teknologi bantu, dan kerja sama dengan keluarga menjadi faktor penting dalam keberhasilan pendidikan PAI bagi anak berkebutuhan khusus. Desain kurikulum yang inklusif dan adaptif ini diharapkan dapat menguatkan spiritualitas, membangun moralitas, dan meningkatkan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus, sekaligus mempromosikan nilai-nilai kesetaraan dalam pendidikan agama.</p> ari Copyright (c) 2025 ari https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1358 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Generasi Milenial Berkarakter Islami di Tengah Tantangan Globalisasi https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/11-18 <p>Penelitian ini membahas peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter Islami generasi milenial di tengah tantangan globalisasi yang kompleks. Generasi milenial menghadapi berbagai pengaruh budaya, teknologi, dan nilai-nilai global yang dapat menggeser identitas keislaman mereka. Pendidikan Agama Islam, sebagai salah satu pilar penting dalam pembentukan moral dan spiritual, memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai Islami seperti akhlak mulia, kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis bagaimana PAI dapat menjadi instrumen efektif dalam menjaga keseimbangan antara adaptasi terhadap perubahan global dan penguatan karakter Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi PAI dengan metode pengajaran inovatif, pemanfaatan teknologi, dan penguatan peran guru sebagai teladan dapat meningkatkan kesadaran generasi milenial terhadap pentingnya nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, Pendidikan Agama Islam memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk generasi milenial yang tidak hanya kompetitif dalam era globalisasi tetapi juga kokoh dalam identitas keislaman mereka.</p> despi Copyright (c) 2025 despi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/11-18 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Strategi Mengintegrasikan Pendidikan Islam Moderat dalam Kurikulum Sekolah di Wilayah Multikultural https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1348 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi integrasi pendidikan Islam moderat ke dalam kurikulum sekolah di wilayah multikultural. Pendidikan Islam moderat memiliki peran penting dalam membangun harmoni sosial, toleransi, dan pemahaman lintas budaya di tengah keberagaman masyarakat. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji tantangan, peluang, dan metode implementasi pendidikan Islam moderat yang relevan dengan kebutuhan komunitas multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara pendidik, pemangku kepentingan, dan masyarakat diperlukan untuk merancang kurikulum yang inklusif, adaptif, dan berbasis nilai-nilai moderasi Islam. Strategi utama mencakup penyusunan materi pembelajaran yang kontekstual, pelatihan guru, serta evaluasi keberlanjutan program. Dengan demikian, pendidikan Islam moderat dapat menjadi sarana efektif untuk mendorong dialog dan penguatan nilai-nilai keberagaman di lingkungan sekolah.</p> damsi Copyright (c) 2025 damsi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1348 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Generasi Alpha: Pendekatan Kreatif dan Inovatif https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1339 <p>Generasi Alpha, sebagai generasi yang tumbuh dalam era digital, memiliki karakteristik unik yang menuntut pendekatan pendidikan yang kreatif dan inovatif, terutama dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru PAI dalam menghadapi tantangan pendidikan generasi Alpha. Pendekatan ini melibatkan metode pengajaran yang berpusat pada teknologi, pengintegrasian nilai-nilai Islami dalam aktivitas digital, serta penggunaan media interaktif dan gamifikasi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu, strategi ini juga mencakup pengembangan hubungan personal yang mendalam melalui komunikasi efektif dan pembinaan akhlak yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kreatif dan inovatif tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI, tetapi juga membentuk karakter generasi Alpha yang beriman, berakhlak mulia, dan mampu menghadapi tantangan zaman. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan model pembelajaran PAI yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan generasi Alpha</p> ziaulhak Copyright (c) 2025 ziaulhak https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1339 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Digitalisasi Konten Al-Qur'an dan Hadis untuk Meningkatkan Literasi Keislaman di Kalangan Pelajar https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1356 <p>Digitalisasi konten Al-Qur'an dan Hadis telah menjadi inovasi penting dalam mendukung literasi keislaman di era modern, terutama di kalangan pelajar. Teknologi digital memungkinkan penyampaian ajaran Islam secara lebih interaktif, mudah diakses, dan relevan dengan kebutuhan generasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran digitalisasi konten Al-Qur'an dan Hadis dalam meningkatkan literasi keislaman pelajar, serta mengidentifikasi manfaat dan tantangan yang muncul dalam implementasinya. Melalui pendekatan kualitatif dan studi literatur, penelitian ini menunjukkan bahwa digitalisasi konten Al-Qur'an dan Hadis dapat memperkaya pengalaman belajar pelajar dengan menyediakan akses ke teks, tafsir, dan konteks hadis secara praktis. Platform digital seperti aplikasi, e-book, dan multimedia interaktif juga mendukung keterlibatan pelajar dalam mempelajari ajaran Islam secara mendalam. Namun, keberhasilan digitalisasi ini memerlukan pendekatan sistematis, termasuk pengembangan konten yang autentik, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan pelajar. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan baru bagi pendidik, pengembang teknologi, dan institusi pendidikan dalam memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan literasi keislaman secara berkelanjutan.</p> istila Copyright (c) 2025 istila https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1356 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Mengembangkan Model Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an untuk Menghadapi Krisis Moral di Era Globalisasi https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1346 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan karakter berbasis Al-Qur'an sebagai solusi dalam menghadapi krisis moral di era globalisasi. Era ini ditandai dengan tantangan moral yang semakin kompleks, seperti degradasi nilai-nilai etika, individualisme, dan hedonisme, yang memengaruhi generasi muda. Pendidikan berbasis nilai-nilai Al-Qur'an menawarkan pendekatan strategis untuk membangun karakter yang kuat dan berlandaskan pada prinsip-prinsip universal seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (research and development) untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi model pendidikan karakter berbasis Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai moral serta membentuk perilaku yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan integrasi Al-Qur'an dalam kurikulum pendidikan karakter, model ini diharapkan mampu menjadi alternatif yang relevan dalam membentuk generasi yang bermoral dan berdaya saing di era globalisasi.</p> telli Copyright (c) 2025 telli https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1346 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SHALAT PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI PRAKTEK ATAU DEMONTRASI SISWA KELAS VIII https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1367 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan shalat melalui metode demonstrasi kelas VIII SMP IT RABBI RADHIYYAH . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan rafleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP IT RABBI RADHIYYAH. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, obervasi, dan interview. Validitas data dengan menggunakan teknik tringulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I sebanyak 46,67% yang sudah tuntas. Sedangkan pada pembelajaran siklus II sebanyak 93,33% peserta didik telah tuntas dalam memahami materi sholat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa tentang materi sholat melalui metode demonstrasi</em>.</p> fika Copyright (c) 2025 fika https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1367 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pendidikan Agama Islam sebagai Solusi Pencegahan Radikalisme di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1337 <p>Radikalisme di kalangan pelajar menjadi salah satu tantangan serius dalam dunia pendidikan. Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam mencegah penyebaran ideologi radikal melalui pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai Islam yang moderat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan agama Islam sebagai solusi pencegahan radikalisme di kalangan pelajar sekolah menengah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di beberapa sekolah menengah yang memiliki program pendidikan agama Islam berbasis moderasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam yang berbasis nilai-nilai moderasi, seperti toleransi, keadilan, dan kasih sayang, mampu membentuk pola pikir yang kritis dan inklusif di kalangan pelajar. Pendekatan pembelajaran yang interaktif, seperti diskusi lintas agama, studi kasus, dan integrasi materi tentang bahaya radikalisme, terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran pelajar terhadap pentingnya hidup berdampingan secara damai di tengah keberagaman. Namun, tantangan dalam implementasi, seperti kurangnya pemahaman guru tentang moderasi Islam dan resistensi dari sebagian pihak, perlu diatasi dengan pelatihan dan dukungan yang memadai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan agama Islam dapat menjadi solusi pencegahan radikalisme yang efektif jika diimplementasikan dengan pendekatan yang inklusif dan berbasis nilai-nilai universal Islam. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan kurikulum yang responsif terhadap isu-isu radikalisme dan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung moderasi beragama.</p> rizal Copyright (c) 2025 rizal https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1337 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pendidikan Agama Islam sebagai Solusi Pencegahan Cyberbullying di Kalangan Remaja https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1354 <p>Cyberbullying merupakan salah satu permasalahan sosial yang semakin marak terjadi di kalangan remaja akibat perkembangan teknologi digital. Fenomena ini tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan mental korban, tetapi juga memengaruhi interaksi sosial dan moral pelaku. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki potensi besar untuk menjadi solusi dalam pencegahan cyberbullying, dengan menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual yang kuat pada remaja. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran PAI dalam membangun kesadaran remaja tentang dampak buruk cyberbullying, serta mengajarkan prinsip-prinsip Islam seperti akhlak mulia, empati, dan tanggung jawab sosial. Melalui pendekatan teoritis dan kajian literatur, penelitian ini menunjukkan bahwa PAI dapat menjadi instrumen yang efektif dalam membentuk karakter remaja yang tangguh secara moral dan emosional. Dengan mengintegrasikan materi pencegahan cyberbullying dalam kurikulum, pelatihan untuk pendidik, dan kolaborasi dengan keluarga, PAI mampu memberikan wawasan yang komprehensif tentang etika digital yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi institusi pendidikan, orang tua, dan masyarakat dalam mengembangkan strategi yang berkelanjutan untuk mencegah cyberbullying di kalangan remaja.</p> jeri Copyright (c) 2025 jeri https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1354 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pendidikan Agama Islam sebagai Instrumen Penguatan Literasi Spiritual di Era Post-Truth https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1344 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai instrumen penguatan literasi spiritual dalam menghadapi tantangan era post-truth. Era ini ditandai dengan penyebaran informasi yang sering kali tidak berbasis fakta, menyebabkan disorientasi nilai-nilai moral dan spiritual dalam masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda. PAI memiliki potensi strategis untuk memperkuat literasi spiritual dengan memberikan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai agama, moral, dan etika, yang dapat menjadi panduan dalam menyikapi arus informasi yang tidak terverifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur untuk menganalisis relevansi PAI dalam membangun literasi spiritual di era post-truth. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendekatan kritis dan reflektif dalam PAI dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir analitis, memilah informasi, dan memahami esensi nilai-nilai agama secara lebih mendalam. Dengan demikian, PAI berperan penting dalam membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual yang tangguh di tengah disrupsi informasi.</p> iki Copyright (c) 2025 iki https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1344 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Generasi Milenial di Era Digital https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1364 <p>Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam pola pikir, perilaku, dan gaya hidup generasi milenial. Kondisi ini menuntut adanya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam untuk membentuk karakter yang tangguh, berakhlak mulia, dan memiliki integritas dalam menghadapi berbagai tantangan modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dapat diimplementasikan secara efektif dalam kehidupan generasi milenial, baik melalui lembaga pendidikan formal maupun media digital. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji berbagai strategi, seperti pengintegrasian nilai-nilai Islam ke dalam kurikulum, pemanfaatan platform digital untuk dakwah, dan peran keluarga serta masyarakat dalam membentuk lingkungan Islami yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam yang berlandaskan akhlak, keimanan, dan ketaqwaan mampu menjadi solusi dalam membentuk generasi milenial yang unggul secara spiritual dan moral. Pemanfaatan teknologi digital sebagai sarana dakwah dan pendidikan juga menjadi faktor kunci dalam menyelaraskan kebutuhan generasi milenial dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pendidik, keluarga, dan institusi untuk memaksimalkan peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter generasi yang berdaya saing namun tetap berpegang teguh pada ajaran agama.</p> harianto Copyright (c) 2025 harianto https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1364 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Media Sosial terhadap Pemahaman dan Praktik Keislaman Remaja: Tantangan dan Solusi dalam Pendidikan Agama Islam https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1335 <p>Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan remaja, memberikan akses luas terhadap informasi, termasuk terkait pemahaman dan praktik keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media sosial terhadap pemahaman dan praktik keislaman remaja, serta mengidentifikasi tantangan yang muncul dalam proses tersebut dan solusi yang dapat diterapkan melalui pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, melibatkan wawancara mendalam dengan remaja, guru pendidikan agama Islam, dan orang tua, serta analisis konten dari platform media sosial populer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan ganda dalam kehidupan keislaman remaja. Di satu sisi, media sosial memberikan kemudahan akses terhadap materi keagamaan, seperti ceramah, kajian, dan panduan ibadah, yang dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi untuk praktik keislaman. Namun, di sisi lain, informasi yang tidak terverifikasi, konten radikal, dan distraksi digital menjadi tantangan serius yang dapat mengganggu pemahaman keislaman yang benar dan konsisten. Pendidikan agama Islam memiliki peran strategis untuk membimbing remaja dalam memanfaatkan media sosial secara bijak dan kritis. Sebagai solusi, pendidikan agama Islam dapat mengintegrasikan literasi digital dalam kurikulumnya untuk membantu remaja memilah informasi yang kredibel dan relevan. Selain itu, pendekatan yang interaktif dan kontekstual dalam pengajaran agama Islam dapat meningkatkan daya tarik pembelajaran dan relevansinya dengan kebutuhan remaja di era digital. Dengan strategi ini, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai alat yang mendukung pemahaman dan praktik keislaman, sehingga membentuk generasi muda yang beriman, berilmu, dan berintegritas.</p> aminins Copyright (c) 2025 aminins https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1335 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Transformasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Metaverse: Peluang dan Tantangan di Era Digitalisasi Pendidikan https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1352 <p>Transformasi pendidikan berbasis teknologi terus berkembang seiring dengan pesatnya digitalisasi di era modern. Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak luput dari dampak ini, yang mendorong munculnya inovasi baru seperti pemanfaatan <em>metaverse</em> dalam proses pembelajaran. Artikel ini membahas transformasi PAI berbasis <em>metaverse</em> sebagai salah satu bentuk adaptasi terhadap era digitalisasi pendidikan. Melalui analisis teoritis dan kajian literatur, penelitian ini mengidentifikasi peluang serta tantangan yang dihadapi dalam implementasi <em>metaverse</em> di PAI. Peluang yang ditawarkan mencakup pengalaman belajar yang lebih interaktif, akses pendidikan yang lebih luas, serta peningkatan motivasi siswa melalui simulasi virtual yang mendalam. Namun, tantangan yang muncul meliputi kebutuhan infrastruktur digital yang memadai, keterbatasan literasi teknologi di kalangan pendidik dan peserta didik, serta potensi isu etika dan moral dalam penerapan teknologi ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengintegrasian <em>metaverse</em> dalam PAI memerlukan pendekatan yang strategis, melibatkan kolaborasi antara berbagai pihak, serta pengembangan kebijakan yang mendukung transformasi ini agar dapat memberikan dampak positif secara maksimal.</p> ulfa Copyright (c) 2025 ulfa https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1352 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Metode Gamifikasi dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Akhlak pada Siswa Sekolah Dasar https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1342 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode gamifikasi dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai akhlak pada siswa sekolah dasar. Gamifikasi merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan elemen-elemen permainan untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, menarik, dan menyenangkan. Dalam konteks pendidikan akhlak, metode ini memungkinkan siswa untuk belajar melalui tantangan, penghargaan, dan simulasi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan melibatkan siswa sekolah dasar sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gamifikasi secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai akhlak, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama. Selain itu, metode ini juga meningkatkan motivasi belajar siswa dan memperkuat interaksi antara guru dan siswa. Dengan demikian, gamifikasi dapat menjadi inovasi pembelajaran yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai akhlak sejak usia dini.</p> yenti Copyright (c) 2025 yenti https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1342 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1359 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis nilai-nilai karakter di sekolah dasar. Pendekatan berbasis nilai karakter menjadi penting dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlak mulia, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI dilaksanakan melalui berbagai metode, seperti diskusi kelompok, simulasi, dan penguatan positif dalam kegiatan belajar mengajar. Tantangan yang dihadapi mencakup kurangnya kesadaran konsisten dari siswa serta kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan nilai karakter secara efektif. Penelitian ini memberikan rekomendasi berupa pelatihan bagi guru dan peningkatan kolaborasi dengan orang tua untuk mendukung pembentukan karakter siswa.</p> penjuru Copyright (c) 2025 penjuru https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1359 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Metode Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1333 <p>Penelitian ini membahas implementasi metode pembelajaran interaktif dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dalam era pendidikan modern, metode pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam menarik perhatian siswa, khususnya dalam pelajaran PAI yang memerlukan pendekatan yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis bagaimana penerapan metode pembelajaran interaktif, seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, simulasi, dan pemanfaatan teknologi digital, dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran interaktif mampu meningkatkan minat belajar siswa dengan menciptakan keterlibatan aktif, suasana belajar yang menyenangkan, dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi PAI. Selain itu, dukungan guru sebagai fasilitator, penggunaan media yang inovatif, dan kolaborasi antara siswa menjadi faktor penting dalam keberhasilan metode ini. Dengan demikian, implementasi pembelajaran interaktif menjadi salah satu solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan membangun minat belajar siswa secara berkelanjutan.</p> septi Copyright (c) 2025 septi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1333 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Alternatif dalam Pendidikan Agama Islam di Masa Depan https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1349 <p>Penelitian ini membahas potensi pemanfaatan podcast sebagai media pembelajaran alternatif dalam pendidikan Agama Islam (PAI) di masa depan. Podcast menawarkan fleksibilitas, aksesibilitas, dan format yang menarik, yang memungkinkan siswa belajar kapan saja dan di mana saja. Dalam konteks pendidikan PAI, podcast dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran, refleksi spiritual, diskusi interaktif, dan pengembangan nilai-nilai Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan observasi empiris terhadap implementasi podcast dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan podcast tidak hanya meningkatkan minat belajar siswa, tetapi juga memperluas jangkauan pembelajaran ke audiens yang lebih luas. Dengan teknologi yang terus berkembang, podcast memiliki potensi besar untuk menjadi media yang inovatif, efektif, dan relevan dalam menjawab tantangan pembelajaran PAI di era digital. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum berbasis podcast serta pelatihan bagi pendidik untuk memanfaatkan teknologi ini secara optimal.</p> leni Copyright (c) 2025 leni https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1349 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter untuk Membentuk Insan Kamil di Lingkungan Pendidikan Formal https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1340 <p>Pengembangan modul Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis karakter menjadi langkah strategis dalam membentuk insan kamil, yaitu individu yang seimbang secara intelektual, emosional, dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan modul PAI berbasis karakter yang relevan dengan kebutuhan peserta didik di lingkungan pendidikan formal. Modul ini dirancang menggunakan pendekatan integratif yang menggabungkan nilai-nilai Islam dengan pengembangan karakter seperti tanggung jawab, kejujuran, disiplin, dan kepedulian sosial. Metode penelitian menggunakan pendekatan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis karakter ini efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran Islam sekaligus membentuk karakter positif yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Modul ini tidak hanya menjadi sumber belajar yang interaktif, tetapi juga alat strategis untuk menciptakan generasi yang beriman, berakhlak mulia, dan memiliki integritas tinggi.</p> revica Copyright (c) 2025 revica https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1340 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Service Learning terhadap Pembentukan Karakter Religius Mahasiswa https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1357 <p>Pembentukan karakter religius merupakan salah satu tujuan utama Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi. Salah satu pendekatan inovatif untuk mencapainya adalah <em>service learning</em>, yaitu metode pembelajaran yang mengintegrasikan kegiatan pengabdian masyarakat dengan proses akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran PAI berbasis <em>service learning</em> terhadap pembentukan karakter religius mahasiswa. Pendekatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam menerapkan nilai-nilai keislaman melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang relevan. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan analisis dokumen, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis <em>service learning</em> secara signifikan berkontribusi pada penguatan karakter religius mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya memahami konsep-konsep agama secara teoritis, tetapi juga mampu menginternalisasikannya dalam kehidupan nyata. Kegiatan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan pembelajaran PAI membantu mahasiswa mengembangkan sikap empati, tanggung jawab, dan komitmen terhadap nilai-nilai keislaman. Penelitian ini memberikan wawasan baru bagi pendidik dalam merancang metode pembelajaran yang efektif untuk membentuk karakter religius mahasiswa secara holistik.</p> lelawati Copyright (c) 2025 lelawati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1357 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital di Era Society 5.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1331 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis digital di era Society 5.0. Era Society 5.0, yang mengintegrasikan teknologi canggih dengan kehidupan sosial, membawa tantangan dan peluang baru dalam proses pembelajaran, termasuk di bidang Pendidikan Agama Islam. Inovasi dalam pembelajaran PAI berbasis digital mencakup penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkaya pengalaman belajar, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan personal. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai aplikasi teknologi digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI, seperti platform e-learning, aplikasi mobile, dan media sosial, serta dampaknya terhadap efektivitas dan kualitas pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran berbasis digital, seperti keterbatasan akses teknologi dan resistensi terhadap perubahan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi serta memperkaya praktik pembelajaran PAI di sekolah-sekolah Indonesia.</p> ririnaf Copyright (c) 2025 ririnaf https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1331 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000 Studi Komparatif: Efektivitas Pendekatan Humanistik dan Konvensional dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1347 <p>Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pendekatan humanistik dan konvensional dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menengah. Pendekatan humanistik menekankan pada pengembangan potensi siswa secara holistik, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengelola proses belajarnya. Sementara itu, pendekatan konvensional lebih berorientasi pada metode ceramah dan hafalan, dengan fokus utama pada transfer pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan melibatkan dua kelompok siswa, masing-masing menerapkan pendekatan humanistik dan konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, angket motivasi, dan observasi keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan humanistik lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa, dan pemahaman nilai-nilai agama dibandingkan pendekatan konvensional. Kesimpulannya, pendekatan humanistik dapat menjadi alternatif yang lebih relevan dalam pembelajaran PAI untuk membentuk siswa yang tidak hanya berpengetahuan, tetapi juga memiliki karakter Islami yang kuat.</p> lesi Copyright (c) 2025 lesi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1347 Mon, 22 Jan 2024 00:00:00 +0000