Nilai-Nilai Pendidikan Moderasi Beragama dalam Al-Qur’an surah al-Baqarah ayat 143 dan 256 (Studi komparatif Penafsiran M. Quraish Shihab dan Hamka)

Authors

  • Yuni Arisah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Hardivizon Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Nurma Yunita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Keywords:

nilai-nilai pendidikan; moderasi beragama; tafsir muqaran

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk, mengetahui penafsiran M.Quraish ShihaB dan Buya Hamka tentang nilai-nilai pendidikan moderasi beragama, dalam Al-qur’an surah al-Baqarah ayat 143 dan surah al-Baqarah ayat 256, Artikel ini tergolong dalam penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif, Metode yang digunakan adalah metode komparatif atau muqarran dalam penelitian ini membandingkan penafsiran M.Quraish Shihab dan Buya Hamka. Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, Dalam surah al-Baqarah ayat 143 M Quraish Shihab dan Buya Hamka bahwa yang disebut moderasi beragama adalah umat Islam. Lebih lanjut Quraish Shihab dan Hamka sepakat bahwa moderasi beragama adalah keadaan di tengah-tengah, dalam pandangan dunia dan kehidupan di akhirat dan perilaku jasmani dan rohani, tidak berprilaku ekstrim dan radikalisme, yaitu manusia harus berusaha semaksimal mungkin untuk membangun dirinya kehidupan duniawinya, tetapi tidak pernah melupakan upaya mereka untuk membangun akhirat. Dan dalam Alquran surah al-Baqarah ayat 256 M. Quraish dan Buya  Hamka menafsirkan tidak adanya paksaan dalam menganut keyakinan agama Kedua, nilai-nilai pendidikan moderasi beragama berdasarkan apa yang dikemukakan diatas dari penafsiran M.Quraish Shihab dan Buya Hamka didalam surah al-Baqarah ayat 143 dari kata ummatan washatan, pendidikan moderat yang rmengandung keadilan, kesimbangan, dan didalam surah al-Baqarah ayat 256 pendidikan pendidikan moderat yang rmengandung nilai toleran,  cara yang dapat dilakukan dalam menanamkan nilai-nilai moderat dalam diri generasi muda melalui pendidikan, sehingga problem intoleransi, pemahaman ekstrim dan radikalisme dijauhkan dari masyarakat Indonesia

References

A. Madjab Mahali. (2002). Asbabun Nuzul: Studi Pendalaman Al-Qur’an Surat Al-Baqarah – An-nas. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Avif Alviyah. (Tahun 2006). Metode Penafsiran Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar. Jurnal Ushuluddin, (Vol. 15, No 1).

Chabib Thoha. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelaja.

Darlis. ((Desember 2017)). Mengusung Moderasi Islam di Tengah Masyarakat Multikultural. Jurnal Rausyan Fikr, Vol. 13. No. 2, Vol. 13. No. 2.

Darlis. (2017). Mengusung Moderasi Islam di Tengah Masyarakat Multikultural. Jurnal Rausyan Fikr, 1, (Vol. 13 No.2).

Depag RI. (2002). al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Karya Insan Indonesia.

Faizahisme. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Buku Debat Islam Vs Non Muslim Karya Dr. Zakir Naik. Guepedia.

Farhan Triana Rahman. (2021). Moderasi Beragama Menurut Sayyid Qutb (Kajian Sosio-Hostoris Penafsiran Sayyid Qutb Pada Qs Al-Baqarah Ayat: 143 Dalam Kitab Fizhilalil al-Qur’an). Skripsi, (Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir): Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamka. (2004). Tafsir al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hamka. (2015). Tafsīr al-Azhar. Jakarta: Gema Insani.

Iffati Zamimah. (2018). Moderatisme dalam Konteks Keindonesiaan. Institut Ilmu Al-Qur'an: Jurnal Vol 1, Tahun 2018.

Lukman Hakim Saifudin. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Kementrian RI.

M Quraish Shihab. (1995). Membumikan Alquran. Jakarta: Mizan.

M. Quraish Shihab. (2002). Tafsir Al-Miṣbāḥ: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran, Jilid I . Jakarta: Lentera Hati.

M. Saekan Muchith. ( 2014). Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Addin, (Vol. 10, No. 1, h. 165.

Mahali, A. M. (2002). Asbabun Nuzul: Studi Pendalaman Al-Qur’an Surat Al-Baqarah – An-nas. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Mansur Alam. (2017). Studi Implementasi Pendidikan Islam Moderat Dalam Mencegah Ancaman Radikalisme Di Kota Sungai Penuh Jambi. Jurnal Islamika, (Vol. 1, No. 2 ), h. 36. .

Mohamad Fahri1, Ahmad Zainuri, . (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar Vol. 25, No. 2, .

Muchlis M. Hanafi . (2013). Moderasi Islam. Ciputat: Ikatan Alumni Al-Azhar dan Pusat Studi Al-Qur‟an.

Muhaimin dan Abdul Mujib. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Muhammad Ulinnuha and Mamluatun Nafisah. (2020). Moderasi Beragama Perspektif Hasbi Ash-Shiddieqy, Hamka, Dan Quraish Shihab. Suhuf 13, no. 1 h. 58. .

Slamet Faozi. (2021). Moderasi Dalam Penafsiran Hamka dan Implementasinya Dalam Konsep Kenegaraan. Skripsi, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Jurusan Ilmu Alqur'an dan Tafsir): UIN Raden Intan Lampung.

Tim Penyusun Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Zaini Abdul Hakim. (1 April 2020). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan moderasi al-Qur’an dalam pendidikan islam. Jurnal Pendidikan dan SAINS, Vol. 2,.

Downloads

Published

2022-09-21

Issue

Section

Articles