Etika Bertamu dalam al-Qur’an (Studi Komparatif Tafsir al-Misbah dan al-Maraghi)

Authors

  • Hesti Linsyiana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Hardivizon Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Nurma Yunita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Keywords:

Etika Bertamu, M.Quraish Shihab, Ahmad Musthofa al-Maraghi

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui pemikiran dari M.Quraish Shihab dan Ahmad Musthafa al-Maraghi mengenai etika bertamu. Penelitian ini tergolong pada penelitian pustaka dengan metode muqarrin. Metode muqarran dalam penelitian ini membandingkan penafsiran M.Quraish Shihab dan Ahmad Musthafa al-Maraghi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kesimpulan yaitu: Pertama, Etika bertamu menurut M.Quraish Shihab dalam surah an-Nur ayat 27 yaitu: ketika berkunjung  ke rumah orang lain hendaknya meminta izin, mengucapkan salam, mengetuk pintu tidak lebih dari tiga kali, sedangkan dalam surah al-Ahzab ayat 53 yaitu: memenuhi undangan hukumnya adalah sunnah, sebaiknya datang tepat waktu, ketika semuanya telah selesai hendaknya pulang. Kedua, Ahmad Musthafa al-Maraghi dalam surah an-Nur ayat 27, yaitu: ketika berkunjung  ke rumah orang lain hendaknya meminta izin, mengucapkan salam, dan mengetuk pintu tidak lebih dari tiga kali, sedangkan dalam surah al-Ahzab ayat 53 yaitu: menghadiri undangan dan makan makanan yang telah disajikan oleh tuan rumah. Ketiga, Penafsiran M.Quraish Shihab dan Ahmad Musthafa al-Maraghi dalam surah an-Nur ayat 27 itu pada umumnya sama, hanya terletak pada seseorang yang boleh memberikan izin untuk bertamu. Menurut M.Quraish Shihab ketika hanya ada budak dan anak kecil sebaiknya tidak diperbolehkan untuk masuk dan memberi izin. Sedangkan menurut Al-Maraghi Pemilik rumah yang ada di rumah berhak memberi izin tamu. Kemudian pada penafsiran surah al-Ahzab ayat 53, dalam kitab tafsir al-Misbah dan tafsir al-Maraghi ada sedikit perbedaan antara kedua tokoh tersebut yakni, dalam penafsiran M.Quraish Shihab, bahwasannya datang ketika memenuhi undangan yang sudah mendapatkan izin untuk berkunjung. Sedangkan al-Maraghi, dalam tafsirnya orang yang tidak diundang pun bisa datang, contohnya dalam pernikahan

References

Aziz, Abdul, 2020, Alquran Hafalan, Bandung: Cordoba.

Amin, Abdullah, 2002, Antara al-Ghazali dan Kant Filsafat Etika Islam, Jogjakarta: IRCISOD.

Abū Muḥammad Abdullah Al-Dārimī, 2000, Sunan Al-Dārimī, Riyadh: Daar Al Mughni.

Ahmad Musthafa Al-Maraghi, 1985, Tafsir Al-Maraghi, Beirut: Dar al-ihya al-Turas al- Arabiyah.

Ahmad Musthafa Al-Maraghi, Tafsir Al-Maraghi, (Beirut: Dar al-ihya’ al-Turas al-Arabiyah, 1985), jilid 22, 29.

Kees, Bertens, 2007, Etika Vol. 21, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Salam, Burhanuddin, 2000, Etika Induvidual, Jakarta: PT Rineka Cipta

Departemen Agama RI, 2018, AlQuran dan Terjemah, Bandung: CV Penerbit Diponogoro

Hasyim, Imam, 2018, Etika Bertamu dalam Alquran Analisis Penafsiran Ibnu Katsir Surah An-Nur Ayat 27-29, Karang Cempaka Sekolah Tinggi Ilmu Alquran Islam .

Imam Hasyim,dkk, 2018, Etika Bertamu dalam Al-Quran.Kamsir, 2021, Etika Memasuki Rumah Menurut al-Quran (Suatu Kajian Tahlili terhadap QS an-Nur ayat 27-29, Makassar: Fak. Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar.

M. Beni Ahmad Saebani, 2010, Ilmu Akhlak , Bandung.

M. Quraish Shihab, 1994, Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan.

M.Quraish Shihab, 2002, Tafsir AL-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-quran Ciputat: Lentera Hati, Vol. 9..

Nurkholisoh, 2020, Etika Bertamu dalam al-Quran (Studi Kajian Tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili), Serang: Fak. Ushuluddin Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Qomar, Syamsul, 2010, Etika Religius dalam Perspektif Alquran, Jogjakarta: Teras.

Rafsel Tas’adi, 2016, Pentingnya Etika Dalam Pendidikan, Batusangkar: Fak.Tarbiyah STAIN Batusangkar..

Muhsanat, Ummul, 2019, Etika Bertamu Menurut Qs. An-Nur ayat 27-29 Studi Perbandingan Antara Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Marighi, Skripsi, Fak.Ushuluddin, IAI Muhammadiyah, Sinjai.

Downloads

Published

2022-09-21

Issue

Section

Articles