Implementasi Kurikulum Merdeka pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Keagamaan

Authors

  • hakiman UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Niati Choeroh UIN Raden Mas Said Surakarta

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Tarikh, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi implementasi kurikulum merdeka, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, asesmen pembelajaran pada mata pelajaran Tarikh serta peranan guru Tarikh pada pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kelas VII. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dimulai dengan perencanaaan yaitu pembuatan Modul Ajar yang diawali dengan perumusan capaian pembelajaran berdasarkan kurikulum ISMUBA (Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab), penyusunan Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran  serta Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang dilakukan melalui kolaborasi antar guru pengampu Pendidikan Agama Islam. Pelaksanaan pembelajaran yang diawali dengan asesemen diagnostik yang dilakukan dengan mengisi google form yang di dalamnya terdapat pertanyaan siswa tentang kesiapan aspek pengetahuan dan model pembelajaran yang diminati. Kegiatan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, inti dan penutup. Asesmen formatif dan sumatif. Penerapan P5 diawali dengan perencanaan yaitu membentuk fasilitator, analisis lingkungan, penentuan tema dan dilanjutkan dengan pelaksanaan P5 yang meliputi pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut, serta peranan dari guru pengampu Tarikh yaitu sebagai fasilitator.

References

Aisyah, F. (2020). The Improtance of Mastery of TPACK for Education in 21st Century Learning. 3(3), 2089–2096.

Annur, S., Qomari, M., Sari, E. K., & ... (2023). Manajemen Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Komplek Pendidikan Muhammadiyah Kabupaten Oku Timur. Community …, 4(1), 613–617. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12384%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/12384/9481

Daga, A. T. (2021). Implementation of Character Education During the Covid-19 Pandemic in Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 836. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8448

Fakih Khusni, M., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71

Faturrohman, M. & S. (2012). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Hadiansah, D. (2022a). Kurikulum merdeka Dan Paradigma Pembelajaran Baru. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Hadiansah, D. (2022b). Kurikulum Merdeka Dan Paradigma Pembelajaran Baru. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Hakim, A. R., & Nabila, M. (2022). Implementation of The Independent Learning Curriculum in Cirebon District. Journal of Sosial Science, 3(5), 1207–1213. https://doi.org/10.46799/jss.v3i5.438

Hakiman, & Mustofa, K. K. (2022). Pendidikan Jasmani dalam Kitab At-Tahliyyah wa At-Targhib dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v5i1.21132

Hanafi. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(5), 625–636.

HU, M. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 65–70. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.2033

Istaryaningtyas, I., Silviana, L., Hidayat, E., L., S., & E., H. (2021). Management of the Independent Learning Curriculum during the Covid-19 Pandemic. Journal of Education Research and Evaluation, 5(2), 176. https://doi.org/10.23887/jere.v5i2.32998

Khoiriyah, T. E., Hakiman, H., & Aminudin, A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual di Sekolah Dasar Alam. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 62–71. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.147

Khuriyah, S. C., & Hakiman, Z. A. (2022). Anti-Radicalism Education Based on Local Wisdom at the Nature Schools. International Journal of Arts and Social …, 5(4), 165–176. https://www.ijassjournal.com/2022/V5I4/414665497.pdf

Kurniasih, I. (2023). A-Z Implementasi Kurikulum Merdeka. Kata Pena.

Maut, A. O. W. (2022). Pentingnya Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupatem Muna Sulawesi Tenggara. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 02(4), 1305–1312. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas%0AAsesmen

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustika Hati, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Melakukan Assesment Diagnostik Non Kognitif Siswa Kelas 12 IPS Lintas Minat di SMA YPHB Kota Bogor. Arus Jurnal Pendidikan, 1(3), 70–76. https://doi.org/10.57250/ajup.v1i3.22

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenasa Media Group.

Nurhayati, Jamaris, & Sufyarma Marsidin. (2022). Strengthening Pancasila Student Profiles In Independent Learning Curriculum In Elementary School. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(6), 976–988. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i6.183

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Qolbiyah, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44–48. http://jpion.org/index.php/jpi/article/view/15

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 50–58. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958

Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886

Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 495. https://www.cakrawala.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/142

Valen & Satria, T. G. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 5(4), 2199–2208. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wibawa, K. A., Legawa, I. M., Wena, I. M., Saloka, I. B., & Laksmi, A. A. R. (2022). Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2, 489–495.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296

Downloads

Published

2024-02-23

Issue

Section

Articles