Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 51 Lebong

Authors

  • gita zulvia iain curup

Keywords:

Strategi, Motivasi Belajar, Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  bahwa strategi motivasi dalam pembelajaran adalah suatu rencana yang mencakup serangkaian kegiatan yang dirancang dan dikembangkan secara khusus untuk memenuhi tujuan pendidikan tertentu. Oleh karena itu, perlu diwujudkan tujuan dari rencana pendidikan yang ideal sesuai dengan nilai-nilai pendidikan. Oleh karena itu, guru harus memiliki strategi motivasi belajar untuk menginspirasi peserta didik agar belajar dengan cara yang menyenangkan, menarik dan tidak monoton. Untuk mencapai tujuan meningkatkan motivasi siswa, guru harus semakin memilih dan menerapkan strategi, metode, dan metode pengajaran motivasi yang sesuai dengan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode dalam penelitian ini ialah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Selain dengan wawancara penelitian ini juga dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi

References

Achadah. Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Nahdhotul Ulama’ Sunan Giri Kepanjen Malang. Jurnal Darussalam. Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, Vol. 10 No. 2, (2018): 363-374.

Arianti. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, DIDAKTITA: Jurnal Kependidikan. Vol 12, No 2 (2018):117-134.

Gunawan, Imam. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017): 79

Daheri, Mirzon. Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 6 Tahun (2021) : 3884 – 3897.

Khoerunnisa, Risyda Aini. Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 2 Nomor 2 (2021): 133–140.

Warsah, Idi. Strategi Pembelajaran Dosen Melalui Pemanfaatan Media Whatsapp Di Masa Pandemi COVID-19. At-Ta’lim: Jurnal Media Informasi Pendidikan Islam, Vol. 19 No. 2 (2020): 351-373.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles