Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19

Authors

  • Eva Muzdalifa SDN 1 Tunggal Warga Tulang Bawang

Keywords:

Learning Loss; Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi Covid 19

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 memaksa instansi pendidikan melakukan perubahan metode pembelajaran. Setelah masuknya Covid-19 di Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menghilangkan pembelajaran tatap muka sementara. Pandemi Covid-19 telah menciptakan tantangan berikutnya dalam dunia pendidikan terkhusus mata pelajaran PAI di tingkat Sekolah Dasar. Di mana yang biasanya pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka diganti dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring (dalam jaringan). Learning Loss adalah salah satu kendala tersendiri yang harus di hadapi pasca pandemi covid-19. Kajian pustaka bertujuan untuk mengetahui gambaran metode pembelajaran selama pandemi  Penelitian ini mnggunakan metode observasi. Pengamatan atau observasi dengan mengamati langsung pembelajaran di Sekolah Dasar pasca masuk kembali sekolah dan dilaksanakannya pembelajaran tatap muka terbatas. Kesimpulan dari tinjauan pustaka ini adalah pemulihan belajar di lakukan semua pihak baik sekolah, guru, wali murid dan pemerintah daerah dan pusat yang merumuskan kurikulum Merdeka Belajar.

References

Admin. (2022). Learning Loss: Pengertian, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya. Retrieved Maret 23, 2022, from amongguru.com website: https://www.amongguru.com/learning-loss-pengertian-penyebab-dampak-dan-cara-mengatasinya/

Hendriyanto. (2021). Strategi Pendidikan Menuju Era Pasca Pandemi. Retrieved Mei 22, 2021, from kemdikbud.go.id website: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/strategi-pendidikan-menuju-era-pasca-pandemi

Lpmpjatim. (2021). Berbagai Upaya Inspiratif Pemulihan Pembelajaran Dimasa Pandemi Melalui Temu Inovasi kea 12. Retrieved Oktober 06, 2021, from kemdikbud.go.id website: https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/berbagi-upaya-inspiratif-pemulihan-pembelajaran-di-masa-pandemi-melalui-temu-inovasi-ke-12

Pengelola Web Direktorat SMP. (2022). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran. Retrieved Februari 11, 2022, from kemdikbud.go.id website: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles